6 Tari Adat Tradisional Jambi Yang Perlu Diketahui Oleh Anda - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

6 Tari Adat Tradisional Jambi Yang Perlu Diketahui Oleh Anda

6 Tari Adat Tradisional Jambi Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 1

Tari Adat Tradisional Jambi – Tari adat tradisional yang berasal dari Jambi menjadi salah satu tarian yang akan memperlihatkan berbagai suku. Mulai dari suku melayu, suku kerinci hingga melahirkan berbagai macam tarian. Nah, pada artikel ini akan kami memberikan beberapa contoh tarian.

Tari adat tradisional jambi yang akan disajikan oleh kami meliputi, Tari Inai, Sekapur Sirih, Rentak Besapih, Kubu, Kisan dan Rangguk. Berikut ini pembahasannya yang mengenai beberapa tarian tersebut.

Baca juga ya:

1. Tari Inai

6 Tari Adat Tradisional Jambi Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 2

Tari Inai, Tarian Jambi-cintaindonesia.web.id

Tari Inai merupakan salah satu tari adat tradisional Jambi yang dapat digunakan untuk upacara pengantin dari masyarakat melayu. Berarti, tari ini bukan hanya tersedia dijambi saja, melainkan di beberapa daerah melayu lainnya.

Bahkan, dulunya tari Inai bisa ditemukan di berbagai daerah Provinsi Kepulauan Riau. Tari Inai ini cukup beragam dan unik yang berasal dari beberapa daerah melayu.

Tari Inai pernah diusulkan untuk WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) nasional yang terjadi di tahun 2017 silam. Di Jambi, tari Inai ini dibawakan oleh para penari pria dengan gerakan ala-ala silat.

Pada umumnya, pelaksanaan dari tari ini biasanya diadakan pada malam hari setelah Sholat Isya yang berhubungan dengan upacara pengantin.

2. Tari Sekapur Sirih

6 Tari Adat Tradisional Jambi Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 3

Kunjungan Kementrian Hukum dan HAM-jambi.kemenkumham.go.id

Tari Sekapur Sirih adalah suatu tari adat tradisional jambi dalam rangka untuk memberikan penghormatan buat para tamu. Menurut sumber yang didapati, tari ini diciptakan oleh seorang seniman ternama Jambi yang bernama Firdaus Chatap pada tahun 1962.

Seringkali, tari ini dibawakan oleh dua penari pria dan sembilan penari wanita. Adapun satu penari pria yang ditugaskan untuk membawa payung. Properti yang digunakan biasanya, yaitu keris, payung dan cerano yang berisikan daun sirih.

Sedangkan untuk para penari akan mengenakan pakaian adat yang dimiliki oleh Jambi. Tarian ini memberikan makna bahwa mereka akan menyambut dengan penuh kasih sayang pada para tamu mereka.

Tari adat tradisional Jambi ini sudah menjadi sebuah tarian yang cukup dikenal oleh banyak warga masyarakat yang ada di Malaysia.

3. Tari Rentak Besapih

6 Tari Adat Tradisional Jambi Yang Perlu Diketahui Oleh Anda 4

Tarian Jambi, Tari Rentak Besapih-jambinetwork.com

Tari Rentak Besapih merupakan salah satu tarian yang berkaitan dengan sejarah dari Jambi. Tari ini akan menyajikan rentak step atau langkah yang berasal dari beberapa etnis hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh.

Bahkan, tari ini akan memperlihatkan nuansa yang keakraban serta saling menolong dan kerjasama.

Leave a Reply