City Tour, Alam, Budaya, Danau

Mengenal Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Kota Tigi Kabupaten Deiyai – Kota Tigi adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Papua. Tepatnya berada di Kabupaten Deiyai. Kabupaten Deiyai adalah pemekaran dari Kabupaten Paniai pada tahun 2008 dengan ibukota kabupaten terletak di Tigi. Kota Tigi sendiri memiliki 7 kampung/kelurahan.

Menurut data sensus tahun 2013 total penduduk Kabupaten Deiyai berjumlah 75.869 jiwa, sedangkan penduduk yang menempati Tigi berjumlah 17.997 jiwa.

Perekonomian di Kabupaten Deiyai didominasi oleh bidang pertanian dengan menyumbang sebesar kurang lebih 57 % pendapatan daerah, disusul dengan sektor pertambangan dan penggalian.

Kontur tanah yang berada di Tigi Kabupaten Deiyai sendiri adalah berupa dataran sedang-tinggi dengan wilayah perbukitan sampai dengan  wilayah pegunungan.

Kira-kira apa saja ciri khas dari kota Tigi dan Kabupaten Deiyai ini ya? Yuk kita simak sama-sama!

Di Kota Tigi Kabupaten Deiyai, Ada Danau Tigi

Salah satu potensi wisata yang diprediksi akan menjadi pilihan wisata favorit adalah Danau Tigi. Danau ini terletak di kaki gunung Deiyai dan terletak di ketinggian 1.700 mdpl dengan kedalaman danau mencapai 150 meter.

Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Danau Tigi di Kota Tigi Kabupaten Deiyai – Foto: wikipedia.org

Untuk menuju Danau Tigi dari kota Tigi cukup dekat hanya memakan waktu 5 menit dengan kendaraan roda 4.

Karena letaknya yang berada di kaki gunung maka danau Tigi memiliki hawa udara yang sangat dingin. Di danau ini banyak dilakukan kegiatan masyarakat seperti memancing ikan menggunakan pancing atau pukat.

Baca Juga ya :

Bila kalian beruntung saat kesini sedang ada masyarakat yang memancing, kalian bisa lho membeli ikan hasil tangkapan warga dengan harga lebih murah dari harga pasar! Dijamin mereka akan senang sekali dengan kedatangan kalian.

Pulau Duamo, Tempat Wisata di Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Mengenal Kota Tigi Kabupaten Deiyai 1

Pulau Duamo di Tengah Danau Tigi – Foto: wisato.id

Masih di area Danau Tigi ternyata area ini masih punya keunikan lain loh! Jadi di tengah-tengah Danau Tigi terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Duamo.

Salah satu keunikan pulau ini adalah pada bagian depan pulau terdapat batu besar yang menyerupai wajah manusia. Di dalam pulau ini sendiri banyak terdapat gua-gua yang menjadi sarang burung walet.

Nah di salah satu gua ini terdapat patung Bunda Maria dan Yesus Kristus yang bahkan sampai saat ini masyarakat setempat tidak mengetahui siapa yang menaruh patung tersebut.

Pemandangan paling indah yang bisa kalian temui disini adalah ketika matahari terbenam, Dengan hawa yang dingin, ditemani gemericik air dan burung yang sesekali menyentuh permukaan air danau sambil melihat sunset dijamin akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Oya, pada bulan Desember biasanya masyarakat ada yang berkemah disini. Lalu bila sedang musim ikan Gurame, masyarakat sering mengadakan lomba memancing yang pastinya seru banget!

Telaga Paniai, Wisata baru di Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Mengenal Kota Tigi Kabupaten Deiyai 2

Telaga Paniai Kabupaten Deiyai Papua – Foto: indonesia-tourism.com

Masih bernuansa danau, di wilayah Kabupaten Deiyai terdapat tempat wisata yang bernama Telaga Paniai. Lokasi telaga ini persisnya berada di Kecamatan Paniai Timur.

Luas telaga ini mencapai 14.500 hektar dengan ketinggian 1.700 mdpl sama seperti ketinggian danau Tigi.

Keunikan Danau Paniai adalah disini merupakan tempat tinggal dari banyak ikan air tawar seperti ikan mas, mujair, nila, sampai udang endemik Papua dengan caput besar sehingga bila dilihat sepintas mirip kepiting. Oleh masyarakat setempat udang ini dinamakan udang selingkuh.

Telaga Paniai sendiri sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga fasilitas yang ada disini cukup lengkap. Mulai dari penyewaan perahu sampai pedagang makanan dan juga penginapan.

Jadi kalau kalian berkunjung kesini dan ingin menginap sambil merasakan sensasi menginap di pinggir danau eksotis Papua, tempat ini reccommended  banget deh!

Suku Mee, Suku Adat Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Kota Tigi Kabupaten Deiyai

Perkampungan Suku Mee di Kota Tigi Kabupaten Deiyai – Foto: wisatadeiyai.blogspot.com

Selain tempat-tempat yang eksotis, wilayah Tigi Kabupaten Deiyai juga memiliki ciri tersendiri dari penduduk yang menempati wilayahnya. Tidak jauh dari Danau Tigi terdapat sebuah perkampungan Suku Mee.

Ciri khas suku Mee adalah mereka bertempat tinggal di dekat Danau Tigi, Danau Paniai, Danau Tage, Lembah Kamu, dan pegunungan Mapiha.

Arti dari kata “Mee” sendiri adalah orang-orang yang sudah berakal budi. Dapat berpikir logis, dapat membedakan antara suku sendiri dan suku luar. Tapi memang penamaan ini terbukti benar karena dari suku Mee sendiri sudah banyak yang mengenyam pendidikan sampai ke bangku kuliah.

Suku Mee sendiri mempercayai bahwa dunia diciptakan oleh Ugatame yang terdiri dari 5 unsur yaitu roh, manusia, binatang, tumbuhan, dan benda-benda mati atau tidak berjiwa.

Kampung suku Mee sendiri memiliki sistem yang unik yaitu antar kampung terpisah dengan jarak berdekatan.

Setiap kampung yang terdiri dari lima desa atau lebih mendirikan sebuah ikatan semacam federasi dan setiap ikatan ini dipimpin oleh kepala yang disebut Tonowi.  Sedangkan rumah adat suku Mee dinamakan “eemaawaa”.

Selain ciri khas desa, suku Mee juga sering mengadakan upacara dengan nyanyian khas suku Mee. Nyanyian ini bila dipelajari lebih jauh dibungkus dengan nada tetratonis dimana suku ini melagukan nyanyian mereka dalam empat nada saja.

Nada yang ada dalam nyanyian mereka biasanya mencakup nada do, mi , sol, dan la. Nyanyian mereka memiliki banyak tema mulai dari pujian kepada pemimpin atau seseorang, ada juga yang bernada ejekan dan juga lagu untuk acara pernikahan.

 

 

Leave a Reply