Tari Sekapur Sirih - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya

Tari Sekapur Sirih

Tari sekapur sirih

Tari sekapur sirih - foto thegorbalasia.com

Tari Sekapur Sirih – Tarian adalah suatu jenis pertunjukan yang di tampilkan dengan Gerakan. Di mana dalam tampilan tarian itu ada beraneka macam Gerakan. Ada yang berupa Gerakan yang cepat dan ada pula Gerakan yang lambat.   Tentu kedua hal ini tidak bisa di pisahkan di dalam suatu tarian.

Di Indonesia sendiri kita  tahu bahwa ada banyak sekali jenis jenis tarian. Hal itu di karenakan sebab Indonesia itu kaya akan wilayah. Dan tentu dalam wilayah itu memiliki aneka macam budaya. Dan rupanya budaya itu sendiri beraneka macam sehingga tiap tiap tarian mempunyai keunikan dan juga kekhasan yang berbeda.

Tari sekapur sirih

Tari sekapur sirih – foto thegorbalasia.com

Adapun salah satu jenis tarian yang terkenal di Indonesia adalah tarian  sekapur sirih. Mungkin bagi para orang awam tentu akan penasaran. seperti apa dan juga bagaimana tarian sekapur sirih ini. bagi para orang awam tidak usah khawatir lagi. Nah di bawah  ini kami akan membagikan informasi untuk anda semua tentang tari sekapur sirih.

Tentang Tari Sekapur Sirih

Tarian sekapur sirih di kenal sebagai Tarian ucapan selamat datang dari warga Provinsi Jambi bagi para tamu Agung mereka. Tarian sekapur sirih biasanya menggunakan musik iringan dengan syair lagu suka cita dalam menyambut tamu. Adapun tari sekapur sirih itu di ciptakan oleh seniman tradisional. seniman tersebut asli Provinsi Jambi yang bernama Firdaus Chatap. Pertama kali tari sekapur sirih ini di perkenalkan pada masyarakat ini tahun 1962.

Kegunaan dari Tari Sekapur Sirih

Sama halnya seperti tari pada umumnya yang mempunyai fungsi dan juga kegunaan tertentu. Begitu pula dengan tarian dari tari sekapur sirih yang juga memiliki fungsi dan juga kegunaan tertentu dari tarian tersebut.

Baca Juga : Indahnya Tari Serampang Dua Belas  Khas Sumatera

Leave a Reply