6 Tempat Wisata di Daik Kabupaten Lingga - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Masjid, Pantai

6 Tempat Wisata di Daik Kabupaten Lingga

Air Terjun Resun

Sumber: travellingyuk.com

Tempat wisata di Daik – Mungkin masih banyak orang yang tidak tau tentang keberadaan Daik. Daik merupakan ibukota dari Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang semakin giat melakukan pembangunan wilayahnya hingga saat ini.

Uniknya, Daik Kabupaten Lingga juga dijuluki sebagai Bunda Tanah Melayu. Hal ini bukan tanpa sebab, di daerah inilah dulunya peradaban melayu Lingga dimulai dan terus berkembanag. Bahkan hingga saat ini budaya melayu masih sangat kental dan melekat erat.

Tak heran, Daik kini menyediakan wisata budaya dan sejarah Melayu yang tentunya masih menyimpan banyak situs sejarah. Tak hanya itu, Daik Kabupaten Lingga juga memiliki keindahan alam yang mempesona dengan begitu banyaknya pulau yang tersebar.

Bila berada di Daik Kabupaten Lingga, jangan sia-siakan tempat wisatanya yang luar biasa. Apa saja itu? Ini dia 6 tempat wisata di Daik Kabupaten Lingga yang wajib kamu datangi.

Bicara soal Melayu, kamu juga harus tau Tari Nirmala, Tarian Baru Dari Melayu.

1. Masjid Jami Sultan Lingga

Bila berada di Kota Daik, kamu harus berkunjung ke Masjid Jami Sultan Lingga. Masjid yang terletak persis di tengah-tengah kota Daik merupakan masjid tertua di Lingga, bahkan mungkin yang tertua di Kepulauan Riau. Masjid ini dulunya didirikan oleh Sultan Mahmud Syah III, Sultan Yang Dipertuan Besar Lingga-Riau-Johor-Pahang.

Inilah yang merupakan salah satu situs sejarah yang merupakan peninggalan Kesultanan Melayu-Lingga. Bahkan, hingga kini Masjid Jami Sultan Lingga masih berdiri dengan kokoh dan aktif digunakan sebagai pusat peribadatan umat Islam di Kota Daik Lingga dan sekitarnya.

2. Benteng Kuala Daik

Selain Masjid Jami Sultan Lingga, benteng pertahanan lapis tiga ini patut kamu kunjungi. Kawasan utama Benteng Kuala Daik ini berada di sisi punggung pantai yang menghadap kea rah Laut. Ada juga kubu pertahanan parit yang berada di sisi Muara Suangai Daik.

Dulunya, benteng ini memiliki peran yang besar dalam pertahanan Kerajaan Lingga. Jadi, Benteng Kuala Daik ini patut kamu kunjungi. Kamu akan melihat betapa gagah dan antiknya situs sejarah berupa 16 meriam yang sebagian besar berukuran 2,5 meter. Tempat ini sangat  cocok untuk kamu yang ingin mengetahui sejarah Melayu lewat melalui wisata.

3. Istana Damnah

Tempat wisata sejarah Melayu yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Situs Istana Damnah. Sesuai dengan namanya, istana ini berada tepat di tengah hutan belantara yang ada di kampung Damnah, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Tempat wisata di Daik, Istana Damnah

Tempat wisata di Daik, Istana Damnah – Sumber: linggakab.go.id

Leave a Reply