Daftar Wisata, Alam, Budaya, Desa Wisata, Gunung, Pantai

6 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun

Pantai Telunas, Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun - Sumber: brilio.net

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun – Kepulauan Riau memang merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat wisata. Selain Daik di Kabupaten Lingga dan Kota Tanjung Pinang, ada lagi wilayah yang wajib kamu kunjungi sebagai destinasi wisata. Tanjung Balai, merupakan ibukota dari Kabupaten Karimun yang juga merupakan kota tersibuk di Provinsi Kepulauan Riau.

Tanjung Balai Karimun memang tidak memiliki kepopuleran yang setara dengan Raja Ampat, Papua. Tapi walaupun begitu, kota yang didominasi penduduk keturunan cina ini tidak bisa dianggap remeh. Merupakan wilayah yang memiliki banyak pulau, menjadikan Tanjung Balai Karimun memiliki destinasi wisata alam yang elok dan eksotis, terutama pantainya.

Nah, berikut ini adalah 6 tempat wisata di Tanjung Balai Karimun yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Apa saja itu?

1. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan merupakan salah satu Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun yang paling sering dikunjungi bila akhir pekan. Pantai pelawan juga menjadi  pantai yang paling terkenal akan keindahannya. Pantai ini tepat berada di Pangke, Meral, Tanjung Balai Karimun.

Di pantai Pelawan ini kamu akan mendapati pesona pantai yang luar biasa dengan hamparan pasir putih bersih ditambah barisan batu granit serta air laut biru yang diterpa langit nan cerah. Walau begitu, pantai ini memiliki ombak yang relatif besar loh.

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Pantai Pelawan

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Pantai Pelawan – Sumber: flickr.com

Nah, bagi kamu yang menyukai fotografi, pantai ini pantas kamu jadikan tujuan wisatamu. Tentunya, pantai seindah Pelawan ini harus diabadikan dalam kamera.

Kamu juga tidak perlu takut apabila ingin bermalam di sekitar Pantai Pelawan ini karena  sudah banyak penginapan yang disewakan untuk wisatawan. Selain itu, akses jalan di sekitar pantai juga bagus bahkan kamu tidak perlu takut kelaparan karena banyak sekali orang yang menjajakan makanan di sepanjang garis pantainya.

2. Pantai Telunas

Tidak hanya Pantai Pelawan, Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun berupa pantai yang juga harus kamu kunjungi saat berwisata di Tanjung Balai, Karimun adalah Pantai Telunas. Pemandangan yang disuguhkan apabila berada di pantai ini sangatlah menakjubkan. Sehingga tak heran, banyak wisatawan yang menyatakan bahwa pantai ini adalah surganya wisatawan.

Baca juga:

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Pantai Telunas

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Pantai Telunas – Sumber: brilio.net

Bila dilihat dari kejauhan, kamu bisa melihat susunan cottage yang terbuat dari kayu berpadu dengan air laut kebiruan, yang tentunya sangat indah. Kamu harus menempuh waktu sekitar 45 menit menggunakan perahu untuk bisa sampai ke Pantai Telunas nan elok itu.

3. Pantai Gading 

Ada lagi nih pantai yang patut kamu kunjungi atau Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun lainnya yang bisa kamu datangi. Namanya adalah Pantai Gading, pantai ini memiliki keunikan tersendiri dari pantai-pantai lainnya. Kamu bisa menemui tumpukan batu granit yang terhampar di sepanjang garis pantainya. Uniknya lagi, batu-batu granit itu tersusun secara alami.

Bahkan di kawasan pantai ini terdapat tangga yang konon katanya memiliki cerita misterius. Jumlah anak tangga akan berkurang setelah dinaiki. Misalnya, saat kamu naik jumlah anak tangganya 65, namun saat turun jumlah anak tangga berkurang menjadi 60. Penasaran? Silahkan berkunjung ke pantai ini dan rasakan sensasi mistisnya.

4. Gunung Jantan

Buat kamu yang menyukai pendakian, Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun juga punya loh. Salah satunya adalah  Gunung Jantan yang patut untuk di uji coba. Faktanya, Gunung Jantan merupakan titik tertingginya Kabupaten Karimun loh. Kamu akan menemukan spot terbaik yaitu menyaksikan kapal feri yang mengangkut penumpang dari ataupun menuju Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Gunung Jantan

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Gunung Jantan – foto Christian Chandra

Tidak hanya itu, kamu bisa melihat tata letak kota Tanjung Balai Karimun secara mnyeluruh dari puncak gunung ini. Bahkan, setelah menikmati pemandangan dari puncak dan kembali turun, kamu bisa beristirahat sambil menikmati segarnya Air Terjun Pongkar yang juga terkenal sebagai tempat wisata Tanjung Balai Karimun.

5. Coastal Area Tanjung Balai

tempat wisata di Tanjung Balai Karimun yang satu ini  berbeda dari tempat wisata sebelumnya. Coastal Area Tanjung Balai ini merupakan kawasan wisata terpadu yang berada di sekitar pesisir pantai. Tempat ini akan lebih indah apabila dinikmati pada malam hari. Terlebih jika cuaca malamnya bagus dan cerah, pemandangan yang bisa dinikmati dari Coastal Area Tanjung Balai ini akan semakin menawan.

Selain menjadi tempat nongkrongnya remaja setempat, di wilayah ini banyak ditemukan rumah makan, pusat perbelanjaan oleh-oleh bahkan wahana bermain untuk anak-anak loh. Nah, jadi untuk bila ingin menghabiskan malam di Tanjung Balai Karimun, sebaiknya kamu datang ke Coastal Area Tanjung Balai ya.

6. Masjid Agung Karimun

Masjid Agung Karimun adalah tempat wisata di Tanjung Balai Karimun yang menyajikan wisata religi. Selain difokuskan sebagai tempat beribadah umat Islam, banyak juga wisatawan luar yang berkunjung ke masjid ini untuk sekedar berfoto.

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Masjid Agung Karimun

Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun, Masjid Agung Karimun – Sumber: travel.detik.com

Arsitektur Masjid Agung Karimun menarik dan berdiri kokoh dengan didominasi warna hijau dan biru. Bahkan, masjid ini sangat diharapkan bisa terus berkembang dan menjadi pusat kegiatan umat Islam dalam berbagai sektor, termasuk sektor wisata religi.

Tidak hanya tempat wisatanya yang wajib kamu datangi, ini dia 6 Kuliner dan Makanan Khas Tanjung Balai Karimun, yang wajib kamu cicipi.

Leave a Reply