Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim

Makanan Khas Muara Enim

Makanan Khas Muara Enim

Makanan khas Muara Enim – Indonesia seringkali disebut sebagai “Surga dunia”, hal tersebut tidak lepas dari keindahan alam yang dimiliki Indonesia yang seringkali dijadikan destinasi wisata serta aneka makanan khas yang siap memanjakan lidah para wisatawan. Salah satu daerah yang menyajikan wisata kuliner yang menarik adalah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Daftar Makanan yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung ke Muara Enim

Berikut rekomendasi kuliner dan makanan khas Muara Enim yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kabupaten Muara Enim

1. Ikan Kerutuk

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim 3

Ikan Kerutuk. Foto : Instagram/rias_kitchen1

Buat kamu si pecinta pedas, jangan lewatkan untuk cicipi makanan satu ini kalau berkunjung ke Muara Enim. Perpaduan ikan dan bumbu pedas pada sajian ikan kerutuk ini dijamin bisa buat lidah kamu bergoyang.

Ikan kerutuk merupakan ikan yang ditumis dengan bumbu halus seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan lengkuas. Biasanya ikan yang digunakan untuk sajian ini adalah ikan nila, tapi kamu  juga boleh menggantinya dengan ikan lain.

2. Tempoyak

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim 4

Tempoyak. Foto : Cookpad.com

Tempoyak adalah salah satu makanan khas Muara Enim. Makanan ini merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Awal mula tujuan pembuatan tempoyak ini agar durian dapat bertahan lebih lama.

Proses pembuatan tempoyak ini cukup mudah. Pertama, pilihlah durian yang sudah matang. Pisahkan daging buah durian dari bijinya. Kemudian daging buah durian diberi garam lalu simpan di tempat tertutup selama 3 hari. Tempoyak ini bisa langsung dimakan dengan nasi ataupun diolah jadi masakan lain lho. Tempoyak biasanya dijual dengan harga 50-60 ribu rupiah per kilogram.

3. Brengkes Tempoyak

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim 5

Brengkes tempoyak. Foto : DetikFood

Ada yang suka Pepes ? Nah buat kamu yang suka dengan makanan yang dibungkus daun pisang ini, wajib cobain Brengkes tempoyak atau Pepes tempoyak khas Muara Enim. Makanan yang terbuat dari perpaduan ikan dan tempoyak ini memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi lho.

Cara membuatnya cukup mudah, ikan dilumuri dengan tempoyak dan bumbu halus kemudian diamkan kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap. Bumbu halus biasanya terdiri dari bawang merah, cabai, kunyit dan laos. Setelah itu, bungkus campuran ikan, tempoyak dan bumbu halus menggunakan daun pisang lalu bakar diatas bara api hingga matang. Nah buat kalian yang penasaran dengan rasanya, kalian bisa kok membelinya di restoran. Biasanya makanan ini dijual dengan harga sekitar 40 ribu rupiah.

Baca juga :

4. Bekasam

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim 6

Bekasam. Foto : merahputih.com

Masih seputar olahan ikan, kali ini ada Bekasam. Makanan ini merupakan hasil fermentasi campuran ikan air tawar dan nasi. Pengolahannya cukup simpel yaitu dengan menambahkan garam pada campuran ikan dan nasi lalu disimpan dalam wadah tertutup selama ± 1 minggu.

Untuk menikmati bekasam, biasanya bekasam diolah dengan cara di tumis kemudian disajikan dengan nasi hangat. Bekasam mengandung asam laktat yang baik untuk sistem pencernaan dan dapat mengendalikan tingkat serum kolesterol dalam darah. Selain kaya akan manfaat, bekasam juga dijual dengan harga yang terjangkau yaitu 20 ribu rupiah untuk 150gr bekasam. Kamu juga bisa beli secara online disini.

5. Bubur Kinco

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim 7

Bubur Kinco. Foto : Cookpad.com

Salah satu makanan khas Muara enim yang harus kamu cobain adalah bubur kinco. Makanan ini memadukan lezatnya ketan dengan saus durian dan cempedak. Masyarakat Muara Enim biasanya membuat olahan ini menjelang musim panen durian berakhir.

Pembuatan saus durian yaitu dengan mencampur santan dengan lempok (dodol durian), kemudian masukan cempedak yang sudah dipisahkan dari bijinya dan sudah dijemur. Masak hingga saus mengental kemudian tuang saus ke atas ketan. Bubur kinco lebih nikmat disajikan saat masih hangat.

6. Kopi Semendo

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Enim 8

Kopi Semendo. Foto : Kompasiana.com

Berkunjung ke Muara Enim belum lengkap kalau belum menikmati kopi kebanggaan Muara Enim ini. Kopi dengan paduan rasa rempah menjadi ciri khas dari kopi semendo. Terdapat dua jenis biji kopi semendo yakni robusta semendo dan arabika semendo.

Robusta semendo memiliki tekstur lebih tebal dengan rasa lebih ke coklat dan sedikit rempah – rempah. Sedangkan arabika semendo rasanya lebih asam, sedikit rasa buah, tidak pahit dan beraroma seperti brown sugar. Untuk menikmati kopi ini, kamu bisa membeli kopi semendo tubruk seharga 17 – 20 ribu per 250 gram. Kamu juga bisa mengunjungi kedai – kedai kopi di sekitaran Muara enim yang menyediakan kopi semendo.

Leave a Reply