Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor NTT

kue rambut, Makanan Khas Kalabahi Alor

kue rambut, Makanan Khas Kalabahi Alor | travelingyuk.com

Makanan Khas Kalabahi Alor – Tempat wisata di Alor memang terkenal menyimpan potensi yang luar biasa, begitu juga dengan kota Kalabahi. Kota Kalabahi adalah kota yang terletak di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Kalabahi ini juga merupakan ibu kota provinsi Kabupaten Alor.

Nama kota Kalabahi ini diambil dari kata dalam bahasa Alor yang berarti pohon kesambi. Dulu, banyak ditemukan pohon-pohon kesambi pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Dari pusat kota NTT menuju ke Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Mali, Alor memakan waktu sekitar satu jam lewat jalur udara. Jika jalur laut bisa menaiki kapal fery dari Kupang ke Alor memakan waktu 10 jam.

Nah, jika sudah meastikan destinasi wisata yang ada di Kalabahi Alor, sempatkan juga untuk mencicipi 6 kuliner dan makanan khas Kalabahi Alor berikut di bawah ini.

1. Jagung Bose

jagung bose, Makanan Khas Kalabahi Alor

jagung bose, Makanan Khas Kalabahi Alor | infontt.com

Kuliner dan makanan khas Kalabahi Alor yang pertama harus dicicipi adalah Jagung Bose. Jagung Bose adalah olahan bubur jagung yang terbuat dari bubur jagung. Tidak lengkap rasanya kalau mengunjungi Kalabahi Alor tanpa mencicipi Jagung Bose. Karena Jagung Bose adalah makanan dan hidangan tradisional-nya khas Nusa Tenggara Timur.

Jagung Bose ini, terkandung campuran jagung, kacang merah, kacang tanah, dan terdapat campuran dagi se’i yang cocok dinikmati bersama dengan ikan bakar. Untuk bisa menikmati Jagung Bose, bisa dinikmati dengan harga yang variatif, mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000.

Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor Jagung Bose bisa ditemukan di Kantin Jagung Bose, tepatnya di Mutiara, Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

2. Jagung Titi

jagung titi, makanan Khas Kalabahi Alor

jagung titi, makanan Khas Kalabahi Alor | tajukflores.com

Kalau ingin menyudahi liburan di Kalabahi, jangan lupakan unttuk membeli oleh-oleh yang satu ini. Jagung Titi adalah oleh-oleh khas yang bisa dibilang adalah popcorn dari Nusa Tenggara Timur, karene rasanya yang mirip popcorn namun bentuknya seperti emping.

Untuk bisa mendapatkan makanan Khas Kalabahi Alor ini, kalian bisa mampir ke pasar tradisional, salah satunya pasar Kadelang Kalabahi yang ada di Kalabahi. Jagung Titi ini dijual dengan harga Rp 25.000 untuk satu bungkus plastik. Menikmati Jagung Titi paling cocok dinikmati sambil minum teh atau kopi.

Baca Juga ya :

3. Kenari Kalabahi

kenari kalabahi, makanan Khas Kalabahi Alo

kenari kalabahi, makanan Khas Kalabahi Alor | travel.detik.com

Kurang lengkap juga rasanya kalau membeli oleh-oleh Jagung Titi tak dibarengi dengan membeli Kenari. Jagung dan Kenari merupakan komoditas utama di Kalabahi. Bahkan kota Kalabahi mendapat julukan sebagai kota Kenari karena kualitas Kenari yang dihasilkannya.

Sama halnya dengan Jagung Titi, makanan Khas Kalabahi Alor seperti Kacang Kenari Kalabahi bisa didapatkan di pasar tradisional Kadelang Kalabahi. Kenari di jual dengan harga Rp 10.000 untuk tiga mangkuk kecil. Sementara untuk satu kilogram dijual dengan harga Rp 35.000 hingga Rp 40.000.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang

4. Perkedel Ikan

perkedel ikan, makanan Khas Kalabahi Alor

perkedel ikan, makanan Khas Kalabahi Alor | lifestyle.okezone.com

Makanan Khas Kalabahi Alor selanjutnya adalah Perkedel Ikan khas Kalabahi. Kalau biasanya perkedel terbuat dari kentang, lain halnya dengan perkedel khas dari Alor ini. Adalah perkedel ikan yang terbuat dari campuran ikan.

Dan tentu saja perkedel ikan karena terbuat dari campuran dari ikan, mempunyai protein yang tinggi.Biasanya, perkedel ikan ini dinikmati bersama dengan sup cakalang maupun sayur jantung pisang.

5. Sayur Jantung Pisang dan Bunga Pepaya

sayur jantung pisang dan bunga pepaya, makanan Khas Kalabahi Alor

sayur jantung pisang dan bunga pepaya, makanan Khas Kalabahi Alor | cookpad.com

Nah ini dia Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor yang harus dicoba ketika berkunjung di Kalabahi Alor. Sayur Jantung Pisang ini dibuat dengan menggunakan jantung pohon pisang dan yang dipotong-potong lalu dicampur dengan bunga papaya kemudian ditumis dengan menggunakan berbagai macam bumbu untuk memperkuat cita rasa.

Di Kalabahi memang jarang ditemukan warung makan maupun restoran. Jadi ketika menginap di homestay, bisa request masakan Sayur Jantung Pisang dan Bunga Pepaya.

6. Kue Rambut

kue rambut, Makanan Khas Kalabahi Alor

kue rambut, Makanan Khas Kalabahi Alor | rumputhidup.com

Kalau kuliner dan makanan khas Kalabahi Alor yang satu ini, bernama Kue Rambut. Camilan yang satu ini sesuai dengan namanya, yaitu berbentuk gulungan rambut dengan warna yang kecoklatan. Harganya pun cukup terjangkau dan bisa di dapat di pasar tradisional Kalabahi dengan harga Rp 5.000 biasanya sudah mendapat tiga buah kue rambut ukuran besar.

Kue Rambut ini merupakan camilan khas Kalabahi Alor yang terbuat dari campuran tepung beras, gula aren, garam, nira, minyak goreng dan air yang dicampur menjadi adonan. Kemudian Adonan dicetak dengan batok yang sudah dilubagi sebelumnya.

Rasa dari Kue Rambut ini tidak terlalu manis. Meskipun agak lengket, namun Kue Rambut baunya tidak menyengat. Kue Rambut paling cocok disajikan bersama dengan kopi maupun teh.

Itu dia 6 Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor. Bila nanti datang berkunjug, sempatkan juga untuk mencicipi salah satu kuliner di atas dan pastikan juga untuk oleh-oleh, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

Leave a Reply