Curug Cigangsa, Curug indah yang ada di Sukabumi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Budaya, Pengetahuan

Curug Cigangsa, Curug indah yang ada di Sukabumi

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa - Sumber: Jejak Piknik

Curug Cigangsa – Air terjun atau yang biasa disebut curug dalam Bahasa sunda memang merupakan satu pilihan destinasi wisata alam yang dapat dinikmati. Tidak hanya bermain air, namun juga curug biasanya memiliki jalur trek yang harus dilalui oleh pengunjung dengan berbagai tingkat kesulitan sehingga menambahkan sensasi berpetualang.

Beberapa curug sudah memiliki jalur yang memadai dan beberapa curug masih menggunakan jalur alami. Salah satu curug cantik yang dimiliki Indonesia adalah Curug Cigangsa yang berada di Sukabumi.

Lokasi dan Sejarah Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa – Sumber: Info

Curug Cigangsa atau biasa disebut juga Curug Luhur adalah sebuah Air Terjun alami berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Pengunjung dapat memulai perjalanann dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menuju ke Kecamatan Suranade.

Setelah pengunjung tiba di Kecamatan Suranade, perjalanan dapat dilanjutkan untuk menemukan lokasi air terjun Cigangsa yang berada Dusun Batusuhunan. Seluruh perjalanan memakan waktu estimasi 2 jam.

Baca juga ya : Kunjungi Curug Larangan  Sukabumi yang ada di Geopark ini

Curug Cigangsa merupakan curug unik yang terbentuk secara alami setelah terjadinya longsor di wilayah setempat. Curug Cigangsa terlihat eksotis terlebih karena dinding curugnya yang bewarna hitam.

Terdapat alasan dibalik penamaan Curug Cigangsa oleh warga yakni mengambil dari sebuah nama dari tokoh terkemuka di lokasi ini yang biasa dipanggil sebagai Eyang Gangsa oleh warga setempat.

Menurut keterangan warga, area Curug Cigangsa merupakan area yang kerap dijadikan sebagai tempat persembunyian bagi para pahlawan untuk memukul mundur penjajah yang ingin menguasai area setempat.

Pesona Curug Cigangsa

 

Leave a Reply