6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar kasuami

Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar – Saumlaki adalah kota yang terletak di Tanimbar Selatan, Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. Saumlaki ini juga merupakan ibu kota dari Kepulauan Tanimbar yang meliputi seluruh Kepulauan Tanimbar.

Di Saumlaki ini, dikenal dengan pemandangan dan panorama pantai khas yang memanjakan mata dan menentramkan hati. Jadi kalau berkunjung ke Saumlaki untuk menikmati destinasi wisata pantai-pantainya, sempatkan juga untuk mencicipi kuliner dan makanan khasnya.

Berikut 6 kuliner dan makanan khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar.

1. Sambal Colo-colo

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

sambal colo-colo

Memang tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Saumlaki tanpa mencicipi Sambal Colo-colo. Sambal Colo-colo adalah sambal yang menjadi khasnya di Maluku, termasuk di Saumlaki Kepulauan Tanimbar ini.

Sambal Colo-colo adalah sambal yang terbuat dari cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, tomat hijau, jeruk lemom cui, gula pasir dan garam. Biasanya Sambal Colo-colo ini menjadi pendamping di segala jenis lauk yang disajikan, khususnya menu ikan. Rasa dari Sambal Colo-colo ini mempunyai cita rasa pedas namun segar.

2. Ikan Komu Asar

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

ikan komu asar | genpi.co

Kalau kuliner dan makann khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar yang satu ini adalah Ikan Komu Asar. Ikan Komu Asar adalah ikan yang dimasak dengan cara diasap. Ikan dibakar atau pun dibakar hingga kering. Dan biasanya Ikan Komu Asar ini ditusuk menggunakan bambu.

Paling nikmat disajikan dan dicocol dengan sambal Colo-colo, dijamin terasa sensasi rasa pedas dan juga segarnya. Untuk bisa menikmati Ikan Komu Asar ini, cukup merogoh kocek berkisar Rp 30.000 sampai dengan Rp 50.000 dan sudah termasuk dengan nasi hangat dan Sambal Colo-colo.

3. Kasuami

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

kasuami | liputan6.com

Kasuami adalah panganan yang berbentuk tumpeng atau gunung-gunungan dan memiliki warna putih yang agak kekuning-kekuningan. Kasuami ini penganan yang berbahan dasar singkong yang diolah dengan cara memarut singkong terlebih dahulu.

Hasil parutan singkong yang sudah dikeringkan kemudian dikukus, kemudian setelah seleai dikukus disaring menggunakan saringan anyaman bambu atau kelapa. Tujuannya untuk memisahkan parutan halus dan yang kasar. Setelah itu, parutan halus dimasukan dalam cetakan yang berbentuk kerucut dan dimasak sampai kurang lebih 15 menit.

Leave a Reply