6 Tempat Wisata di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Budaya, Bukit, City Tour, Desa Wisata, Inspirasi, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara

Langgur Gua Hawang

Sumber: Suara.com

Kabupaten Maluku Tenggara awalnya memiliki ibukota yang berada di Kota Tual kemudian berpindah ke Kota Langgur. Kabupaten Maluku Tenggara ini berbatasan langsung dengan Laut Banda di bagian utara dan timur, Laut Arafuru di bagian barat, dan Samudera Hindia dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat di bagian selatan.

Masyarakat setempat memiliki kuliner khas berupa tepung yang terbuat dari kasbi atau singkong beracun yang telah diolah dan dibuang bagian racunnya. Tepung ini kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti salah satunya adalah pisang goreng tepung embal, yang kerap menjadi buruan para pengunjung karena rasanya yang nikmat.

Masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara juga memiliki akar budaya dan adat istiadat yang kuat sudah diturunkan dari generasi jauh sebelum generasi saat ini. Kandungan nilainya sungguh bermakna tinggi dan memiliki peranan penting dalam bermasyarakat dan tentunya bisa dicontoh juga oleh masyarakat daerah lainnya.Nilai tradisi tersebut yaitu sebuah filosofi adat hukum Larvul Ngabal.

Hukum adat ini mengandung nilai-nilai yang mampu memelihara ketertiban serta hubungan antar masyarakat, menanamkan budaya gotong royong atau yang biasa disebut dalam bahasa lokal adalah budaya maren, serta kesadaran setiap masyarakat untuk menjaga kelestarian alam sekitar dengan sistem Hawear dimana masyarakat memanfaatkan hasil alam secara bijak dengan memperhatikan keberlangsungan ekosistem alam.

Semua nilai adat tersebut kemudian dapat menjaga kehidupan harmonis bukan sekedar antar masyarakat namun juga antara masyarakat dengan alam. Kecantikan alam Maluku Tenggara sungguhlah mempesona dan berikut terdapat 6 di antaranya.

1. Gua Hawang
Langgur Gua Hawang

Sumber: Suara.com

Letak tepatnya adalah di Hoat Sorbay, Letvuan, Kei Kecil, Letvuan, Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Berjarak 15km dari Langgur dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Terdapat kolam air tawar dimana pengunjung bisa berenang dan menikmati pemandangan bebatuan stalagmit dan stalaktit

Dalam bahasa setempat, Hawang memiliki arti kata yaitu “setan”. Ada berbagai mitos di Gua Hawang ini seperti dipercaya air di Gua Hawang dapat membuat orang yang berenang akan awet muda, lekas mendapat pasangan, hingga akan segera memiliki keturunan.

Selain itu, banyak juga orang yang melakukan ritual semedi di Gua Hawang Maluku ini karena dipercaya dapat membawa keberuntungan. Di dalam gua terdapat batu yang berdasarkan keterangan masyarakat setempat merupakan seorang pria pemburu dan 2 ekor anjingnya.

Diceritakan bahwa sang pria sedang berburu seekor babi hutan besera 2 anjingnya namun babi menghilang ke dalam gua. Pria tersebut marah setelah meminum air dan terasa pahit kemudian mengeluarkan sumpah serapah hingga akhirnya dikutuk menjadi batu.

Untuk dapat berkunjung kesini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan tarif masuk Rp 25.000 atau menaiki kendaraan umum dengan tarif Rp 7.000 untuk sekali perjalanan.

2. Pantai Ndur Mun Vatwahan Ohoidertutu
Langgur Pantai Ndur Mun Vatwahan Ohoidertutu

Sumber: Informasi Tempat Wisata di Indonesia

Wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya adalalah Pantai Ndur Mun Vatwahan Ohoidertutu yang ebrjarak 60km dari Langgur ke arah selatan Pulau Kei Kecil atau sekitar 1 jam perjalanan. Pengunjung yang datang akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih dan laut biru yang kecantikannya menghipnotis.

Dengan garis pantai sepanjang 3km, pengunjung dapat menikmati suasana dengan berenang dan melakukan aktivitas olahraga air lainnya. Kecantikan dunia bawah lautnya juga tidak kalah cantik untuk dinikmati. Ada satu lagi pemandangan cantik yang dapat dinikmati pengunjung yaitu pemandangan di area penyebaran penyu belimbing atau tabob.

3. Kepulauan Kei
Langgur Kepulauan Kei

Sumber: Travel Kompas

Leave a Reply