6 Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor NTT

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor NTT

kue rambut, Makanan Khas Kalabahi Alor

kue rambut, Makanan Khas Kalabahi Alor | travelingyuk.com

Makanan Khas Kalabahi Alor – Tempat wisata di Alor memang terkenal menyimpan potensi yang luar biasa, begitu juga dengan kota Kalabahi. Kota Kalabahi adalah kota yang terletak di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Kalabahi ini juga merupakan ibu kota provinsi Kabupaten Alor.

Nama kota Kalabahi ini diambil dari kata dalam bahasa Alor yang berarti pohon kesambi. Dulu, banyak ditemukan pohon-pohon kesambi pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Dari pusat kota NTT menuju ke Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Mali, Alor memakan waktu sekitar satu jam lewat jalur udara. Jika jalur laut bisa menaiki kapal fery dari Kupang ke Alor memakan waktu 10 jam.

Nah, jika sudah meastikan destinasi wisata yang ada di Kalabahi Alor, sempatkan juga untuk mencicipi 6 kuliner dan makanan khas Kalabahi Alor berikut di bawah ini.

1. Jagung Bose

jagung bose, Makanan Khas Kalabahi Alor

jagung bose, Makanan Khas Kalabahi Alor | infontt.com

Kuliner dan makanan khas Kalabahi Alor yang pertama harus dicicipi adalah Jagung Bose. Jagung Bose adalah olahan bubur jagung yang terbuat dari bubur jagung. Tidak lengkap rasanya kalau mengunjungi Kalabahi Alor tanpa mencicipi Jagung Bose. Karena Jagung Bose adalah makanan dan hidangan tradisional-nya khas Nusa Tenggara Timur.

Jagung Bose ini, terkandung campuran jagung, kacang merah, kacang tanah, dan terdapat campuran dagi se’i yang cocok dinikmati bersama dengan ikan bakar. Untuk bisa menikmati Jagung Bose, bisa dinikmati dengan harga yang variatif, mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000.

Kuliner dan Makanan Khas Kalabahi Alor Jagung Bose bisa ditemukan di Kantin Jagung Bose, tepatnya di Mutiara, Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

2. Jagung Titi

jagung titi, makanan Khas Kalabahi Alor

jagung titi, makanan Khas Kalabahi Alor | tajukflores.com

Kalau ingin menyudahi liburan di Kalabahi, jangan lupakan unttuk membeli oleh-oleh yang satu ini. Jagung Titi adalah oleh-oleh khas yang bisa dibilang adalah popcorn dari Nusa Tenggara Timur, karene rasanya yang mirip popcorn namun bentuknya seperti emping.

Untuk bisa mendapatkan makanan Khas Kalabahi Alor ini, kalian bisa mampir ke pasar tradisional, salah satunya pasar Kadelang Kalabahi yang ada di Kalabahi. Jagung Titi ini dijual dengan harga Rp 25.000 untuk satu bungkus plastik. Menikmati Jagung Titi paling cocok dinikmati sambil minum teh atau kopi.

Baca Juga ya :

3. Kenari Kalabahi

kenari kalabahi, makanan Khas Kalabahi Alo

kenari kalabahi, makanan Khas Kalabahi Alor | travel.detik.com

Leave a Reply