Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan

Makanan khas blambangan umpu

Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu – Kuliner menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Setiap daerah memiliki makanan khas dengan keunikannya masing – masing. Indonesia termasuk salah satu negara yang terdiri dari berbagai daerah. Tak heran jika Indonesia juga kaya akan aneka kuliner yang selalu menarik untuk dicoba.

Lampung menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak kuliner dan makanan khas.

Baca juga artikel ini untuk menambah pengetahuan mu seputar Blambangan Umpu :

Daftar Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu yang Harus Kamu Coba

1. Gulai dalam Buloh

6 Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan 3

Gulai Dalam Buloh – sumber: bowosusilo.com

Olahan ikan ini adalah salah satu makanan khas Blambangan Umpu. Gulai merupakan sayur dengan kuah santan dan rempah – rempah, sedangkan buloh (buluh) adalah sebutan untuk bambu. Seperti namanya,  makanan ini berupa ikan yang diberi santan dan rempah – rempah kemudian dimasak di dalam bambu.

Rempah – rempah yang digunakan untuk masakan ini antara lain kunyit, cabai hijau, bawang putih dan batang serai. Bumbu tersebut kemudian dicampur dengan ikan. Kemudian, ikan yang telah dibumbui ini di masukkan ke dalam bambu kemudian dibakar.

Untuk mencicipi citarasa segar yang khas dari masakan ini, kamu harus berkunjung ke Kampung Jukuh Batu. Hal ini dikarenakan olahan ini sulit ditemukan di daerah lainnya.

2. Nasi Ibat

6 Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan 4

Nasi Ibat – sumber: yandigsa.com

Gulai dalam buloh belum lengkap kalau kamu menyantapnya tanpa nasi  ibat. Ya, panganan ini biasanya disajikan dengan segarnya gulai dalam buloh. Nasi ibat merupakan nasi putih yang di masak dengan dibungkus daun pisang. Selain memberikan aroma yang khas, daun pisang juga mampu mempertahankan suhu nasi agar tetap hangat selama 12 jam tanpa basi.

3. Mie Nyonyor

6 Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan 5

Mie nyonyor – Sumber : Instagram

Dateng ke Blambangan Umpu belum lengkap kalau belum nyobain kuliner yang satu ini. Mie dengan cita rasa pedas ini siap manjain lidah kamu para pecinta pedas.  Nah, untuk takaran pedasnya, kamu bisa memilih mulai dari level 0 sampai level 10.

Untuk mencicipi mie yang satu ini, kamu bisa langsung dateng ke Restoran Mie Nyonyor (angger) yang terletak di jalan Jendral Sudirman, Umpu Bakti, Blambangan Umpu. Lokasinya kamu bisa cek di sini.

4. Mie Balak

Kuliner selanjutnya masih seputar mie. Kalau kamu jalan – jalan di sekitaran stasiun kereta api Blambangan Umpu, kamu wajib nyobain olahan mie yang satu ini.

Dalam bahasa Blambangan Umpu, Balak berarti besar. Sesuai dengan namanya, Mie Balak merupakan mie yang di sajikan dengan porsi jumbo. Lidah kamu akan dimanjakan dengan kuah mie yang kental. Harga kuliner ini pun cukup murah, hanya 7 ribu rupiah saja untuk satu porsinya.

Baca juga :

5. Seruit

6 Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan 6

Buat kamu yang suka makanan pedes, kamu harus nyobain makanan khas Blambangan Umpu ini. Biasanya sambal seruit disajikan dengan ikan bakar dan lalapan. Apalagi jika kamu menyantapnya dengan nasi panas.

Sambal ini terbuat dari cabe merah, cabe rawit, terasi, tomat kecil dan air jeruk nipis. Semua bahan dicampur kemudian ditumbuk hingga halus, terakhir masukan perasan air jeruk nipis.

6. Segubal

6 Kuliner dan Makanan Khas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan 7

Segubal – Sumber : Lampungbarat.go.id

Segubal merupakan makanan khas way kanan yang sudah jarang ditemukan. Makanan ini berupa ketan putih yang dimasak dengan cara dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini biasanya ditemui di acara – acara tertentu seperti pernikahan atau acara adat lainnya.

Cara membuatnya cukup mudah, ketan dicampur dengan santan lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus hingga matang.

Itulah daftar makanan khas Blambangan Umpu yang recommended buat kamu cobain ketika berkunjung ke Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Selamat berkuliner!

Jangan lupa untuk baca juga artikel menarik lainnya:

Leave a Reply