Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Desa Wisata

5 Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan – Blambangan Umpu adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung dan sudah resmi ada sejak tahun 1920. Blambangan Umpu merupakan kawasan kota tua yang berjarak sekitar 11 km dari jalan lintas tengah Sumatera yang menjadi jalan penghubung antar provinsi di Sumatera.

Sedikit berbicara seputar sejarah Blambangan Umpu, bahwa penduduk yang ada di Blambangan Umpu awalnya berasal dari Tiyuh Tuha yang berada di tepi sungai Way Umpu. Karena Tiyuh Tuha sering dilanda banjir, maka para pennduduk pindah ke tempat yang lebih tinggi yang berjarak hanya sekitar 500 meter. Daerah baru itulah yang akhirnya hingga kini disebut sebagai Blambangan Umpu.

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan - Sumber : Lampung.com

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan – Sumber : Lampung.com

Untuk wisata sendiri, wilayah Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan memiliki banyak wisata alam yang dapat memanjakan pengunjung. Wisata alam yang terkenal di Way Kanan adalah air terjun, karena daerah ini cukup banyak air terjun yang memiliki pemandangan yang eksotis.

1. Air Terjun Curup Gangsa

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan  yang pertama adalah ir Terjun Curup GangsaBertinggi kurang lebih 50 meter dan lebar hingga sekitar 20 meter serta aliran air yang deras membuat obyek wisata Air Terjun Curup Gangsa ini menjadi salah satu keindahan alam yang begitu mempesona di Kabupaten Way Kanan.

Baca Juga :

Dibawahnya aliran air yang membentuk sungai dengan dihiasi batu-batuan besar di sekitarnya menambah kesan indah yang ditawarkan di tempat ini. Airnya yang begitu segar juga sangat cocok digunakan untuk main basah-basahan ataupun sekedar untuk membasuh wajah.

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan, Air Terjun Curup Gangsa

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan, Air Terjun Curup Gangsa : Jejakpiknik.com

Namun harus berhati-hati jika berjalan menyusuri aliran air di bawah air tejun, karena batuan-batuan yang berada di Air Terjun Curup Gangsa ini cukup tajam dan licin.

Lokasi air tejun ini sendiri berada di daerah Tanjung Jaya Kotaway. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, maka jalan menuju air terjun ini pun akan naik turun dengan pemandangan perkebunan dan bukit-bukit di kanan kirinya.

2. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu : Gotravelly.com

Air Terjun Putri Malu : Gotravelly.com

Masih seputar wisata air terjun, ternyata masih ada air terjun yang lebih tinggi dari Curup Gangsa, yaitu Air Terjun Putri Malu. Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan ini memiliki ketinggian hampir 100 meter, menemptakan Air Terjun Putri Malu menjadi salah satu Air Terjun tertinggi di Provinsi Lampung.

Menurut cerita, air terjun ini dinamakan Putri Malu karena air yang jatuh dari atas tebing berbentuk melengkung dan menjadikannya mirip punggung manusia yang sedang mandi, hal tersebutlah yang kemudian mendasari nama Air Terjun Putri Malu.

Letaknya yang sedikit masuk ke hutan, menjadikan suasana di air terjun ini begitu asri dan masih sangat terjaga kealamiannya.

3. Curug Anggal, Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan yang indah

Curug Anggal : Wisato.id

Curug Anggal : Wisato.id

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Kabupaten Way Kanan adalah surganya wisata air terjun. Di daftar ke 3 tempat wisata di Blambangan Umpu Way kanan pun masih seputar air terjun, dan kini adalah Air Terjun Curug Anggal. Berbeda dari dua sebelumnya, Curug Anggal memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi namun cukup lebar seperti tirai.

Dibawah air terjun ada sebuah kolam yang dengan air yang begitu jernih dan segar yang sangat cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Jika sudah berada di Curug Anggal sulit rasanya untuk tidak menceburkan diri. Air-air yang terlihat begitu menyegarkan seakan melambai mengajak bermain bersama.

Kawasannya yang begitu hijau, membuat air terjun ini begitu indah jika dijadikan obyek foto.

4. Arung Jeram di Sungai Way Umpu

Arung Jeram di Sungai Way Umpu : Youtube.com

Arung Jeram di Sungai Way Umpu : Youtube.com

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan yang ke empat adalah Sungai Way Umpu terkenal memiliki arus yang deras ditambah banyaknya jeram yang berada di sepanjang alirannya. Hal inilah yang membuat berarung jeram di sungai Way Umpu menjadi kegiatan petualangan yang menarik jika sedang berada di Kabupaten Way Kanan.

Berada tidak jauh dari pusat kota Blambangan Umpu, Arung Jeram di sungai Way Umpu tidak hanya menawarkan perjalanan yang penuh adrenalin. Pemandangan kanan kiri di sepanjang jalur pun menjadi daya tarik tersendiri saat melewati salah satu sungai terbesar di Way Kanan ini.

5. Kampung Wisata Gedung Batin

Gedung Batin : Wijatnikaika.id

Gedung Batin : Wijatnikaika.id

Tempat Wisata Di Blambangan Umpu Way Kanan yang terakhir adalah Gedung batin. Obyek wisata ini adalah kawasan perkampungan tua yang menurut informasi sudah ada sejak ada sejak ratusan tahun yang lalu. Di kampung wisata Gedung Batin ini pengunjung bisa melihat bangunan-bangunan rumah adat yang sudah berusia sangat tua dengan bentuk asli yang masih terjaga.

Rumah-rumah yang berada di Kampung Wisata Gedung Batin sampai saat ini sudah dihuni oleh 7 generasi dan hingga kini masih sangat kokoh dan terawat dengan baik. Selain rumahnya yang tua, perabot-perabot yang digunakan pun juga berusia tua mulai dari lemari, teko, keramik dan juga tempat menyimpan sirih.

Berkunjung ke sini tentu saja akan memberikan informasi dan wawasan baru tentang kehidupan kuno di Kabupaten Way Kanan.

Leave a Reply