6 Kuliner dan Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat

Kue Bangkit, Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat

Kue Bangkit, Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat - foto coockpad.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki begitu banyak budaya, kuliner, suku dan juga wisatanya. Nah salh satunya adalah makanan khas masing-masing daerah yang juga tak kalah beragamnya. Salah satu makanan khas daerah yang akan kita bahas kali ini adalah makanan khas Stabat yang berasal dari kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Kota langkat adalah sebuah kabupaten yang terletak di Sumatra Utara, Indonesia. Ibu kotanya berada di Stabat. Kabupaten Langkat terdiri dari 23 Kecamatan dengan luas 6.272 km² dan berpenduduk sejumlah 902.986 jiwa.  Nama Langkat diambil dari nama Kesultanan Langkat yang dulu pernah ada di tempat yang kini merupakan kota kecil bernama Tanjung Pura, sekitar 20 km dari Stabat.

1. Bolu Kemejo

Bolu Kemejo

Bolu Kemejo – foto ccokpad.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat yang pertama adalah Bolu Kemejo. Kuliner khas langkat ini adalah salah satu jenis menu yang ada di kota Stabat dan wajib untuk kamu coba dan juga cicipin pada saat kamu bersama keluarga tercinta itu melakukan liburan. Bolu kemejo ini adalah satu jenis makanan yang sudah ada sejak jaman penjajahan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu makanan bolu kemejo ini di kenalkan dan di populerkan kembali oleh seorang ibu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya di buat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak di jual secara komersial apalagi di jual sebagai makanan oleh oleh kota pekanbaru.

2. Roti Jala, Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat

Roti Jala

Roti Jala – sumber:  wisatago.com

Makanan lain yang wajib untuk bisa kamu coba dan juga kamu cicipin ketika kamu datang ke kota stabat kabupaten langkat yaitu roti jala. Roti jala adalah makanan yang berupa roti. Adapun roti jala ini adalah jenis roti yang berasal dari Melayu Sumatera.

Biasanya makanan ini di suguhkan bersama kuah kari Melayu. Biasanya nih ketika orang itu menyantap makanan roti jala ini akan di santap dan juga di sajikan bersama dengan kari kambing dan acar nanas.

Bahkan di sini menurut seorang budayawan yang bernama M Muhar Omtatok, beliau menjelaskan bahwa makanan roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India. Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat ini tentunya menjadi kuliner wajib yang harus kamu coba ya.

Baca Juga ya :

3. Roti Canai

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Kerinci Pelalawan

roti canai | resepmembuat.com

Makanan Khas Stabat Kabupaten Langkat yang ke tiga yang wajib kamu coba dan juga kamu cicipi adalah roti canai. Roti canai atau roti jenis leper yang berbentuk bulat ini, merupakan satu makanan kegemaran di Malaysia.

Leave a Reply