Asal Usul dan Sejarah Tari Barong Blora - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Barong Blora

Tari Barong Blora

Tari Barong Blora-sumber:Blorakbab.go.id

Tari Barongan atau Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian yang berasal dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Meskipun banyak daerah lain yang juga menampilkan kesenian yang hampir sama dengan Tari Barong ini, tetapi Tarian Barongan ini merupakan jati diri atau perwujudan karakter dari masyarakat Blora dan juga tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat Blora itu sendiri.

Sejarah Tari Barong Blora

Kesenian Barongan ini berasal dari hikayat Panji yang merupakan suatu kisah yang diawali dari iring-iringan prajurit berkuda mengawal Raden Panji Asmarabangun atau Pujonggo Anom dan Singo Barong.

Secara singkat ceritanya seperti berikut.

Dimulai dari Prabu Klana Sawandana dari Kabupaten Bantarangin jatuh cinta kepada Dewi Sekartaji putri dari Raja Kediri.

Asal Usul dan Sejarah Tari Barong Blora 2

Tari Barong Blora-sumber: Bloraupdates.com

Kemudian ia memerintahkan Patih Bujangganong atau Pujonggo Anom untuk meminangnya. Keberangkatan Patih tersebut dikawal pula dengan 144 prajurit berkuda yang dipimpin oleh empat orang perwira diantaranya : Kuda Larean, Kuda Panagar, Kuda Panyisih dan Kuda sangsangan.

Di tengah perjalanan tepatnya di hutan Wengkar rombongan Prajurit Bantarangin dihadang oleh Singo Barong sebagai penjelmaan dari Adipati Gembong Amijoyo yang ditugasi menjaga keamanan di perbatasan.

Kemudian terjadilah peperangan sengit yang menyebabkan seluruh prajurit Bantarangin dapat ditaklukkan oleh Singo Barong, akan tetapi keempat perwiranya dapat lolos dan melapor kepada Sang Adipati Klana Sawandana.

Dengan menggunakan senjata pamungkas atau andalannya yaitu Pecut Samandiman Adipati Klana Sawendana dapat menaklukkan Singo Barong. Singo Barong yang terkena Pecut Samandiman menjadi lumpuh dan tak berdaya.

Meskipun setelah kena pecut, Singa Barong sempat bisa pulih kembali, tetapi berkat kemampuan hebat yang dimiliki oleh Raden Panji ia bisa dikalahkan.

Hingga pada akhirnya, Singo Barong yang buas menjadi takluk dan mengabdikan diri kepada Raden Panji, termasuk prajurit berkuda dan Bujangganong dari Kerajaan Bantarangin.

Baca Juga yaMakna dan Sejarah Tari Rara Ngigel

Pertunjukan Tari Barong Blora

Asal Usul dan Sejarah Tari Barong Blora 3

Tari Barong Blora-sumber: Tempo.com

Kesenian Barongan atau Tari Barong Blora ini kerapkali dipentaskan sebagai hiburan bagi masyarakat, khususnya di masyarakat pedesaan.

Leave a Reply