6 Makanan dan Kuliner Khas Baa, Rote Ndao - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, Budaya

6 Makanan dan Kuliner Khas Baa, Rote Ndao

Lawar Ikan

Lawar Ikan - foto ig @friel_sit

Makanan dan Kuliner Khas Baa – Pulau Rote merupakan pulau yang berada di selatan Indonesia. Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki kaya akan adat dan budaya.

Rote Ndao merupakan nama kabupaten di pulau tersebut dengan Baa nama ibukotanya.

Sebagai ibukota, Baa menjadi salah satu tempat singgah jika berkunjung ke Pulau Rote.

Untuk lebih dekat dengan budaya Pulau Rote, mencicipi makanan khas sudah tentu kewajiban. Berikut adalah makanan dan kuliner khas Baa, Rote Ndao.

1. Gula Air

6 Makanan dan Kuliner Khas Baa, Rote Ndao 1

Gula Air_Sumber: rkb.id

Salah satu tumbuhan yang melimpah di Pulau Rote adalah lontar. Pohon lontar mudah ditemukan di Pulau Rote karena lingkungan yang tropis dengan tanah yang kering.

Pohon lontar menghasilkan air dengan bau harum dan rasa manis bernama nira. Air hasil sadapan ini dapat diolah menjadi berbagai produk seperti lempengan gula, gula air, dan gula semut.

Oleh karena itu, salah satu sumber daya dari Baa adalah air nira dari lontar yang dapat dijadikan berbagai produk khas Pulau Rote.

Untuk membuat gula air dari nira diperlukan waktu memasak sekitar tiga hingga empat jam. Prosesnya dimulai setelah petani mengambil air yang disadap dari lontar.

Mereka kemudian menungkan air tersebut ke dalam periuk. Empat periuk air dapat menghasilkan satu jirigen gula air.

Harga gula air ini beragam mulai dari Rp71.000-Rp100.000. Harga juga tergantung pada kualitas air yang dihasilkan. Gula air ini dapat dibeli di pasar-pasar di Kota Baa.

Baca Juga: 

2. Lawar Ikan

Lawar Ikan, Makanan dan Kuliner Khas Baa

Lawar Ikan,Makanan dan Kuliner Khas Baa – foto ig @friel_sit

Pulau Rote memiliki potensi perikanan yang tinggi. Salah satu makanan dan kuliner khas Baa adalah lawar ikan. Kuliner ini merupakan masakan dengan bahan dasar ikan.

Ikan yang dimasak merupakan ikan-ikan berukuran kecil seperti ikan teri atau paling besar adalah ikan sardine.

Cuka menjadi bumbu dasar dari  kuliner ini. Rempah lain sebagai penikmat lawar ikan adalah cabai rawit, daun kemangi, bawang merah, dan cabai padi.

Ikan untuk masakan ini seperti sardine harus diambil tulangnya terlebih dahulu. Setelah itu, siram ikan dengan cuka sebentar sambil menyiapkan bumbu yang lain.

Masak ikan dan tambahkan dengan rempah yang sudah disiapkan. Setelah matang, lawar ikan sangat nikmat disantap dengan nasi.

3. Susu Goreng

susu goreng kuliner khas Baa

susu goreng kuliner khas Baa

Susu goreng yang menjadi salah satu makanan dan kuliner khas Baa, Rote Ndao bukan berasal dari susu sapi, tetapi susu kerbau segar.

Olahan susu ini menghasilkan rasa yang gurih, manis dan legit.

Proses memasak salah satu makanan dan kuliner khas Baa ini dimulai menyaring susu kerbau segar. Penyaringan ini bertujuan agar tidak ada kotoran pada susu, seperti sisa bulu kerbau.

Rempah yang dibutuhkan pada campuran makanan ini adalah bubuk kayu manis. Kayu manis berfungsi agar bau susu kerbau tidak amis.

Selain itu, ada penyedap lain seperti gula lempeng, daun alo-alo dan sedkit getah pepaya agar susu menjadi kental.

Setelah bahan-bahan tersebut tercampur, susu dapat digoreng hingga mengering. Gula lempeng yang berasal dari lontar dapat digunakan untuk mengurangi rasa amis jika menggunakan kayu manis belum berkurang.

Gula lempeng dapat ditambahkan saat susu digoreng. Susu goreng dapat dibeli di kota Baa dengan harga sekitar Rp15.000 hingga Rp30.000.

4. Jagung Bose

6 Makanan dan Kuliner Khas Baa, Rote Ndao 2

Jagung Bose_Sumber: cookpad.com/meylan

Leave a Reply