Uncategorised, Kuliner

6 Makanan Khas Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT

Jagung Cetemak, Makanan Khas Ruteng

Jagung Cetemak, Makanan Khas Ruteng

Makanan Khas Ruteng – Ruteng adalah salah satu kecamatan yang menjadi ibukota Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Manggarai sendiri terletak di Pulau Flores. Ruteng terkenal dengan iklimnya yang sejuk karena berada di ketinggian. Keindahan alam dan kentalnya warisan budaya juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Ruteng.

Kelebihan Ruteng juga didukung dengan aneka macam kuliner khas Nusa Tenggara Timur. Apa saja sih makanan unik asli dari Ruteng? Yuk, lihat daftar dibawah ini.

1. Kompiang

Kompiang, Makanan Khas Ruteng

Kompiang, Makanan Khas Ruteng – sumber : labuanbajoteour.com

Kompiang atau dikenal juga dengan nama kompyang merupakan makanan khas Ruteng yang menjadi ciri dari Kabupatn Manggarai. Kompiang adalah makanan yang erat dengan sejarah. Terutama, di daerah Asia Tenggara. Kompiang sendiri merupakan hasil perpaduan dari dua budaya. Bentuknya oval dan berwarna kecoklatan.

Kompiang merupakan roti yang penampilannya mirip onde-onde karena ada taburan wijen di atasnya. Roti ini bisa dibilang mirip bakpau juga karena bentuknya. Konon roti ini adalah hasil adaptasi dari budaya Tionghoa.

Bahannya adalah tepung terigu, ragi, gula, susu, dan bisa ditambah bahan isian berupa daging-dagingan. Kemudian dibentuk adonan dan dipanggang dengan tungku tradisional. Teksurnya lebih keras dibanding roti lain sehingga roti ini cocok saat dicelupkan ke minuman hangat seperti kopi.

Baca juga : 6 Kuliner dan Makanan Khas Betun Kabupaten Malaka

2. Kopi Flores Manggarai

Kopi Flores Manggarai

Kopi Flores Manggarai, sumber :kompasiana/com/heruriswan

Siapa yang tidak tahu dengan kopi yang sudah mendunia ini? Kopi Flores merupakan sejenis kopi arabika. Cita rasanya sangat unik karena terdapat harum bunga, kacang-kacangan, karamel, dan tembakau. Rasa ini merupakan hasil asli dari kopi yang ditanam di daerah Flores yang punya iklim sangat unik dibandingkan tempat lain di dunia.

Kopi Flores yang cukup terkenal ada dua yakni Bajawa dan Manggarai. Khusus untuk kopi Flores Manggarai ada rasa seperti lemon yang membuat cocok dibuat es kopi. Kopi Flores Manggarai cocok untuk kamu pencinta kopi yang tidak terlalu suka rasa pahit. Kopi ini sempat menjadi juara kopi terbaik se-Indonesia di tahun 2015.

Kopi sendiri bagi masyarakat Manggarai memiliki ikatan yang kuat dengan adat daerah asalnya. Hal ini karena ada jenis kopi yang tidak bisa tumbuh selain di tempat tersebut.

3. Minuman Sofi

Minuman Sofi khas flores

Sofi, minuman khas flores – sumber : kompasiana.com

Sofi adalah salah satu minuman asli yang hanya di temukan di Ruteng. Minuman ini merupakan arak khas Ruteng. Minuman ini dihasilkan dari proses fermentasi gula aren. Bisa dibilang kadar memabukannya cukup tinggi sampe bisa dibilang rajanya arak.

Keunikan minuman sofi ini katanya jika diteteskan pada keramik akan memunculkan cahaya. Hal ini akibat adanya proses pembakaran dengan udara sekitar atau proses penguapan. Waduh, berarti minuman ini keras sekali ya! Bayangkan jika ada di perut, pasti orang-orang tertentu saja yang sanggup minum ini.

4. Jagung Catemak, Makanan Khas Ruteng

Jagung Catemak, Makanan Khas Ruteng

Jagung Catemak, Makanan Khas Ruteng – sumber : lifestyle.okezone.com

Hasil bumi yang cukup banyak dijadikan pangan di Nusa Tenggara Timur adalah jagung. Jagung disana bisa menjadi bahan pangan pokok yang diolah menjadi berbagai jenis makanan. Di Manggarai jagung catemak adalah makan penutup.

Cara membuatnya adalah rebus jagung ditambah campuran labu lilin, kacang tanah, kacang hijau, dan sayuran. Lalu tambahkan garam untuk menambah rasa. Bisa tambahkan daun papaya, daun ubi, dan sayuran lain sesuai keinginan. Nah, setelah matang, jagung catemak pun siap dimakan!

5. Sombu gaplek

Sombu Gaplek, Makanan Khas Ruteng

Sombu Gaplek, Makanan Khas Ruteng – sumber : cendananews.com

Makanan Khas Ruteng  Selanjutnya adalah Sombu gaplek. Makan ini tercatat sebagai salah satu makan daerah yang ada di Ruteng khususnya di wilayah kabupaten Manggarai. Bahan dasar yang digunakan adalah singkong. Singkong kemudia dikeringkan dan ditumbuk agar menjadi tepung singkong.

Tepung kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah dari pohon Tuak. Campuran ini harus dicampur dengan baik sampai rata. Kemudian adonan dikukus dengan bambu memakai periuk tanah. Sombu gaplek dihidangkan saat ada acara khusus seperti acara adat, pesta panen, atau penyambutan tamu oleh pemerintah setempat.

6. Kukih Surabe

Kukih Surabe, Makanan Khas Ruteng

Kukih Surabe, Makanan Khas Ruteng – sumber : travel.kompas.com

Kukih Surabe adalah Makanan Khas Ruteng lainny ayang juga wajib kalian coba. Makanan ini berbahan dasar dari ubi kayu atau beras yang dihaluskan. Kadang digunakan juga ubi-ubian lain seperti ubi keladi atau ubi talas.

Makanan Kukih Surabe menjadi suguhan saat ada acara besar atau acara adat contohnya peresmian gereja, kunjungan tamu, dan masih banyak lagi. Resep kukih surabe merupakan warisan turun temurun sejak dahulu kala.

Baca juga : 5 Tempat Wisata di Ruteng Kabupaten Manggarai

Itulah beberapa makanan khas dari Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang bisa kamu coba cicipi. Manakah yang sesuai dengan seleramu?

Leave a Reply