6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

ikan kuah kuning | lifestyle.okezone.com

Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara – Langgur merupakan kota yang berada di Kepulauan Kei,  Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Langgur ini adalah kota yang menggantikan Tual sebagai ibu kota Maluku Tenggara pada tahun 2011 lalu.

Di kota Langgur ini, pekerjaan utama dari masyarakatnya adalah menjadi nelayan. Maka jangan heran kalau di Langgur terdapat pasar yang menjual segala jenis ikan dari berbagai jenis ikan.

Bila nanti mengunjungi Langgur, sempatkan untuk mencicipi 6 kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara Berikut ini!

1. Embal

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

embal | travelingyuk.com

Makanan yang satu ini, merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Singkong menjadi makanan pokok di Langgur. Cara membuat embal adalah dengan cara singkong yang diubah menjadi tepung. Setelah menjadi tepung, tepung inilah yang akan digunakan untuk membuat Embal.

Ada berbagai bentuk dan varian pembuatan Embal dan ada alat khusus untuk mencetaknya. Kalau variannya ada Embal Kacang yang rasanya manis, Embal Bubuk Hug, hingga Embal Love karena cetakannya memakai bentuk hati.

Paling nikmat untuk menikmati Embal adalah saat pagi maupun sore hari sambil ditemani kopi atau teh. Untuk bisa mendapatkan Embal, cukup pergi ke pasar-pasar tradisional yang ada di kota Langgur. Biasanya bisa didapatkan dengan harga Rp 10.000 per porsi yang berisi lima sampai tujuh potong. Cukup terjangkau, kan?

2. Lad

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

lad / tumis rumput laut | salingamanah.com

Kalau kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara yang satu ini bernama Lad. Lad ini adalah panganan tumis rumput laut dan biasanya dijadikan sebagai lauk pauk. Seperti diketahui, rumput laut merupakan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Rumput laut diolah menjadi tumisan dan dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kelapa parut seperti urap.Biasanya tumis rumput laut disantap bersama dengan Embal, Nasi, maupun ketupat dan ikan sebagai pendamping lauk pauknya.

3. Sirsir

6 Kuliner dan Makanan Khas Langgur Maluku Tenggara

sirsir | home.co.id

Satu lagi kuliner dan makanan khas Langgur Maluku Tenggara yang berbahan dasar dari daun singkong. Sirsir merupakan makanan yang disajikan saat upacara-upacara tradisional, semisal pelantikan raja, upacara pernikahan, dan tentunya menjadi makanan pokok sehari –hari di kota Langgur.

Leave a Reply