Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar kasuami

Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar – Saumlaki adalah kota yang terletak di Tanimbar Selatan, Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. Saumlaki ini juga merupakan ibu kota dari Kepulauan Tanimbar yang meliputi seluruh Kepulauan Tanimbar.

Di Saumlaki ini, dikenal dengan pemandangan dan panorama pantai khas yang memanjakan mata dan menentramkan hati. Jadi kalau berkunjung ke Saumlaki untuk menikmati destinasi wisata pantai-pantainya, sempatkan juga untuk mencicipi kuliner dan makanan khasnya.

Berikut 6 kuliner dan makanan khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar.

1. Sambal Colo-colo

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

sambal colo-colo

Memang tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Saumlaki tanpa mencicipi Sambal Colo-colo. Sambal Colo-colo adalah sambal yang menjadi khasnya di Maluku, termasuk di Saumlaki Kepulauan Tanimbar ini.

Sambal Colo-colo adalah sambal yang terbuat dari cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, tomat hijau, jeruk lemom cui, gula pasir dan garam. Biasanya Sambal Colo-colo ini menjadi pendamping di segala jenis lauk yang disajikan, khususnya menu ikan. Rasa dari Sambal Colo-colo ini mempunyai cita rasa pedas namun segar.

2. Ikan Komu Asar

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

ikan komu asar | genpi.co

Kalau kuliner dan makann khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar yang satu ini adalah Ikan Komu Asar. Ikan Komu Asar adalah ikan yang dimasak dengan cara diasap. Ikan dibakar atau pun dibakar hingga kering. Dan biasanya Ikan Komu Asar ini ditusuk menggunakan bambu.

Paling nikmat disajikan dan dicocol dengan sambal Colo-colo, dijamin terasa sensasi rasa pedas dan juga segarnya. Untuk bisa menikmati Ikan Komu Asar ini, cukup merogoh kocek berkisar Rp 30.000 sampai dengan Rp 50.000 dan sudah termasuk dengan nasi hangat dan Sambal Colo-colo.

3. Kasuami

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

kasuami | liputan6.com

Kasuami adalah panganan yang berbentuk tumpeng atau gunung-gunungan dan memiliki warna putih yang agak kekuning-kekuningan. Kasuami ini penganan yang berbahan dasar singkong yang diolah dengan cara memarut singkong terlebih dahulu.

Hasil parutan singkong yang sudah dikeringkan kemudian dikukus, kemudian setelah seleai dikukus disaring menggunakan saringan anyaman bambu atau kelapa. Tujuannya untuk memisahkan parutan halus dan yang kasar. Setelah itu, parutan halus dimasukan dalam cetakan yang berbentuk kerucut dan dimasak sampai kurang lebih 15 menit.

Untuk bisa menikmati pangaan Kasuami, bisa didapatkan dengan harga berkisar Rp 10.000 saja dan dapat berukuran yang cukup besar. Rasa dari Kasuami ini manis dan harum dan paling cocok disajikan serta dimakan bersama dengan ikan bakar panas.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Piru Seram Bagian Barat

4. Papeda

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

papeda | makanan-indonesia.weebly.com

Kalau berkunjung ke Saumlaki Kepulauan Tanimbar, belum lengkap dan afdol rasanya kalau belum mencicipi Papeda. Papeda ini adalah makanan yang menjadi makanan khas dari Maluku termasuk Saumlaki Kepulauan Tanimbar.

Papeda terbuat dari sagu yang diolah menjadi bubur bening dan lengket. Karena sagu merupakan makanan pokok dan banyak ditemui di Maluku, jadi jangan heran kalau banyak menemui sagu daripada nasi.

Sagu ini juga memiliki kandungan karbohidrat dan protein sebagai pengganti nasi. Biasanya, Papeda dapat dinikmati bersama dengan ikan dan lebih nikmat dengan ikan yang berkuah termasuk ikan kuah kuning.

5. Keripik Pisang Saumlaki

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

keripik pisang saumlaki | lelemuku.com

Memang, keripik pisang adalah camilan khas yang dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Namun, setiap keripik pisang dari daerah itu tentu memiliki bahan dan rasa yang berbeda-beda. Termasuk Keripiki Pisang dari Saumlaki Kepulauan Tanimbar ini. Keripik Pisang yang satu ini memiliki rasa gurih yang khas.

6. Ikan Bakar Pak Rizki

6 Kuliner dan Makanan Khas Saumlaki Kepulauan Tanimbar

ikan bakar pak rizki | kumparan.com

Satu lagi, kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di Saumlaki Kepulauan Tanimbar yaitu Ikan Bakar Pak Rizki. Ikan memang merupakan panganan yang melimpah ruah di Saumlaki Kepulauan Tanimbar. Jadi tidak heran, di sekitar pantai akan banyak menjual dan ada kedai-kedai ikan bakar. Salah satunya Ikan Bakar Pak Rizki.

Ikan Bakar Pak Rizki selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Ikan Bakar Pak Rizki terletak di  Pesisir Pantai Saumlaki, di Desa Olilit Kecamatan Tanibar Selatan, Maluku Tenggara Barat. Ikan Bakar Pak Rizki ini diperoleh dari nelayan pasar tradisional yang ada di sekitar pantai.

Unutuk bisa mencicipi Ikan Bakar Pak Rizki, cukup merogoh kocek dengan harga Rp 60.000 untuk satu jenis ekor ikan apa saja. Ikan Bakar Pak Rizki buka mulai dari pukul 17.00 sampai 23.00.

Nah, itu dia kuliner dan makanan Khas Saumlaki Kepualaun Tanimbar. Kalau berkunjung ke Saumlaki, sempatkan dan pastikan untuk mencicipi kuliner khasnya, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

Leave a Reply