6 Kuliner dan Makanan Khas Ende, NTT yang Wajib Dicoba! - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Ende, NTT yang Wajib Dicoba!

Makanan Khas Ende

Sayur Rampe,Makanan Khas Ende

Makanan Khas Ende – Ende adalah nama salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Ende terletak di Pulau Flores. Ende juga merupakan nama kota yang menjadi ibukota kabupaten tersebut.

Dari segi parwisata, Ende punya banyak potensi yang dapat dikunjungi. Ende merupakan lokasi yang dikelilingi gunung dan pantai. Gunung yang mengelilingi antara lain Gunung Iya, Gunung Meja, dan Gunung Wongge. Pantainya pun sangat indah dan punya keunikan dari air laut. Tak hanya itu, ada danau yang unik dengan berbagai warna yaitu danau Kelimutu.

Selain wisata alam, Ende juga punya wisata kuliner yang unik. Kuliner dan Makanan Khas Ende apa saja sih yang bisa disantap saat berkunjung ke sini?

1. Daging Se’i

Sei ende, Makanan Khas Ende

Sei ende, Makanan Khas Ende – sumber : tangerangcorner.com

Se’i adalah daging khas dari Nusa Tenggara Timur. Memang, makanan ini juga terkenal di daerah lain di provinsi tersebut. Termasuk di Ende, se’i juga menjadi Makanan Khas Ende yang tak boleh ketinggalan untuk dicoba. Se’i merupakan daging asap khas yang proses pembakaran secara tradisonal menggunakan kayu bakar.

Se’i merupakan makanan yang berkembang. Dahulu daging yang digunakan adalah daging rusa, namun akibat mulai punahnya populasi rusa, daging diganti dengan sapi atau babi. Cara memasaknya adalah daging diiris sangat tipis kurang lebih 3 cm. Lalu, beri bumbu berupa rempah-rempah spesial.

Pengasapan Daging dilakukan dengan kayu kosambi sehingga daging keluar aroma khas. Proses ini dilakukan hingga 9 jam. Proses ini menghasilkan rasa daging yang berbeda dari lainnya. Wajib dicoba ya!

2. Uwi Ai Ndota

Uwi Ai Ndota, Makanan Khas Ende

Uwi Ai Ndota, Makanan Khas Ende – sumber : travel.tribunnews.com

Makanan Khas Ende selanjutnya yang bisa kalian coba adalah Uwi Ai Ndota yakni Makanan ini berbahan dasar ubi kayu khas Ende atau ubi nuabosi. Ubi nuabosi adalah jenis ubi yang hanya bisa tumbuh di Ende. Karena berbahan dasar ubi, makanan ini kaya akan karbohidrat.

Untuk membuatnya bisa dilakukan dengan cara sederhana. Pertama, siapkan dulu singkong yang akan dikupas. Setelah dikupas, bersihkan singkong agar tidak ada sisa kotoran yang menempel. Singkong yang sudah bersih diparut atau dicincang kemudian diperas hingga habis airnya. Proses selanjutnya ubi disimpan dalam wadah, ditaburi garam, dan di kukus hingga matang. Makanan ini termasuk terkenal loh di Ende!

Baca juga : 

3. Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende

Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende

Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende – sumber : cendananews.com

Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende yang cukup mudah dijumpai diberbagai warung makan di kota Ende. Rumpu rampe dikenal juga dengan nama Ngeta. Kalau di Jawa, makanan ini mirip dengan yang namanya urap tapi sayurannya berbeda.

Rumpu rampe sendiri adalah makanan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang berada disekitar seperti daun singkong, daun kelor, gedebong pisang, dan daun atau bunga pepaya. Untuk membuat rumpu rampe, pertama seluruh bahan dicuci sampai bersih.  Setelah itu bahan dipotong sesuai selera atau kecil-kecil. Kemudian bahan direbus hingga matang.

Leave a Reply