Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

roti jala | nasbiro.com

Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan – Pangkalan Kerinci merupakan Kecamatan yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Pangkalan Kerinci juga sekaligus menjadi ibu kota Pelalawan. Dengan luas mencapai 192,56 Km, Pangkalan Kerinci terletak di Jalan Raya Lintas Sumatera. Sementara untuk Kabupaten Pelalawan ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Kampar.

Di Pangkalan Kerinci, menyimpan destinasi-destinasi wisata yang pastinya harus dikunjungi. Namun, saat mengunjungi destinasi wisata di Pangkalan Kerinci, jangan lupakan dan sempatkan untuk mencicipi kuliner serta makanan khas dari Pangkalan Kerinci.

Berikut 6 kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan.

1. Roti Jala

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

roti jalan | topmetro.news

Kuliner yang satu ini adalah makanan ringan yang disajikan bersama dengan kuah kari. Bisanya bisa digunakan kuah kari kambing maupun kuah kari ayam. Cara membuat Roti Jala dengan mempersiapkan bahan-bahan untuk roti seperti telur, tepung terigu, santan, margarin,garam dan minyak goreng.

Rasa dan keunikan Roti Jala ini memang membuat penasaran dan orang yang baru pertama mencicipinya pasti bilang tentang kenikmatan dan kelezatan dari Roti Jala ini. Roti Jala ini bisa dinikmati kapan pun baik pagi hari maupun malam hari.

Untuk bisa menikmati Roti Jala, bisa ditemukan di kedai-kedai makanan yang menjual Roti Jala. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 sampai Rp 15.000 untuk isi 4 sampai 6 roti jala lengkap dengan kuah kari maupun acar.

2. Roti Canai

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

roti canai | resepmembuat.com

Kalau kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan yang satu ini, sama halnya dengan Roti Jala, biasanya bisa ditemukan dalam satu kedai yang menjual Roti Jala dan Roti Canai. Untuk harganya per porsinya berkisar Rp 12.000 saja.

Roti Canai memang menjadi makanan khas Melayu dan tidak hanya Melayu saja, di Singapore, Kuala Lumpur Malaysia dan jangan lupakan India sebagai asal dari Roti Canai. Karena di India sangat identik dan terkenal dengan panganan sajian kari.

Roti Canai memiliki rasa asin dan manis yang dipadukan dengan kuah kari untuk yang rasa asin, sedangkan untuk rasa manisnya bisa dipadukan dengan susu kental manis atau ditaburi dengan gula. Sajian Roti Canai ini akan lebih nikmati jika disajikan dan dimakan bersama dengan teh tarik!

3. Gulai Ikan Patin

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

gulai kan patin | netralnews.com

Kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan selanjutnya adalah Gulai Ikan Patin. Cara pembuatan Gulai Ikan Patin sama seperti membuat gulai. Rasa dari Gulai Ikan Patin ini khas dengan rasa asam pedas yang dijamin bikin nagih dan tak terlupakan.

Untuk bisa menikmati Gulai Ikan Patin kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan ini, bisa merogoh kocek dengan kisaran harga Rp 20.000 per porsinya sudah termasuk dengan nasi putih hangat.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

4. Gulai Ikan Baung

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

gulai ikan baung | cookpad.com

Bahan panganan yang terbuat dari Gulai memang digemari dan menjadi makanan khas di Pangkalan Kerinci Pelalawan. Gulai Ikan Baung adalah kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan.

Cara memuat Gulai Ikan Baung pun sama dengan membuat Gulai pada umumnya. Ikan Baung yang telah dimasak, kemudian dimasukan ke dalam santan gulai dan tunggu sampai matang. Rasa khas dari Gulai Ikan Baung nikmat dan gurih hampir serupa dengan ikan patin. Karena Ikan Baung dan Ikan Patin hampir serupa dan yang membedakannya adalah perut ikan baung lebih ramping dan memanjang dibandingkan ikan patin.

5. Gulai Umbut Rotan

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

gulai umbut rotan

Kalau kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan yang satu ini adalah Gulai Umbut Rotan. Berbeda dengan Gulai Ikan Baung dan Gulai Ikan Patin walau pun memakai Gulai. Gulai Umbut Rotan adalah Gulai yang bahan utamanya adalah umbut rotan atau rotan muda yang dipadukan dengan ikan salai.

Gulai Umbut Rotan biasanya adalah makanan yang disajikan saat bulan Ramadhan. Tapi kalau hari-hari biasa pun juga biasa disajikan walau tidak sesering saat bulan Ramadhan tiba dan juga jarang di jual kalau hari biasa. Untuk bisa menikmati Gulai Umbut Rotan, cukup merogoh kocek berkisar Rp 20.000 dan pastikan saat bulan Ramadhan atau kalau menginap di home stay, bisa minta tolong request menu Gulai Umbut Rotan.

6. Bolu Kemojo

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

bolu kemojo | idntimes.com

Dan jangan lupakan kalau menyudahi kunjungan ke Pangkalan Kerinci Pelalawan, untuk menyempatkan membawa oleh-oleh yang satu ini. Namanya adalah Bolu Kemojo. Bolu Kemojo ini sudah terkenal menjadi makanan khas di Pangakalan Kerinci Pelalawan.

Untuk bisa menikmati Bolu Kemojo, cukup merogoh kocek berkisar Rp 9.000 untuk yang kecil dengan isi 9 dan yang besar berkisar Rp 12.000 yang berisi 1 buah. Bolu Kemojo ini sangat nikmat dan legit ketika digigit di lidah. Untuk mendapatkan Bolu Kemojo, bisa didapatkan di sepanjang pusat oleh-oleh yang bisa ditemukan di sepanjang jalan Pangkalan Kerinci.

Nah, itu dia 6 Makanan dan kuliner khas Pangkalan Kerinci Pelalawan. Apabila datang berkunjung, sempatkan untuk mencicipi salah satu atau lebih kuliner dan makanan khas Pangkalan Kerinci Pelalawan di atas, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

Leave a Reply