Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Masjid, Pantai

6 Tempat Wisata di Daik Kabupaten Lingga

Air Terjun Resun

Sumber: travellingyuk.com

Tempat wisata di Daik – Mungkin masih banyak orang yang tidak tau tentang keberadaan Daik. Daik merupakan ibukota dari Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang semakin giat melakukan pembangunan wilayahnya hingga saat ini.

Uniknya, Daik Kabupaten Lingga juga dijuluki sebagai Bunda Tanah Melayu. Hal ini bukan tanpa sebab, di daerah inilah dulunya peradaban melayu Lingga dimulai dan terus berkembanag. Bahkan hingga saat ini budaya melayu masih sangat kental dan melekat erat.

Tak heran, Daik kini menyediakan wisata budaya dan sejarah Melayu yang tentunya masih menyimpan banyak situs sejarah. Tak hanya itu, Daik Kabupaten Lingga juga memiliki keindahan alam yang mempesona dengan begitu banyaknya pulau yang tersebar.

Bila berada di Daik Kabupaten Lingga, jangan sia-siakan tempat wisatanya yang luar biasa. Apa saja itu? Ini dia 6 tempat wisata di Daik Kabupaten Lingga yang wajib kamu datangi.

Bicara soal Melayu, kamu juga harus tau Tari Nirmala, Tarian Baru Dari Melayu.

1. Masjid Jami Sultan Lingga

Bila berada di Kota Daik, kamu harus berkunjung ke Masjid Jami Sultan Lingga. Masjid yang terletak persis di tengah-tengah kota Daik merupakan masjid tertua di Lingga, bahkan mungkin yang tertua di Kepulauan Riau. Masjid ini dulunya didirikan oleh Sultan Mahmud Syah III, Sultan Yang Dipertuan Besar Lingga-Riau-Johor-Pahang.

Inilah yang merupakan salah satu situs sejarah yang merupakan peninggalan Kesultanan Melayu-Lingga. Bahkan, hingga kini Masjid Jami Sultan Lingga masih berdiri dengan kokoh dan aktif digunakan sebagai pusat peribadatan umat Islam di Kota Daik Lingga dan sekitarnya.

2. Benteng Kuala Daik

Selain Masjid Jami Sultan Lingga, benteng pertahanan lapis tiga ini patut kamu kunjungi. Kawasan utama Benteng Kuala Daik ini berada di sisi punggung pantai yang menghadap kea rah Laut. Ada juga kubu pertahanan parit yang berada di sisi Muara Suangai Daik.

Dulunya, benteng ini memiliki peran yang besar dalam pertahanan Kerajaan Lingga. Jadi, Benteng Kuala Daik ini patut kamu kunjungi. Kamu akan melihat betapa gagah dan antiknya situs sejarah berupa 16 meriam yang sebagian besar berukuran 2,5 meter. Tempat ini sangat  cocok untuk kamu yang ingin mengetahui sejarah Melayu lewat melalui wisata.

3. Istana Damnah

Tempat wisata sejarah Melayu yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Situs Istana Damnah. Sesuai dengan namanya, istana ini berada tepat di tengah hutan belantara yang ada di kampung Damnah, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Tempat wisata di Daik, Istana Damnah

Tempat wisata di Daik, Istana Damnah – Sumber: linggakab.go.id

Uniknya, arsitektur bangunan dari Istana Damnah ini berbentuk panggung dengan dua buah pintu masuk dan empat buah tiang penyangga. Semuanya terbuat dari beton. Tak hanya menarik, istana ini dulunya difungsikan sebagai tempat musyawarah dan pertemuan-pertemuan penting loh. Penasarankan bagaimana tinggal di Istana? Coba deh datang ke Istana Melayu yang megah ini.

4. Pulau Benan 

Tidak hanya menyuguhkan wisata sejarah dan budaya, Pulau Benan hadir sebagai tempat wisata di Daik yang bertema alam loh. Pulau yang terletak di sisi utara Kabupaten Lingga ini dulunya dikenal dengan Pulau Paus karena bentuknya yang memang menyerupai ikan paus.

Tempat wisata di Daik, Pulau Benan

Tempat wisata di Daik, Pulau Benan – Sumber: sukita.info

Faktanya, Pulau Benan ini disebut sebagai berandanya Kabupaten Lingga loh. Kenapa ya? Ternyata pulau ini adalah pulau terluar dari Lingga. Nah, pulau ini masih sepi dan tentunya asri, jadi cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan sekaligus pesona alam yang indah. Kamu bisa sekedar duduk-duduk di pinggir pantai dengan airnya yang tenang atau bahkan bisa snorkelling dan diving juga loh.

5. Gunung Daik

Nah, Daik juga menyediakan tempat wisata bagi kamu yang menyukai pendakian yaitu Gunung Daik. Unik, Gunung Daik ini disebut juga dengan Gunung Gigi Naga. Tentunya bukan tanpa sebab, bila dilihat dari jauh gunung ini memiliki puncak bergelombang yang menyerupai gigi naga.

Tempat wisata di Daik ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai tantangan. Memiliki puncak yang tersusun dari bebatuan dengan tingkat kecuraman mencapai 90 derajat, membuat para pendakinya memerlukan perjuangan yang ekstra dan waktu berjam-jam. Bila ingin ke puncak, sebaiknya kamu mempersiapkan peralatan panjat tebing hingga rafting ya.

6. Air Terjun Resun 

Tempat wisata di Daik, Air Terjun Resun

Tempat wisata di Daik, Air Terjun Resun – Sumber: travellingyuk.com

Tempat wisata di Daik Kabupaten Lingga lainnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Resun. Air terjun ini akan memberikan kesan sejuk dan asri karena menimbulkan suara tumpahan air dari puncak yang menghantam bebatuan di bawahnya terus-menerus.

Kamu bisa menemui kolam dengan air bersih dan jernih di bawah air terjun Resun ini. Tak hanya itu, silahkan berendam dalam kolamnya sambil merasakan keteduhan dari pepohonan rindang di sekelilingnya. Itulah suguhan yang bisa kamu dapatkan bila mengunjungi air terjun ini.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa temui air terjun ini di Dusun Resun, Kecamatan Lingga Utara. Kamu bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai kesana dengan menempuh waktu kira-kira 25 menit saja dari Kota Daik.

Selain tempat wisata di Daik Kabupaten Lingga, ada tempat tujuan wisata lainnya di Provinsi Kepulauan Riau. Ini dia 6 Tempat Wisata di Kota Tanjung Pinang.

Leave a Reply