Mengenal Kota Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Budaya, Daftar Wisata, Tentang Kota, Tips Travelling

Mengenal Kota Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan

kota Ransiki Manokwari selatan

kota Ransiki Manokwari selatan - foto youtube Ari Koesmiadi,

Ransiki adalah salah satu distrik, sebutan kecamatan di tanah Papua, yang berada di kabupaten Manokwari Selatan. Ransiki pun merupakan ibukota dari kabupaten yang berada di provinsi Papua Barat itu. Kota Ransiki berada di bagian selatan kota Manokwari yang berjarak sekitar 150 km. Ransiki terdiri atas 13 desa yang terpencar di setiap bagiannya. 

Tentang Kota Ransiki Manokwari Selatan

kota Ransiki Manokwari selatan

kota Ransiki Manokwari selatan – foto youtube Ari Koesmiadi,

Sobat Jalan dapat mengunjungi Ransiki melewati jalur darat dengan kendaraan roda empat dan roda dua dengan jarak tempuh rata-rata 3 jam. Ransiki memiliki luas sekitar 1.180,20 kilometer persegi atau mencakup 41,96% wilayah kabupaten Manokwari Selatan.

Potensi wilayah yang dimiliki oleh Kota Ransiki mencakup bidang pertambangan dengan bahan tambang timah, dan potensi sebagai lahan pertanian padi yang dapat menghasilkan ratusan ton setiap panen. 

Dalam kesempatan kali ini, Sering Jalan akan mengenalkan kepada Sobat Jalan tentang keindahan dan keunikan dari kota Ransiki. Simak terus, ya!

Baca Juga ya :

Kota Ransiki Penghasil Coklat Super Nikmat

Bila mendengar kata Ransiki, yang langsung terlintas dalam pikiran adalah kokoa super nikmat yang dihasilkan di kota Ransiki. Produksi kokoa ini bahkan sudah dimulai ketika zaman penjajahan Belanda. Namun, masyarakat Ransiki, tepatnya di desa Abreso, mulai menekuni usaha ini dengan berdirinya perusahaan PT Cokran. 

Namun, sejak 2006, perusahaan ini pailit dan runtuh. Selama satu dekade ditinggalkan, pemerintah daerah memutuskan untuk mendirikan Koperasi Petani Cokran Eiber dimana koperasi membeli kokoa tersebut dari para petani dan menjual dengan harga sekitar 20 ribu rupiah per kilogram. Selain itu, koperasi ini juga mengolah kokoa tersebut menjadi cokelat olahan.

Kota Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan penghasil Cokelat Ransiki

Kota Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan penghasil Cokelat Ransiki – Sumber: bekraf.go.id

Cokelat yang dihasilkan pada kokoa dari Papua Barat ini pun berbeda dengan kokoa yang tumbuh di daerah lain. Cokelat ini menggunakan kokoa dengan kadar dark chocolate sebesar 72%.

Cokelat ini memiliki rasa yang unik. Rasa yang ditimbulkan tidak terlalu pahit walaupun terdapat kandungan dark chocolate yang tinggi. Malahan, rasanya cenderung creamy, nutty, dan earthy. 

Leave a Reply