Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

nasu palekko | sulsel.idntimes.com

Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang – Sidenreng Rappang atau Sidrap adalah Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki luas 2.506,19 km dengan penduduk berjumlah 264.955 jiwa.

Menurut sejarah, Sidenreng Rappang awalnya adalah dua kerajaan yang masing-masing bernama Kerajaan Sidenreng dan Kerajaan Rappang. Kedua kerajaan ini sangat akrab, bahkan untuk urusan pergantian kursi kerajaan keduanya pun saling mengisi. Yang menjadi perbedaan adalah letak wilayahnya saja. Kerajaan Sidenreng di sebelah Utara, sedangkan Kerajaan Rappang berada di sebelah selatan.

Untuk akses ke Sidenreng Rappang tidaklah sulit, dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 200 km dari kota Makasar. Jika mengunjungi Sidenreng Rappang, selain menikmati destinasi wisatanya, jangan lupa untuk mencicipi Kuliner dan makanan khas Sidenreng Rappang ini.

Berikut 6 kuliner dan makanan khas Sidenreng Rappang.

Nasu Palekko

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

nasu palekko | cinesira.com

Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika mengunjungi Sidenreng Rappang adalah Nasu Palekko. Nasu Palekko ini adalah makanan yang terbuat dari daging bebek cincang. Dan tidak hanya bebek cincang saja, leher bebek dan jeroan juga dicampur untuk menambah cita rasa menjadi gurih.

Rasa dari Nasu Palekko ini pedas dan hangat ke badan. Karena dalam pembuatan Nasu Palekko ini menggunakan rempah-rempah seperti sereh, bawang dan jahe. Dan biasanya, ketika memesan Nasu Palekko, bebeknya benar-benar masih segar, atau baru dipotong ketika ada yang memesan.

Di Sidenreng Rappang ini banyak warung makan yang menyediakan Nasu Palekko. Salah satunya Rumah Makan Gazebo Palekko yang terletak di Jalan Kompleks SKPD Bojo, Sidenreng Rappang. Sekitar 15 menit dari pusat kota.  Sajian Nasu Palekko ini bisa dinikmati dengan harga berkisar Rp 20.000 saja.

2. Kue Apang

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

kue apang | tagar.id

Kalau kuliner dan makanan khas Sidenreng Rappang yang satu ini adalah Kue Apang. Kalau di Jawa Kue Apang ini disebut dengan Kue Apem.  Kue Apang khas Bugis Sidenreng Rappang ini adalah kue yang terbuat dari tepung beras dengan gula aren atau gula merah yang dicampur jadi adonan kemudian dikukus.

Rasa dari Kue Apang ini ketika digigit, begitu manis dan lembut dilidah. Untuk mendapatkan Kue Apang, tidak terlalu sulit karena banyak yang menjajakan Kue Apang di pasar-pasar tradisonal maupun di pinggir jalan. Untuk satu Kue Apang bisa didapatkan dengan harga Rp 1.000 saja. Murah dan sangat terjangkau, kan?

3. Cawiwi

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

cawiwi | aan-traveller.blogspot.com

Kalau Nasu Palekko dalah kuliner dan makanan khas Sidenreng Rappang yang memakai bahan bebek, Cawiwi adalah panganan yang berbahan utama dari belibis. Belibis adalah sejenis unggas yaitu burung belibis.

Cawiwi lebih aman bagi penderita kolesterol dan memiliki daging yang empuk dan rasanya pun gurih. Dengan rempah-remph khas Sidenreng Rappang, membuat Cawiwi ini jadi semakin nikmat dan rasa pedasnya pun bisa dipesan sesuai dengan kemauan.

Untuk harganya pun tidak jauh beda dengan Nasu Palekko. Cawiwi bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 20.000 dan bisa ditemukan di warung-warung makan Sidenreng Rappang. Salah satu rumah makan yang menyediakan Cawiwi adalah Depot Belibis Sedap, yang terletak di JL. Landaung No. 7, Pangkajeni, Sidenreng Rappang.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

4. Sokko Bolong

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

sokko bolong | sulseslku.com

Sokko Bolong adalah makanan yang terbuat dari ketan dan biasa disajikan dengan lauk ikan berkuah. Memang mirip dengan Papeda, tapi kalau Papeda menggunakan sagu sementara Sokko Bolong menggunakan ketan.

Sokko Bolong atau yang biasa disebut juga Songkolo Bagadang biasa disajikan dengan menggunakan ketan putih maupun ketan hitam. Sokko disajikan dengan ketan putih, sedangkan kalau Sokko Bolong disajikan dengan ketan hitam.

Yang pasti rasa gurih dan lezat Sokko Bolong dan lengkap dengan lauk pauk kuah ikan maupun terlur asin menambah cita rasa jadi semakin mantap. Untuk bisa menikmati Sokko Bolong cukup dengan Rp 12.000 dan dapat ditemukan di warung-warung makan Sidenreng Rappang.

5. Becce Laung

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

becce laung | merdeka.com

Kalau kuliner dan makanan khas Sidenreng Rappang yang satu ini bernama Becce Laung. Kudapan khas Bugis Sidrap ini paling nikmat jika ditemani dengan kopi maupun teh. rasa dari Becce Laung ini gurih karena terbuat dari beras, kelapa muda yang diparut memanjang ditambah dengan garam untuk menambah rasa.

Ada yang unik dari penamaan Becce Laung ini. Becce Laung juga mempunyai nama lain yaitu Sekko-sekko dan orang Bugis lebih mengenal dengan nama ini. Dinamakan Sekko-sekko, karena camilan yang satu ini suka membuat orang tersedak. Jadi untuk menikmatinya, siapkan air untuk antisipasi, ya!

6. Roti Berre

6 Kuliner dan Makanan Khas Sidenreng Rappang

roti berre | makassarinside.com

Roti Beras atau Roti Berre adalah salah satu kuliner yang terbuat dari tepung beras dan pisang. Roti Berre ini berbentuk bundar, mirip dengan serabi. Dan hanya dapat ditemukan di wilayah bugis seperti di kawasan Danau Tempe, Wajo, dan termasuk di Sidenreng Rappang.

Roti Berre populer dengan sebutan Rober alias Roti Berre. Untuk mendapatkan Roti Berre ini cukup murah, yaitu dengan harga Rp 2.000 saja dan dapat ditemukan di pasar-pasar tradisonal.

Itu dia Kuliner dan makanan khas Sidenreng Rappang. Jangan lupa kalau nanti berkunjung, pastikan untuk mencicipi kuliner dan makanan khas dari Sidenreng Rappang ini, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

Leave a Reply