Daftar Wisata, Alam, City Tour, Desa Wisata, Inspirasi, Itinerary, Pantai, Pengetahuan, Pulau

6 Tempat Wisata di Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Saumlaki Air Bomaki

Sumber: Wisatasia

Asalnya nama kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Tapi sejak awal tahun 2019, berubah menjadi Kepulauan Tanimbar dengan Kota Saumlaki sebagai ibukotanya. Kabupaten Kepulauan Tanimbar memiliki lambang daerah bernama Duan Lolat yang merupakan suatu hukum adat tertinggi yang intinya adalah semangat gotong-royong atau selalu saling membantu untuk melengkapi.

Di dalam lambang daerah dapat dilihat ada 3 orang berada di dalam perahu, pemilihan jumlah orang pun bukanlah tanpa alasan. Orang pertama memiliki gelar Sorlury yang artinya adalah pemegang kompas, dimaknai sebagai penunjuk arah. Gambar orang kedua memiliki gelar Saritual dan memiliki kendali atas perlengkapan kapal. Orang terakhir dalam gambar mewakili gelar Sormudin atau juru mudi perahu.

Layaknya kabupaten lainnya di Provinsi Maluku, Kota Saumlaki dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar juga menyimpan sejuta destinasi wisata yang tidak boleh dilewati. Berikut adalah 6 diantaranya dan menjadi favorit pengunjung.

1. Air Bomaki
Saumlaki Air Bomaki

Sumber: Wisatasia

Iklim yang lumayan panas tentunya kerap membuat masyarakat setempat dan juga pengunjung rasanya membutuhkan kesegaran. Destinasi satu ini merupakan piihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air di tengah alam terbuka. Nama destinasi ini adalah Air Bomaki.

Air Bomaki terletak di sebelah utara Kota Saumlaki tepatnya di Desa Bomaki Kecamatan Tanimbar Selatan. Jaraknya kira-kira 15km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Pengunjung dapat dengan puas berendam di sungai yang jernih ini dengan pemandangan tebing dan pepohonan yang masih sangat rimbun. Terdapat pula air terjun mini yang dapat dijelajahi dan dinikmati pengunjung.

2. Pantai Angormas

Pantai Angormas merupakan salah satu pantai yang populer karena pemandangannya yang cantik dan mengundang pengunjung untuk ber-selfie. Pengunjung dapat berjemur sambil menikmati suara deburan ombak yang menenangkan hati. Suasana di pantai Angormas ini juga tidak terlalu ramai jadi sesuai untuk pengunjung yang membutuhkan ketenangan.

3. Monumen Patung Kristus Raja
Saumlaki Monumen Patung Kristus Raja

Sumber: Jawaban.com

Monumen Patung Kristus Raja setinggi 25m menghias langit Kota Saumlaki dan merupakan destinasi wisata rohani bagi para pengunjung. Bentuknya hampir mirip dengan patung Christ The Redeemer yang ada di Rio de Janeiro.

Monument Patung Kristus Raja ini terletak di Desa Olilit dan berdekatan dengan Pantai Weluan. Terdapat 3 patung di area ini yaitu Patung Yesus Memberkati, Bunda Maria dan Yesus, dan Penyaliban Patung. Pemandangan yang luar biasa ditambah dengan pemandangan laut di sekitar area ini.

4. Desa Wisata Tumbur
Saumlaki Desa Wisata Tumbur

Sumber: Medkom.id

Desa yang terletak di Kecamatan Wertamrian ini tersohor karena kerajinan tangannya berupa patung dari kayu eboni yang dibuat oleh kaum lelaki dan kain tenun yang dibuat oleh kaum wanita. Bentuk patung kayunya bermacam-macam mulai dari lelaki dengan tombak atau orang di atas perahu, semua bentuk memiliki makna tersendiri.

Untuk patung kayu, biaya yang dipatok warga mulai dari Rp 75.000 tergantung pada tingkat kesulitan pembuatannya. Untuk kain tenun harga sangat beragam dan mulai dari Rp 500.000. Untuk menyambut para pendatang, warga setempat biasanya menggelar acara bakar kayu.

Bakar kayu merupakan ritual membuat kompor dari bebatuan dan kemudian warga akan mulai memasak makanan yang mayoritas terbuat dari umbi-umbian. Makanan tersebut kemudian akan dimasak ketika api sudah panas dan ditutup daun dan dilapisi oleh tanah untuk menahan panas di dalamnya.

5. Pantai Weluan
6 Tempat Wisata di Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar 1

Sumber: Wisatasia

Merupakan kebanggaan warga Saumlaki, di Pantai Weluan ini pengunjung dapat menikmati indahnya pantai serta jajanan yang ditawarkan oleh masyarakat setempat. Es kelapa muda, rujak, ikan bakar, dan masih banyak lagi jajanan yang bisa pengunjung coba untuk melengkapi kunjungan ke Pantai Weluan.

Pantai dengan pasir putih ini tentunya selalu bisa memanjakan pengunjung yang datang. Sekedar untuk duduk dan menghabiskan waktu ataupun menikmati waktu matahari terbenam bisa menjadi pilihan aktivitas para pengunjung.

6. Pantai Kelyar
Saumlaki Pantai Kelyar

Sumber: Aku Bukan Kamu

Warga setempat kerap menjuluki Pantai Kelyar ini sebagai Pantai Pertamina. Ombak di pantai Kelyar ini tergolong tenang dan aman untuk dikunjungi oleh keluarga yang memiliki anak kecil. Terdapat ayunan dan gazebo yang bisa pengunjung manfaatkan untuk bersantai, berfoto, dan menikmati suasana.

Sunset atau matahari terbenam di pantai Kelyar ini menjadi salah satu alasan pengunjung datang. Kecantikan pemandangan yang alami sungguhlah membawa ketenangan bagi siapapun yang melihat.

Baca juga:

6 Tempat Wisata di Piru Kabupaten Seram Bagian Barat

6 Tempat Wisata di Bula Kabupaten Seram Bagian Timur

Leave a Reply