Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Ende, NTT yang Wajib Dicoba!

Makanan Khas Ende

Sayur Rampe,Makanan Khas Ende

Makanan Khas Ende – Ende adalah nama salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Ende terletak di Pulau Flores. Ende juga merupakan nama kota yang menjadi ibukota kabupaten tersebut.

Dari segi parwisata, Ende punya banyak potensi yang dapat dikunjungi. Ende merupakan lokasi yang dikelilingi gunung dan pantai. Gunung yang mengelilingi antara lain Gunung Iya, Gunung Meja, dan Gunung Wongge. Pantainya pun sangat indah dan punya keunikan dari air laut. Tak hanya itu, ada danau yang unik dengan berbagai warna yaitu danau Kelimutu.

Selain wisata alam, Ende juga punya wisata kuliner yang unik. Kuliner dan Makanan Khas Ende apa saja sih yang bisa disantap saat berkunjung ke sini?

1. Daging Se’i

Sei ende, Makanan Khas Ende

Sei ende, Makanan Khas Ende – sumber : tangerangcorner.com

Se’i adalah daging khas dari Nusa Tenggara Timur. Memang, makanan ini juga terkenal di daerah lain di provinsi tersebut. Termasuk di Ende, se’i juga menjadi Makanan Khas Ende yang tak boleh ketinggalan untuk dicoba. Se’i merupakan daging asap khas yang proses pembakaran secara tradisonal menggunakan kayu bakar.

Se’i merupakan makanan yang berkembang. Dahulu daging yang digunakan adalah daging rusa, namun akibat mulai punahnya populasi rusa, daging diganti dengan sapi atau babi. Cara memasaknya adalah daging diiris sangat tipis kurang lebih 3 cm. Lalu, beri bumbu berupa rempah-rempah spesial.

Pengasapan Daging dilakukan dengan kayu kosambi sehingga daging keluar aroma khas. Proses ini dilakukan hingga 9 jam. Proses ini menghasilkan rasa daging yang berbeda dari lainnya. Wajib dicoba ya!

2. Uwi Ai Ndota

Uwi Ai Ndota, Makanan Khas Ende

Uwi Ai Ndota, Makanan Khas Ende – sumber : travel.tribunnews.com

Makanan Khas Ende selanjutnya yang bisa kalian coba adalah Uwi Ai Ndota yakni Makanan ini berbahan dasar ubi kayu khas Ende atau ubi nuabosi. Ubi nuabosi adalah jenis ubi yang hanya bisa tumbuh di Ende. Karena berbahan dasar ubi, makanan ini kaya akan karbohidrat.

Untuk membuatnya bisa dilakukan dengan cara sederhana. Pertama, siapkan dulu singkong yang akan dikupas. Setelah dikupas, bersihkan singkong agar tidak ada sisa kotoran yang menempel. Singkong yang sudah bersih diparut atau dicincang kemudian diperas hingga habis airnya. Proses selanjutnya ubi disimpan dalam wadah, ditaburi garam, dan di kukus hingga matang. Makanan ini termasuk terkenal loh di Ende!

Baca juga : 

3. Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende

Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende

Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende – sumber : cendananews.com

Rumpu Rampe, Makanan Khas Ende yang cukup mudah dijumpai diberbagai warung makan di kota Ende. Rumpu rampe dikenal juga dengan nama Ngeta. Kalau di Jawa, makanan ini mirip dengan yang namanya urap tapi sayurannya berbeda.

Rumpu rampe sendiri adalah makanan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang berada disekitar seperti daun singkong, daun kelor, gedebong pisang, dan daun atau bunga pepaya. Untuk membuat rumpu rampe, pertama seluruh bahan dicuci sampai bersih.  Setelah itu bahan dipotong sesuai selera atau kecil-kecil. Kemudian bahan direbus hingga matang.

Bahan yang sudah siap ditiriskan dan ditambahkan sedikit garam untuk mengurangi rasa pahit. Lalu cuci lagi sampai bersih. Tambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, dan terasi udang yang sudah dihaluskan dan ditumis. Jadilah makanan unik nan enak yang sangat sedap dan gurih.

4. Kue Alu Ndene

Kue Alu Ndene, Makanan Khas Ende

Kue Alu Ndene, Makanan Khas Ende – sumber : ayojalanjalan.com

Kalau yang satu ini dikenal juga sebagai makanan unik yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung ke Ende. Alu ndene dan uwi ai ndota memiliki hubungan yang sama yaitu dibuat dari ubi nuabosi. Kelezatnya menjadikan KueAlu Nede menjadi salah satu kuliner dan Makanan Khas Ende yang paling sering dicari wisatawan.

Bahan utama makanan ini merupakan air sisa perasan ubi. Air perasan tersebut kemudian diendapkan dan dibiarkan sampai mengering. Hasil dari proses tersebut adalah tepung yang disebut “Alu”.

Alu kemudian dibuat menjadi camilan. Buat adonan yakni campuran alu, kelapa parut, dan garam. Adonan kemudian dimasak dengan cara ditempelkan pada wajan sambil dipipihkan dengan tempurung kelapa. Panaskan kedua sisi sampai matang lalu tambahkan gula merah.

5. Nasi Kacang Merah

Nasi Kacang Merah, Makanan Khas Ende

Nasi Kacang Merah, Makanan Khas Ende – sumber : travel.detik.com

Nasi Kacang Merah ini merupakan nasi yang jadi salah satu pilihan karbohidrat warga Ende. Cara membuatnya adalah dengan mencampur beras putih dengan kacang merah sehingga hasil akhir nasinya berwarna merah.

Kacang merah menyatu dengan nasi putih dan jadi rasa yang unik. Agar lebih sedap, bisa tambahkan lauk pauk untuk menemani. Harga dimulai dari 20.000 rupiah. Makanan Khas Ende yang satu ini biasanya dijual diwarug makan atau di pasar karena cukup mudah dijumpai dan menjadi makanan sehari-hari.

6. Keripik Ubi Nuabosi

Keripik Ubi Nuabosi, Makanan Khas Ende

Keripik Ubi Nuabosi, Makanan Khas Ende – sumber : tokopedia.com

Makanan Khas Ende yang terakhir dan bisa kalian coba rasanya adalah Keripik Ubi Nuabosi. Seperti yang disebutkan sebelumnya ubi nuabosi hanya ditemukan di Ende. Nah, kamu bisa merasakan ubi nuabosi dalam bentuk keripik.

Banyak usaha rumahan yang memproduksi ini. Teksturnya seperti keripik singkong. Adapun varian rasa seperti asin, balado, jagung manis, keju, dan manis. Harga mulai dari 15.000 rupiah per bungkus.

**

Itulah enam makanan khas Ende, Nusa Tenggara Timur yang bisa kalian coba rasanya. Jika ke Ende, manakah yang jadi favoritmu?

Leave a Reply