Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

ikan kuah kuning | lifestyle.okezone.com

Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara – Langgur merupakan kota yang berada di Kepulauan Kei,  Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Langgur ini adalah kota yang menggantikan Tual sebagai ibu kota Maluku Tenggara pada tahun 2011 lalu.

Di kota Langgur ini, pekerjaan utama dari masyarakatnya adalah menjadi nelayan. Maka jangan heran kalau di Langgur terdapat pasar yang menjual segala jenis ikan dari berbagai jenis ikan.

Bila nanti mengunjungi Langgur, sempatkan untuk mencicipi 6 kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara Berikut ini!

1. Embal

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

embal | travelingyuk.com

Makanan yang satu ini, merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Singkong menjadi makanan pokok di Langgur. Cara membuat embal adalah dengan cara singkong yang diubah menjadi tepung. Setelah menjadi tepung, tepung inilah yang akan digunakan untuk membuat Embal.

Ada berbagai bentuk dan varian pembuatan Embal dan ada alat khusus untuk mencetaknya. Kalau variannya ada Embal Kacang yang rasanya manis, Embal Bubuk Hug, hingga Embal Love karena cetakannya memakai bentuk hati.

Paling nikmat untuk menikmati Embal adalah saat pagi maupun sore hari sambil ditemani kopi atau teh. Untuk bisa mendapatkan Embal, cukup pergi ke pasar-pasar tradisional yang ada di kota Langgur. Biasanya bisa didapatkan dengan harga Rp 10.000 per porsi yang berisi lima sampai tujuh potong. Cukup terjangkau, kan?

2. Lad

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

lad / tumis rumput laut | salingamanah.com

Kalau kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara yang satu ini bernama Lad. Lad ini adalah panganan tumis rumput laut dan biasanya dijadikan sebagai lauk pauk. Seperti diketahui, rumput laut merupakan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Rumput laut diolah menjadi tumisan dan dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kelapa parut seperti urap.Biasanya tumis rumput laut disantap bersama dengan Embal, Nasi, maupun ketupat dan ikan sebagai pendamping lauk pauknya.

3. Sirsir

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

sirsir | home.co.id

Satu lagi kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara yang berbahan dasar dari daun singkong. Sirsir merupakan makanan yang disajikan saat upacara-upacara tradisional, semisal pelantikan raja, upacara pernikahan, dan tentunya menjadi makanan pokok sehari –hari di kota Langgur.

Sirsir berupa makanan daun singkong yang ditumis bersama dengan daun papaya dengan ditambah santan pukat. Sirsir biasanya disajikan bersamaan dengan Ikan Asar maupun lauk seperti Embal. Memang rasa Sirsir agak pahit, tapi itulah yang menjadi sensasi rasa bagi masyarakat di kota Langgur ini. Sirsir biasanya bisa ditemukan di warung warung makan sebagai pelengkap lauk pauk.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

4. Ikan Asar

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

ikan asar | merahputih.com

Di Langgur, ikan menjadi komoditas yang melimpah ruah dan menjadi mata pencaharian masyarakat. Dan ikan adalah menu yang paling menjadi favorit dan dijadikan menu utama di Langgur.

Hidangan Ikan Asar di Langgur terbuat menggunakan bahan baku ikan tongkol, ikan kakap, hingga ikan semandar, ikan cakalang. Ikan-ikan yang digunakan itu diolah dengan cara diasap dan biasanya disajikan bersama dengan Embal maupun Sirsir.

Proses pengasapan bisa memakan waktu 2 hingga 4 jam tergantung dengan kondisi kayu bakar yang digunakan. Jadi sempatkan untuk mencicipi Ikan Asar ini. Ikan yang sudah diasapi biasanya dibandrol dengan harga Rp 30.000 sampai Rp 60.000 tergantung dengan berat dan jenis ikannya.

5. Kue Langar

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

kue langar | blog.gogonesia.com

Singkong memang menjadi salah satu makann pokok di kota Langgur. Salah satu olahan singkog yang patut di coba adalah Kue Langar. Kue Langar ini terbuat dari singkong yang kemudian disangrai setengah matang.

Ketika masih hangat, kemudian disiram dengan santan. Lalu kemudian digumpal-gumpal seperti bentuk anyaman. Setelah terbentuk menjadi anyaman, kemudian digoreng pada minyak panas. Kue Langar ini pun juga tersedia dengan berbagai varian rasa seperti rasa cokelat, keju, pandan dan rasa lainnya.

6. Ikan Kuah Kuning

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

ikan kuah kuning | pesona.travel

Seperti yang sudah disebutkan, kalau di Langgur merupakan sebagai penghasil ikan. Dan tidak heran kalau setiap menu tersaji hidangan ikan. Dan yang menjadi kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara adalah Ikan Kuah Kuning.

Ikan Kuah Kuning adalah menu olahan ikan yang dibuat dari jenis ikan bisa ikan kakap merah, baronang, kerapu dan lainnya. Cara mengolahnya pun dengan cara menumis bumbu-bumbu seperti    bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, hingga kunyit yang kemudian dibaluri pada ikan yang telah dimasak. Kemudian diberi air dan tunggu sampai matang

Nah itu dia 6 kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara yang harus dicoba. Bila nanti datang berkunjung, sempatkan untuk mencicipi salah satunya, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor

Leave a Reply