Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Tempat Wisata di Muaradua Kabupaten

Arung Jeram Sungai Selabung, Tempat Wisata di Muaradua Kabupaten - tribunnews.com

Tempat Wisata di Muaradua – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan adalah salah satu daerah di Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Lampung dan Bengkulu. Terdapat banyak objek wisata yang bisa dikunjungi seperti di Baturaja, tetapi sayangnya belum banyak yang tahu karena keterbatasan infomasi.

Topografi sebagian besar wilayah OKU Selatan dengan ibukota bernama Muaradua adalah dataran tinggi seperti gunung-gunung dan perbukitan. Seperti apa keindahan alam di OKU Selatan? Simak ulasan tentang 5 tempat wisata di Muaradua Kabupaten Komering Ulu Selatan berikut ini.

1.  Air Terjun Manduriang

5 Tempat Wisata di Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan 2

Air Terjun Manduriang – imagive.blogspot.com

Air terjun setinggi 25 meter dengan tebing kerucut ini sangat menakjubkan. Salah satu dari 5 tempat wisata di Muaradua Kabupaten Komering Ulu Selatan ini juga memiliki sebuah goa di belakang air terjun. Tempat wisata yang begitu unik dan eksotis ini terletak di Desa Manduriang, Kecamatan Ranau Tengah.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, para pengunjung hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota Muaradua. Air Terjun Manduriang ramai dikunjungi ketika akhir pekan. Harga tiket masuk ke kawasan air terjun ini hanya Rp 5 ribu per orang.

Baca Juga :

Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi di dalam hutan Sumatera yang lebat sehingga butuh fisik yang kuat untuk menempuh perjalanan. Kesulitan untuk menyusuri jalan setapak selama setengah jam, kemudian menyusuri hutan dan perkebunan warga hingga sampai di air terjun akan terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkan.

2.  Gunung Seminung, Tempat Wisata di Muaradua yang indah

Gunung Seminung, Tempat Wisata di Muaradua yang indah

Gunung Seminung, Tempat Wisata di Muaradua yang indah – gaberro.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Muaradua Kabupaten Komering Ulu Selatan ini menjadi gunung terfavorit para pendaki, khususnya pendaki yang tinggal di Sumatera.

Gunung Seminung tidak terlalu tinggi, yaitu hanya 1881 meter di atas permukaan laut. Namun, jalur pendakian di gunung ini memiliki kemiringan hingga 90 derajat sehingga gunung ini begitu menantang bagi pendaki. Rasa lelah dan letih akan terbayar lunas setelah sampai di puncaknya karena keindahan alam yang disajikan.

Danau Ranau menjadi pemandangan indah yang tak bisa dilewatkan ketika sampai di puncak. Waktu terbaik untuk berada di puncak adalah momen matahahi terbit atau sunrise. The best sunrise spot adalah julukan bagi Gunung Seminung.

3.  Danau Ranau

Danau Ranau sudah terkenal keindahannya sehingga menjadi tempat wisata favorit masyarakat setempat. Salah satu dari 5 tempat wisata di Muaradua Kabupaten Komering Ulu Selatan ini sudah adalah danau terbesar kedua di Sumatera, setelah Danau Toba.

Tempat Wisata di Muaradua

Danau Ranau – Tempat Wisata di Muaradua

Terdapat sejumlah penginapan di sekitar danau ini. Uniknya, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Marisa. Sambil menikmati sejuknya udara, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Seminung. Bahkan, di sekitar danau ini juga terdapat perkebunan kopi dan area persawahan yang indah.

Danau ini gratis untuk sekedar duduk santai di pinggir danau, tetapi jika ingin mengelilingi danau harus menggunakan perahu dengan tarif sewa sekitar Rp 300 ribu untuk satu perahu.

4.  Pulau Marisa

5 Tempat Wisata di Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan 3

Pulau Marisa mirip dengan Pulau Samosir di Danau Toba. Pulau ini juga terdapat di tengah danau, yaitu Danau Ranau. Seperti Pulau Samosir, di pulau ini juga terdapat fasilitas seperti penginapan hingga cottage. Para pengunjung pasti merasa senang berada di pulau cantik ini.

Para wisatawan bisa menyeberang ke pulau ini dengan naik perahu nelayan dari tepi Danau Ranau. Sewa kapal nelayan biasanya lebih murah, sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 saja per orang. Ada tempat unik di Pulau Marisa, yaitu lokasi sumber air panas yang sering dimanfaatkan untuk berendam.

Airnya mengandung sulfur yang sangat baik untuk kulit. Para pengunjung yang ingin berendam air panas bisa memilih kamar mandi yang memang tersedia untuk wisatawan.

5.  Arung Jeram Sungai Selabung

Arung Jeram Sungai Selabung, Tempat Wisata di Muaradua yang menantang

Arung Jeram Sungai Selabung, Tempat Wisata di Muaradua yang menantang – tribunnews.com

Arung jeram di Sungai Selabung digemari oleh para wisatawan karena rutenya yang menantang. Arus sungai yang deras dengan bebatuan besar tentu saja menjadi tantangan tersendiri yang memacu adrenalin para pengunjung. Tidak hanya merasakan keseruan rafting, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang aliran sungai.

Sajian alam yang bisa dinikmati di kawasan ini antara lain pepohonan hijau yang tumbuh di pinggir sungai, perbukitan, persawahan, dan pemandangan Gunung Seminung. Aliran Sungai Selabung cukup panjang karena melintasi Kecamatan Bandingagung dan Kecamatan Mekakau.

Itulah 5 tempat wisata di Muaradua Kabupaten Komering Ulu Selatan yang harus dikunjungi. Tidak ada kata menyesal ketika berada di OKU Selatan seperti di Gunung Sujih Lampung Tengah karena alamnya begitu indah, terlebih setelah berwisata ke beberapa tempat wisata. Happy vacation!

 

 

Leave a Reply