Asal-Usul dan Sejarah Tari Putri Bekhusek - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Asal-Usul dan Sejarah Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek – Provinsi Sumatera Selatan dengan kenanekaragamannya memiliki banyak sekali budaya yang bisa dieksplor dan dipelajari, salah satunya ada tarian. Di Ibukota Sumatera Selatan yaitu Palembang terdapat satu tarian khas yang menjadi salah satu identitas bagi Kota Pempek ini, namanya adalah Tari Putri Bekhusek.

Tari Putri Bekhusek adalah sebuah tarian yang sangat populer di daerah Palembang ataupun sekitarnya seperti Ogan Komering Ulu. Bekhusek dalam artian bahasa artinya adalah bermain. Sehingga Tari Bekhusek adalah tarian yang menggambarkan seorang putri yang sedang bermain.

Sejarah Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek – Sumber : moeseum.blogspot.com

   Asal mula dari Tari Bekhusek awalnya berasal dari Ogan Komering Ulu atau lebih tepatnya tercipta dari Suku Ogan yang mendiami wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ulu di provinsi Sumatera Selatan.

Budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh Suku Ogan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam. Dan itupun terlihat juga pada tarian khas disana, salah satunya Tari Putri Bekhusek yang menggunakan pakaian yang sangat identik dengan budaya Melayu.

Tari Putri Bekhusek adalah tarian beregu yang gerakkannya menggambarkan seorang putri yang sedang bermain. Layaknya seorang putri, gerakan yang ada di Tari Putri Bekhusek ini pun sangat indah dan anggun serta benar-benar menggambarkan sosok seorang putri.

Selain menggambarkan seorang putri yang sedang bermain, filosofi lainnya dari Tari Putri Bekhusek adalah bahwa tarian ini melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran dari masyarakat setempat yaitu masyarakat provinsi Sumatera Selatan. Sehingga alunan musik pengiring dan gerakan yang ditampilkan pun bernuansa ceria dan bahagia.

Pada jama dahulu, Tari Putri Bekhusek ini digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang dari luar daerah, dan hingga kini pun masih tak jarang juga difungsikan sebagai sallah satu cara untuk menyambut tamu. Namun seiring berjalannya waktu, tari ini juga biasa digunakan sebagai hiburan di berbagai macam acara di Provinsi Sumatera Sealatan.

Baca Juga ya :  Kunjungi 5 Tempat Wisata di Muaradua

Pertunjukkan Tari Putri Bekhusek

pertunjukan Tari Putri Bekhusek

pertunjukan Tari Putri Bekhusek – Sumber : Sahabatnesia.com

Dalam pertunjukkannya, Tari Putri Bekhusek biasa dilakukan secara berkelompok oleh sekitar 4-8 orang dan semuanya wanita. Gerakan yang ditampilkan pun begitu indah dan sangat gemulai, menggambarkan keanggunan seorang putri.

Musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini menggunakan alunan musik dengan bunyi-bunyi yang sangat khas dengan budaya melayu. Alunan musik pengiring pada Tari Putri bekhusek ini bertempo cukup cepat dengan nuansa suasana yang ceria.

Leave a Reply