Daftar Wisata

5 museum di Surabaya

Museum wr supratman

Museum wr supratman - LETSGO2MUSEUM

Museum di Surabaya – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya. Di mana Indonesia itu sendiri tak hanya berupa kekayaan alam saja. Namun juga indonesia memiliki kekayaan yang lain. adapun kekayaan lain yang di miliki oleh Indonesia selain kekayaan alam adalah kekayaan tempat wisata.

Di mana kita tahu bahwa ada banyak sekali tempat wisata. Bahkan ketika waktu libur tiba orang bisa memilih mereka akan berlibur ke objek wisata alam atau pun ke objek wisata modern. Tentu saja itu tergantung dari kesukaan dan juga berapa jumlah budget yang telah di miliki oleh orang yang akan melakukan wisata.

Museum di Surabaya

Museum di Surabaya

Salah satu jenis tempat wisaata  yang banyak di kunjungi adalah wisata museum. Di mana selama ini museum terkenal akan tempat  wisata yang menyimpan benda bersejarah. Di berbagai wilayah di indonesia itu sendiri sebenarnya mempunyai museum. Adapun salah satu kota di Indonesia yang memiliki wisata museum adalah kota Surabaya.

Baca juga : Wowo ada Museum Vagina unik banget loh

Mungkin bagi anda yang bukan orang dari Surabaya pasti akan merasa penasaran dan juga bertanya. Apa saja sih museum yang ada di Surabaya itu. maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi untuk anda tentang museum yang ada di kota Surabaya. Penasaran kan? Yuk kita baca bersama sama penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Museum Sepuluh Nopember

Museum di Surabaya yang Pertama dan wajib anda kunjungi saat datang ke Surabaya adalah museum 10 november. Museum Sepuluh November berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Museum ini diresmikan tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden ke-4 Republik Indonesia, yakni KH. Abdurahman Wahid.

Museum di Surabaya, Museum 10 November

Museum di Surabaya, Museum 10 November – foto indonesiakaya.com

Museum ini di bangun dan juga di dirikan dengan tujuan untuk memperjelas keberadaan Monumen Tugu Pahlawan. Adapun tujuan dari pendirian museum 10 november ini sebagai media dan sarana bagi masyarakat untuk mempelajari rangkaian peristiwa Pertempuran Sepuluh November 1945 di Surabaya.

2. Museum wr Supratman

Museum kedua yang wajib di kunjungi ketika datang di kota Surabaya adalah museum wr supratman. Museum W. R. Soepratman bertempat dan juga berlokasi  di Jalan Mangga 21, Tambaksari, Surabaya. Museum wr supratman ini mulai di sahkan dan juga di resmikan oleh Wali Kota Surabaya, yakni Tri Rismaharini. Peresmian museum ini  bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, yakni tanggal 10 November 2018.

Museum wr supratman

Museum wr supratman – LETSGO2MUSEUM

Museum W. R. Soepratman diresmikan sebagai bentuk penghormatan serta penghargaan atasa jasa Wage Rudolf Supratman kepada Bangsa Indonesia. Museum ini memperlihatkan tulisan asli W. R. Soepratman saat beliau membuat lagu Indonesia raya pada saat pertama. Selain itu, terdapat pula biola historis yang menemaninya saat membuat beberapa lagu kebangsaan.

3. Museum Surabaya Siola

museum surabaya - wowkeren.com

museum surabaya – wowkeren.com

Museum Surabaya Siola beralamat di Jalan Tunjungan atau Eks Gedung Siola. Museum ini dibuka pada 3 Mei 2015 dan memiliki lebih dari seribu koleksi.  Museum ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai sejarah Kota Surabaya dan pelayanan publik di Kota Surabaya. Ada berbagai macam koleksi yang dimiliki museum ini, diantaranya adalah peta-peta Surabaya dari sejak masa Majapahit sampai masa kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, terdapat juga benda bersejarah milik tokoh-tokoh asal Surabaya seperto replika biola milik pencipta lagu Indonesia Raya (Wage Rudolf Supratman), biola srimulat, dan piano kuno milik penyanyi Gombloh yang terkenal di masa 1980an.

4. Museum Dr. Sutomo

Museum yang  berikutnya adalah museum dr. sutomo. Museum Dr. Soetomo ini  berada di Komplek Gedung Nasional Indonesi (GNI) di Jalan Bubutan No. 85, Surabaya. Museum ini diresmikan oleh Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya pada 29 November 2017.  Museum ini memperlihatkan jejak perjuangan Dr. Soetomo yang merupakah tokoh pendiri Budi Oetomo.

5. Museum Sampurna

Museum di Surabaya

Museum Sampurna Museum di Surabaya- wikipedia.com

Museum di Surabaya yang ke lima adalah museum sampurna. House of Samporena berada di Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya. Bangunan ini adalah museum tembakau dan markas besar Sampoerna yang terletak di Surabaya. Bangunan tua ini dibangun pada 1864 dan berisikan sejarah mengenai perkembangan industri rokok yang dirintis Liem Seeng Tee dan Siem Tjiang Nio.

Leave a Reply