Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat

Kue Bangkit, Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat

Kue Bangkit, Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat - foto coockpad.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki begitu banyak budaya, kuliner, suku dan juga wisatanya. Nah salh satunya adalah makanan khas masing-masing daerah yang juga tak kalah beragamnya. Salah satu makanan khas daerah yang akan kita bahas kali ini adalah makanan khas Stabat yang berasal dari kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Kota langkat adalah sebuah kabupaten yang terletak di Sumatra Utara, Indonesia. Ibu kotanya berada di Stabat. Kabupaten Langkat terdiri dari 23 Kecamatan dengan luas 6.272 km² dan berpenduduk sejumlah 902.986 jiwa.  Nama Langkat diambil dari nama Kesultanan Langkat yang dulu pernah ada di tempat yang kini merupakan kota kecil bernama Tanjung Pura, sekitar 20 km dari Stabat.

1. Bolu Kemejo

Bolu Kemejo

Bolu Kemejo – foto ccokpad.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat yang pertama adalah Bolu Kemejo. Kuliner khas langkat ini adalah salah satu jenis menu yang ada di kota Stabat dan wajib untuk kamu coba dan juga cicipin pada saat kamu bersama keluarga tercinta itu melakukan liburan. Bolu kemejo ini adalah satu jenis makanan yang sudah ada sejak jaman penjajahan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu makanan bolu kemejo ini di kenalkan dan di populerkan kembali oleh seorang ibu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya di buat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak di jual secara komersial apalagi di jual sebagai makanan oleh oleh kota pekanbaru.

2. Roti Jala, Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat

Roti Jala

Roti Jala – sumber:  wisatago.com

Makanan lain yang wajib untuk bisa kamu coba dan juga kamu cicipin ketika kamu datang ke kota stabat kabupaten langkat yaitu roti jala. Roti jala adalah makanan yang berupa roti. Adapun roti jala ini adalah jenis roti yang berasal dari Melayu Sumatera.

Biasanya makanan ini di suguhkan bersama kuah kari Melayu. Biasanya nih ketika orang itu menyantap makanan roti jala ini akan di santap dan juga di sajikan bersama dengan kari kambing dan acar nanas.

Bahkan di sini menurut seorang budayawan yang bernama M Muhar Omtatok, beliau menjelaskan bahwa makanan roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India. Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat ini tentunya menjadi kuliner wajib yang harus kamu coba ya.

Baca Juga ya :

3. Roti Canai

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

roti canai | resepmembuat.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat yang ke tiga yang wajib kamu coba dan juga kamu cicipi adalah roti canai. Roti canai atau roti jenis leper yang berbentuk bulat ini, merupakan satu makanan kegemaran di Malaysia.

Roti canai bisa di makan sebagai makanan pagi, tengah hari, petang, dan malam. Sering kali roti canai ini di makan bersama dengan teh tarik, atau teh ais. Biasanya untuk memakan roti canai di hidangkan dengan kuah dal atau parpu atau kari dengan sambal ikan bilis.

4. Roti Asidah

Asidah

Asidah – sumber : bungeko.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat lainnya yang wajib kamu coba adalah roti asidah. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis perpaduan rempah yaitu cengkeh, kayu manis dan daun pkamun.

Roti Asidah sebenarnya bisa kit ajumpai diberbagai kawasan di sumatera utara hingga riau khususnya orang melayu. Namun Roti Asidah khas kota stabat kabupaten Langkat yang satu memiliki rasa yang sedikit unik dan berbeda dari biasanya.

5. Kue Bangkit

Kue Bangkit

Kue Bangkit – foto coockpad.com

Kue Bangkit menjadi Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat selanjutnya yang juga harus kalian coba. Sekilas kue bangkit ini memiliki bentuk dan juga warna yang berbeda. Kue bangkit ini di masak dengan oven dan suhu yang cukup agar terasa empuk dan juga gurih.

Cara pembutan kue Bangkit juga cukup mudah. Caranya Rebus santan dan gula pasir sampai mendidih, diamkan hingga dingin. Setelah dingin, tambahkan essence pkamun, aduk rata.

Aduk margarin, butter dan gula halus sampai rata, tambahkan telur, aduk lagi. Setelah itu tambahkan tepung kanji/tapioka diselang seling dengan santan, aduk sampai rata. Ambil adonan secukupnya, gilas dengan ketebalan yang diinginkan, lalu cetak sesuai selera.

Kemudian pindahkan adonan yang sudah dicetak keatas loyang, taburi topping sesuai selera. Panggang sampai matang. Kemas di toples saat kue sudah benar-benar dingin dan siap disantap bersama keuarga.

6. Cencaluk

Cencaluk

Cencaluk – dapurakyat.id

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang terakhir adalah Cencaluk. Cencaluk sendiri adalah salah satu jenis makanan tradisional yang biasa di pakai untuk melengkapi lauk. Cencaluk terbuat dari udang berukuran kecil yang proses fermentasinya terjadi dengan bantuan mikrob. Salah satu mikrob yang berperan penting adalah kelompok bakteri asam laktat.

Udang yang digunakan untuk membuat cencaluk dinamakan udang geragau. Cara Memasak Cencalok juga cukup mudah. Caranya adalah bisa dengan ditumis dengan bawang dan cabai atau dengan menyampurkan perasan jeruk sambel atau dimasak dulu hingga matang baru dimakan dengan nasi yang masih hangat.

Leave a Reply