Alam, City Tour, Daftar Wisata, Danau, Pantai

6 Tempat Wisata di Waikabubak Kabupaten Sumba Barat

Air Terjun Lapopu, Tempat Wisata di Waikabubak

Air Terjun Lapopu, Tempat Wisata di Waikabubak -foto by @zindan_habsyi

Tempat Wisata di Waikabubak – Kabupaten Sumba Barat adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibukotanya berada di Kota Waikabukak. Topograpi Kabupaten Sumba Barat berupa pesisir, rangkaian pegunungan dan bukit-bukit kapur yang curam dengan karakteristik wilayah  tergolong kering.

Sumba jauh dari Bali dan Lombok, dan itulah mengapa orang datang ke sini. Waikabubak adalah kota yang cukup menyenangkan, dan sangat cocok untuk dijelajahi desa-desa tradisional yang mengelilinginya.

Cek 6 Tempat Wisata di Waikabubak Kabupaten Sumba Barat yang akan jadi pengalaman kamu yang tak terlupakan.

1. Danau Weekuri

Danau Weekuri, Tempat Wisata di Waikabubak

Danau Weekuri, Tempat Wisata di Waikabubak – Foto by Phinemo.com

Danau Weekuri menjadi  Tempat Wisata di Waikabubak pertama yang haru skamu kunjungi. Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Danau Weekuri mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan belakangan ini.

Danau Weekuri yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang sangatlah unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Dari Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat) atau Tambolaka (ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya), pengunjung dapat terlebih dahulu menyewa kendaraan bermotor baik motor/ mobil di Tambolaka atau Waikabubak.

Untuk biaya sewa mobil berkisar mulai dari 500.000-600.000 rupiah sudah berserta dengan drivernya dan untuk biaya sewa motor yaitu sekitar 100.000-150.000 rupiah per harinya.

Akses untuk menuju lokasi ini masih terbilang cukup sulit karena belum terdapatnya transportasi umum dan lokasinya yang berada jauh dari perkotaan. Tak ada satupun petunjuk jalan menuju ke lokasi sehingga pengunjung harus sering-sering bertanya dengan penduduk setempat keberadaan lokasi danau ini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri adalah jam 4 sore hari. Tak ada fasilitas penunjang apapapun di kawasan danau seperti warung makan, toilet atau bahkan penginapan. Sebaiknya pengunjung berbekal makanan dan minuman ringan sebelumnya, sehingga dapat disantap sambil menikmati keindahan Danau Weekuri.

Baca Juga ya :

2. Pantai dan Resort Nihiwatu

Pantai Nihiwatu, Tempat Wisata di Waikabubak

Pantai Nihiwatu, Tempat Wisata di Waikabubak – Foto Katalogwisata.com

Tempat Wisata di Waikabubak selanjutnya adalah Nihiwatu. Kali ini kita menuju ke Pantai Nihiwatu, resortnya terletak di Desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Untuk menuju ke sini, kamu perlu naik pesawat dari Denpasar ke Tambolaka Sumba yang memakan waktu sekitar 50 menit. Dari bandara masih perlu melakukan perjalanan sekitar 1-2 jam.

Yang bisa akes ke Pantai Nihiwatu memang diperuntukan bagi yang menginap di resort. Harga permalamnya cukup merogoh dalam kantong kita yaitu 10 juta/malam. Jika kamu punya budgetnya, tempat wisata ini tidak akan mengecewakan.

6 Tempat Wisata di Waikabubak Kabupaten Sumba Barat 1

Resort Nihiwatu – Foto by Katalogwisata.com

Keindahan Resort Nihiwatu yang ditawarkan mulai dari pemandangan pantainya yang langsung terlihat dari dalam kamar, berpadu dengan pohon pohon dan bunga yang menghiasi resort.

Tiap bungalownya beratapkan jerami yang tersusun apik serta dinding kayu yang memberikan kesan keserdahanaan namun tetap elegan. Juga didukung dengan fasilitas lengkap, kebersihan yang sangat terjaga dan berbagai aktifitas yang bisa kamu lakukan di resort ini akan memberikan pengalaman berharga yang tak terlupakan.

Baca Juga

3. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru – foto kembangwisata.com

Tempat Wisata di Waikabubak selanjutnya adalah Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Taman Nasional ini terletak di Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman nasional seluas kurang lebih 50 ribu hektare ini merupakan hutan musim semi-peluruh dataran rendah yang tersisa di Pulau Sumba.

Sebagian besar kawasan hutan di taman nasional tersebut berupa tebing-tebing terjal, yang muncul mulai dari permukaan laut sampai ketinggian 900 meter.

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru memiliki keanekaragaman hayati bernilai tinggi yaitu sekitar.  Adapun objek daya tarik wisata alam  yang berada di dalam kawasan TNMT meliputi Air Terjun Matayangau, Air Terjun Lapopu, Pantai Mondulambi, Padang Savana dan Gua Bakul.

Aksesibilitas menuju lokasi ini sangat mudah karena hanya 200 meter dari jalan utama Konda Maloba. Pada bulan September, kondisi trail cukup baik dan kering sehingga mudah dilewati.

Terdapat beberapa fasilitas tambahan seperti : pondok kerja restorasi yang cukup aman dan lengkap (kamar, kasur, kamar mandi, dapur), pagar pengaman, pos pengamanan dam persemaian.

4. Pantai Mbawana

Pantai Mbawana, Tempat Wisata di Waikabubak

Pantai Mbawana, Tempat Wisata di Waikabubak- Foto by Backpackerjakarta.com

Pantai Mbawana terletak di sebelah barat daya Pulau Sumba. Dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari Waikabubak kamu sudah bisa mengunjungi pantai cantik berpasir putih ini.

Pantai Mbawana memiliki ciri khas tebing yang menjorok ke laut dan memiliki lubang di bawahnya sehingga wisatawan bisa berdiri di antara lubang saat mengambil foto. Kalau ingin berenang di Pantai  Mbawana harap hati-hati terseret arus ya karena ombaknya relatif besar.

5. Air Terjun Lapopu, Tempat Wisata di Waikabubak Sumba Barat

Air Terjun Lapopu, Tempat Wisata di Waikabubak

Air Terjun Lapopu, Tempat Wisata di Waikabubak -foto by @zindan_habsyi

Air Terjun Lapopu juga masuk kedalam daftar Tempat Wisata di Waikabubak Sumba Barat yang wajib kalian kunjungi. Pulau Sumba dikenal sebagai air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ( NTT). Air terjun ini terletak di Desa Hatikuloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Tinggi air terjun ini 90 meter. Lapopu berbeda dengan air terjun lainnya, di mana air terjun ini bertangga-tangga, kemudian membentuk tangga-tangga sebelum sampai di kolamnya. Sementara air terjun lainnya di TN ManaLawa ini langsung turun terjal ke bawah.

Air terjun ini menjadi tempat tujuan wisatawan asing dan Nusantara ke Pulau Sumba. Bahkan, tamu-tamu dari Nihiwatu, hotel terbaik di dunia selalu berkunjung ke air terjun untuk berenang dan menikmati suasana alam yang teduh, sejuk dan bisa menghirup udara segar.

6. Kampung Prai Ijing

Kampung Prai Ijing, Tempat Wisata di Waikabubak

Kampung Prai Ijing, Tempat Wisata di Waikabubak – Foto by idntimes.com

Kampung Prai Ijing menjadi destinasi wisata atau Tempat Wisata di Waikabubak yang juga sayang untuk dilewatkan. Kampung adat Prai Ijing di Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak.

Sebuah kampung adat dengan rumah adat Sumba yang masih asli, khas dengan menara di atasnya, kubur batu, dan masyarakat yang masih memegang teguh tradisi leluhur. Kampungnya  indah, terletak di atas bukit yang dikelilingi alam yang masih asri dan alami, akan menyihir hati pengunjungnya.

 

 

 

Leave a Reply