Desa Wisata

6 Tempat Wisata di Nabire Papua yang Indah

Pantai Monalisa

Foto: Wisato

Tempat Wisata di Nabire – Nabire, kabupaten di Teluk Cenderawasih ini lokasinya berada di ujung paling timur Provinsi Papua. Nabire dikenal eksotis karena memiliki keindahan alam yang memukau di hampir setiap sudutnya. Meski tidak semua potensi wisata di Kota Nabire telah dikelola secara profesional namun potensi wisata di sana sangat luar biasa.

6 Tempat Wisata di Nabire

1. Kwatisore

Kwatisore

Kwatisore – Foto: Wisato

Di Kwatisore Anda bisa berenang di laut lepas bersama ikan hiu paus dan whale shark atau hiu totol. Keunikan ikan-ikan hiu di sini yaitu memiliki bobot hingga 6 ton dan terkadang menggesek-gesekkan tubuhnya pada badan perahu nelayan, bahkan menemani Anda berenang mengarungi lautan.

Binatang-binatang laut tersebut terkesan begitu akrab dengan nelayan dan wisatawan. Hal ini dikarenakan kehidupan mereka selama ini memang dilindungi sehingga kehadiran manusia di dekatnya tidak membuat ikan-ikan tersebut merasa takut. Harga tiket masuk Kwatisore hanya Rp. 3.000,00 per orang.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC)

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih – foto updatetiket.com

TNTC atau Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional terbesar di Indonesia.  Dengan luas area sekitar 1.453.500 hektar yang terdiri atas hutan tropika, hutan mangrove dan terumbu karang, Taman Nasional Teluk Cendrawasih  dihuni oleh 150 spesies dari 15 family dan 290 jenis ikan.

Adanya sejumlah hewan langka yang dilindungi adalah daya tarik utama dari Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Diantara beberapa hewan langka tersebut adalah Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Riddle Pasific, Hiu Paus (Whaleshark) yang merupakan hewan terbesar di dunia, dan beberapa jenis hewan langka yang lain.

Harga tiket masuk ke TNTC sebesar Rp. 1.500,00 /orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000,00 /orang untuk wisatawan mancanegara. Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Nabire yang paling populer.

Baca Juga ya6 Tempat wisata di Waisai Kabupaten Raja Ampat

3. Air Terjuan Bihewa

Air Terjuan Bihewa Tempat Wisata di Nabire

Air Terjuan Bihewa, Tempat Wisata di Nabire – Foto: Tokopedia

Untuk menuju lokasi ini, pengunjung tidak perlu bersusah payah melakukan trekking yang menguras tenaga. Lokasi air terjun hanya berjarak sekitar 50 meter dari tempat parkir kendaraan.

Keistimewaan dari air terjun bihewa adalah adanya sap atau tingkat yang jumlahnya sebanyak 7 tingkat. Di setiap tingkat Anda akan menjumpai area untuk mandi, berenang dan bermain, serta spot-spot menawan untuk dijadikan latar belakang foto. Harga tiket masuk Air Terjun Bihewa adalah Rp. 20.000,00 per orang.

4. Pulau Ahe

Pulau Ahe Nabire

Pulau Ahe Nabire – foto idntimes

Tempat Wisata di Nabire selanjutnya adalah Pulau Ahe. Pulau Ahe dapat dikunjungi dengan cara menuju Satpol Air Polres Nabire yang ada di Pelabuhan Samabusa dengan jarak sekitar 30 menit dari Kabupaten Nabire. Dari pelabuhan tersebu Anda bisa menyewa kapal motor dengan biaya sekitar Rp. 100.000,00. Perjalanan memakan waktu 1 jam.

Pulau dengan luas sekitar 300 meter persegi ini memiliki bangkai pesawat tua peninggalan sekutu pada Perang Dunia II yang telah dipindahkan ke daratan. Ketika berada di Pulau Ahe, Anda akan merasakan sensasi sebuah pulau yang tenang dan nyaman.

Jangan lupa untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti berenang, snorkeling, atau diving, sebab area perairannya memiliki banyak terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan.

Di sana Anda juga bisa menikmati atraksi seni budaya yang ditampilkan oleh penduduk Pulau Ahe. Terkait akomodasi, di Pulau Ahe, sudah tersedia beberapa bungalow yang disewakan dan dapat dijadikan tempat Anda untuk bermalam.

Baca juga ya6 Pakaian Adat dari Papua yang harus kamu tahu

5. Danau Mamae

Potensi Tempat Wisata di Nabire yang layak untuk dieksplor selanjutnya adalah Danau Mamae yang berada di distrik teluk kimi Nabire. Tak hanya keindahan dari danau, kawasan wisata alam Danau Mamae juga menawarkan banyak aktivitas menarik seperti kolam pemancingan ikan hingga gunung yang bisa didaki.

Selain itu di sekitar Danau Mamae juga terdapat objek wisata Nabire lainnya yang tak kalah indah yaitu Air Terjun Kura-kura.

6. Pantai Monalisa

Pantai Monalisa Tempat Wisata di Nabire

Pantai Monalisa, Tempat Wisata di Nabire – Foto: Wisato

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat yang agak sepi, maka berpetualang ke Pantai Monalisa bisa menjadi pilihan. Lokasinya berada di Desa Samabusa, sekitar 8 km dari pusat Kota Nabire.

Pantai Monalisa memiliki beragam fasilitas yang memadai seperti pondok untuk bersantai, restoran hingga persewaan alat renang dan snorkeling. Asyik kan? Di sana juga terkenal dengan dermaga dan jembatan panjang yang terbuat dari kayu. Benar-benar tempat yang Instagrammable!

Untuk masuk ke Pantai Monalisa, Anda hanya dikenai tiket masuk seharga Rp. 20.000,00 per orang. Namun untuk berenang dan menyewa ban renang biasanya Anda akan ditarik biaya lagi antara Rp. 5.000,00 hingga Rp 20.000,00.

Leave a Reply