6 Kuliner dan Makanan Khas Tondano Kabupaten Minahasa - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tondano Kabupaten Minahasa

Kuliner dan Makanan Khas Tondano Kabupaten Minahasa

Kuliner dan Makanan Khas Tondano Kabupaten Minahasa

Makanan Khas Tondano  – Kota Tandano merupakan pusat pemerintah (ibu kota) di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara.  Kota Tandano terletak di tol sejauh 35 km ke arah selatan lewat Kota Tomohon.  Kota ini merupakan kota kelahiran Pahlawan Nasional yang bernama Doktor Sam Ratulangi, yang sekaligus menjadi Gubernur di Sulawesi yang pertama kali.

Sulawesi terkenal akan keindahan bawah laut, yang paling terkenal yaitu Pulau Bunaken dan kulineran yang mengunggah selerah. Nah berikut ini saya mencoba merangkum 6 kuliner dan Makanan Khas Tondano Kabupaten Minahasa yang harus kalian coba. Simak ulasan berikut:

1. Nasi Jaha, Makanan Khas Tondano yang Lezat

Makanan Khas Tondano

Nasi Jaha, Makanan Khas Tondano – Foto: republika.co.id

Kuliner yang patut anda coba ketika singgah ke Sulawesi Utara yaitu Nasi Jaha. Meskipun termasuk dalam makanan tradisional Nasi Jaha cukup terkenal hingga kini. Sering di jumpai dalam beberapa kegiatan seperti acara adat, acara besar lainnya makanan ini selalu hadir sebagai hidangan khas untuk para tamu undangan acara.

Nasi Jaha terbuat dari beras ketan dicampur dengan santan, kemudian dimasukan ke dalam bambu yang terlebih dahulu dilapisi dengan daun pisang, setelah itu dilakukan proses pemasakan dengan cara dibakar hingga matang.

Nasi Jaha lebih nikmat jika dimakan dengan tambahan lauk atau makanan khas sulawesi yang lainnya. Tetapi tidak masalah bila dimakan langsung karena sudah ada rasa dari rempah-rempah alami itu.

Baca Juga ya :

2. Tinoransak

Makanan Khas Tondano

Tinoransak, Makanan Khas Tondano – Foto: cookpad.com

Menu Makanan lain yang khas dari Minahasa yaitu Tinoransak. Kuliner ini terbuat dari bahan utama daging dengan citra rasa pedas. Daging yang digunakan pada olahan makanan tinoransak yaitu sapi, ayam, ikan. Komposisi bumbu rempah mulai dari cabai merah, cabai hijau besar, jahe, dan kunyit bakar yang pas membuat kuliner satu ini diminati oleh banyak orang.

Biasanya makanan tinoransak selalu disajikan dengan nasi jaha dan selalu dihidangkan pada upacara adat suku Minahasa. Dalam proses masak secara tradisional, dengan cara semua bahan makanan tinoransak yang sudah dipotong dan dimasukan ke dalam bambu kemudian dilakukan proses pembakaran untuk mematangkan masakan tersebut.

Jika anda ingin merasakan kelezatan makanan ini tidak perlu menunggu acara adat Minahasa, karena kuliner ini banyak ditemukan rumah makan di sana.

3. Kolombi Woku, Makanan Khas Tondano Dari Siput

sate kolombi for blog

Sate Kolombi, Foto: resepcaca.blogsport.com

Leave a Reply