Tari Adat, Budaya

Asal Usul dan Sejarah Tari Andun, Tarian Bengkulu yang bersejarah

Tari Andun

Tari Andun

Tari Andun – Sobat muda travelling, Tahukah sobat, kalau Tari Andun adalah salah satu tarian rakyat yang berasal dari Bengkulu dan dilakukan pada saat pesta perkawinan. Biasanya dilakukan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang. Pada zaman dahulu, tari ini biasanya digunakan sebagai sarana mencari jodoh setelah selesai panen padi.

Saat ini Tari Andun lebih difokuskan sebagai tarian penyambut tamu serta digelar pada acara-acara yang dianggap penting seperti pesta perkawinan. Dalam pelaksanaannya, Tari Andun biasa ditarikan oleh para pemuda laki-laki dan perempuan secara berpasang-pasangan, tidak jarang juga hanya ditarikan oleh perempuan terutama yang belum menikah.

Sejarah Tari Andun

Sejarah Tari Andun – Sumber: www.negerikuindonesia.com

Tari Andun memang pada awalnya merupakan tarian yang bersifat hiburan dan difungsikan untuk memeriahkan suatu acara. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka tari ini berkembang pula menjadi seni tari untuk pertunjukan. Nah sobat, hal apa sajakah yang menarik dari Tari Andun ini? Yuk kita simak bersama!

Pertunjukan Tari Andun

Tari Andun biasanya ditampilkan oleh lelaki dan perempuan. Jumlah penari biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk upacara adat, siapa saja diperbolehkan untuk ikut menari. Sedangkan untuk pertunjukan tari, biasanya jumlah penari disesuaikan dengan kelompok tari yang akan menampilkannya.

Baca juga ya :

Karena sifatnya yang semua orang boleh ikut menarikannya, maka Tari Andun sengaja dibuat sederhana. Sehingga pemula sekalipun mampu ikut serta di dalamnya. Akan tetapi, meskipun gerakannya sederhana, setiap gerakan dalam tarian ini tentu memiliki makna khusus di dalamnya.

Kostum & Musik Iringan Tari Andun

Dalam pertunjukan Tari Andun, biasanya para penari menari dengan diiringi musik pengiring. Boleh dibilang kemeriahan acara salah satunya bergantung kepada kepiwaian pemain musik dalam menghasilkan alunan nada yang indah dan meriah.

Alat musik yang digunakan pun biasanya alat musik tradisional seperti gong, gendang dan musik kolintang khas Bengkulu. Irama dalam musik bertempo cepat, sehingga berkesan ceria dan enerjik. Seolah mengawai para penari pria dan wanita muda yang menari bersama.

Uniknya lagi, pada acara adat para penari boleh menggunakan busana bebas namun harus tetap sopan. Sedangkan untuk acara pertunjukan tari, biasanya akan menggunakan busana tradisional khas Bengkulu.

Tari Andun, Tari Mencari Jodoh

Makna Tari Andun

Makna Tari Andun – Sumber: blogkulo.com

Berdasar sejarahnya, Tari Andun pada awalnya memang digunakan sebagai sarana mencari jodoh dimusim panen padi.  Pada saat itu Tarian Andun digelar pada malam hari dengan diiringi oleh alat musik tradisional yang disebut dengan Kolintang.

Karena itu tidaklah mengherankan apabila Tari Andun sangat lekat dengan penari berusia muda. Inilah sebabnya tari ini sebenarnya cocok untuk sobat travelling yang masih muda. Karena sifat gerakannya yang sederhana, maka sobat muda pun bisa ikut serta meski sobat masih pemula sekalipun. Wah menarik bukan, Guys?

Perkembangan Tari Andun

Dalam hal perkembangannya, tarian ini masih dilestarikan dan dikembangkan hingga saat ini. Tarian ini masih sering dipentaskan di berbagai acara, seperti pernikahan adat, penyambutan tamu penting, pesta rakyat dan acara adat lainnya.

Selain itu, tari Andun juga sering digunakan dalam acara budaya, seperti seni, festival budaya, bahkan promosi wisata. Karena itulah tidaklah mengherankan jika saat ini Tari Andun sudah dikenal luas secara nasional hingga ke seluruh penjuru Indonesia.

Unsur Gerak Tari Andun

Unsur Gerak Tari Andun – Sumber: pesona-indonesia.info/tari-andun

Apakah sobat muda tahu, dalam gerakan tari Andun pun terkandung filosofi bijaksana sebagaimana tari-tarian khas Indonesia lainnya? Makna yang terkandung dalam tarian masyarakat adat kabupaten Serawai Bengkulu Selatan ini adalah wujud perasaan syukur masyarakat akan apa yang telah mereka terima selama ini.

Di lain pihak, Tari Andun juga menyimpan makna kebersamaan. Karena ditarikan bersama-sama secara ramai, maka Tari Andun seolah menggambarkan kerukunan dan keharmonisan hubungan antar masyarakat selama ini. Dan ini penting sebab hanya dengan persatuan dalam masyarakat, maka suatu tempat bisa menjadi kuat. Sungguh filosofi yang indah bukan?

Satu yang pasti, jika sobat muda travelling termasuk pecinta seni, maka jangan lewatkan menyaksikan tarian yang satu ini. Sambil berwisata dan menonton pertunjukannya, sobat bisa menyelami satu lagi budaya Indonesia yang khas. Sungguh pengalaman yang menyenangkan bukan?

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply