Budaya, Tari Adat

Asal-Usul dan Sejarah Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek – Provinsi Sumatera Selatan dengan kenanekaragamannya memiliki banyak sekali budaya yang bisa dieksplor dan dipelajari, salah satunya ada tarian. Di Ibukota Sumatera Selatan yaitu Palembang terdapat satu tarian khas yang menjadi salah satu identitas bagi Kota Pempek ini, namanya adalah Tari Putri Bekhusek.

Tari Putri Bekhusek adalah sebuah tarian yang sangat populer di daerah Palembang ataupun sekitarnya seperti Ogan Komering Ulu. Bekhusek dalam artian bahasa artinya adalah bermain. Sehingga Tari Bekhusek adalah tarian yang menggambarkan seorang putri yang sedang bermain.

Sejarah Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek – Sumber : moeseum.blogspot.com

   Asal mula dari Tari Bekhusek awalnya berasal dari Ogan Komering Ulu atau lebih tepatnya tercipta dari Suku Ogan yang mendiami wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ulu di provinsi Sumatera Selatan.

Budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh Suku Ogan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam. Dan itupun terlihat juga pada tarian khas disana, salah satunya Tari Putri Bekhusek yang menggunakan pakaian yang sangat identik dengan budaya Melayu.

Tari Putri Bekhusek adalah tarian beregu yang gerakkannya menggambarkan seorang putri yang sedang bermain. Layaknya seorang putri, gerakan yang ada di Tari Putri Bekhusek ini pun sangat indah dan anggun serta benar-benar menggambarkan sosok seorang putri.

Selain menggambarkan seorang putri yang sedang bermain, filosofi lainnya dari Tari Putri Bekhusek adalah bahwa tarian ini melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran dari masyarakat setempat yaitu masyarakat provinsi Sumatera Selatan. Sehingga alunan musik pengiring dan gerakan yang ditampilkan pun bernuansa ceria dan bahagia.

Pada jama dahulu, Tari Putri Bekhusek ini digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang dari luar daerah, dan hingga kini pun masih tak jarang juga difungsikan sebagai sallah satu cara untuk menyambut tamu. Namun seiring berjalannya waktu, tari ini juga biasa digunakan sebagai hiburan di berbagai macam acara di Provinsi Sumatera Sealatan.

Baca Juga ya :  Kunjungi 5 Tempat Wisata di Muaradua

Pertunjukkan Tari Putri Bekhusek

pertunjukan Tari Putri Bekhusek

pertunjukan Tari Putri Bekhusek – Sumber : Sahabatnesia.com

Dalam pertunjukkannya, Tari Putri Bekhusek biasa dilakukan secara berkelompok oleh sekitar 4-8 orang dan semuanya wanita. Gerakan yang ditampilkan pun begitu indah dan sangat gemulai, menggambarkan keanggunan seorang putri.

Musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini menggunakan alunan musik dengan bunyi-bunyi yang sangat khas dengan budaya melayu. Alunan musik pengiring pada Tari Putri bekhusek ini bertempo cukup cepat dengan nuansa suasana yang ceria.

Gerakan yang digunakan dalam Tari Putri Bekhusek ini boleh dibilang cukup sederhana, dengan gerakan inti seperti menghentak-hentakkan kaki, bertepuk tangan dan berlari berputar dan sangat menggambarkan sekali seperti sekumpulan putri yang sedang bermain-main dengan ceria.

Kostum dan properti pada Tari Putri Bekhusek

 

Kostum yang digunakan dalam pertunjukkan tari Puti Bekhusek biasanya menggunakan baju baju tradisional melayu dengan warna-warna cerah dan dilengkapi dengan selendang yang diikatkan di pinggang.

Kemudia di kepala, para penari menggunakan ikat kepala dengan hiasan-hiasan beraneka rupa. Tak jarang juga di beberapa pertunjukkan para penari juga membawa payung serta kipas sebagai pelengkap dan menambah keindahan dari tarian Putri Bekhusek.

Baca Juga yaMakna dan Sejarah Tari Lenggang Patah Sembilan

Perkembangan Tari Putri Bekhusek

  jika pada jaman dahulu sebuah tarian hanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti menyambut tamu ataupun merayakan sesuatu, namun di jaman modern ini fungsi tari menjadi semakin beragam.

Tari Putri Bekhusek kini banyak digunakan sebagai hiburan ataupun pengisi di acara-acara seperti pentas seni, resepsi pernikahan, wisuda, pelepasan siswa, seminar dan acara-acara lainnya yang melibatkan orang banyak.

Selain itu Tari Putri Bekhusek juga sudah banyak diajarkan di sekolahan-sekolahan ataupun sanggar tari di daerah Provinsi Sumatera Selatan. Tujuannya tentu saja agar Tarian ini terus lestari dan banyak anak-anak muda Sumatera Selatan mau untuk mempelajarinya.

***

Itulah tadi informasi singkat mengenai salah satu tarian di daerah Sumatera Selatan atau tepatnya di daerah Palembang dan Ogan Komering Ulu, Yaitu Tari Putri Bekhusek. Tentu saja kita sebagai generasi penerus bagi bangsa Indonesia, sudah barang tentu untuk ikut bangga serta merawat dan melestarikan berbagai ragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia, salah satunya tarian.

Dengan merawat Budaya yang kita miliki, harapannya adalah budaya kita akan tetap terus lestari sehingga akan bisa dinikmati oleh generasi-generasi penerus kita nantinya.

Leave a Reply