Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara yang Memancing Selera

Kuliner Khas Minahasa Utara

Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara

Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara sangat banyak. Semuanya menyuguhkan cita rasa menggoyang lidah. Maka dari itu, rugi jika kamu ke tempat ini, tetapi tidak merasakan masakan khasnya.

Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara

Nah di bawah ini akan dijelaskan makanan khas di Air Madidi Minahasa Utara. Silakan disimak lalu datangi tempatnya. Ini dia makanannya:

1. Nasi Jaha

Nasi Jaha, masakan khas Minahasa Utara

Nasi Jaha, masakan khas Minahasa Utara – foto selerarasa.com

Kuliner atau masakan khas Minahasa Utara yang pertama adalah nasi Jaha. Ini merupakan kuliner nikmat yang tidak boleh dilupakan. Terutama untuk kamu yang sedang pelesir ke Airmadidi.

Nasi Jaha adalah nasi yang diolah dari beras ketan. Sebelum dimasak, nasi dicampurkan dulu dengan santan secukupnya. Jika sudah dirasa cukup, maka makanan mulai dimasukkan ke dalam bambu berlapis daun pisang.

Nasi Jaha yang sudah terbungkus dengan rapi dibakar sampai matang dan wanginya harum. Nah, proses inilah yang membuat jajanan ini memiliki cita rasa tinggi dan aroma yang menggugah selera.

2. Tinutuan

Tinutuan

Tinutuan – foto wikipedia

Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara yang selanjutnya adalah Tinutuan. Sejatinya Tinutuan adalah bubur biasa sama seperti bubur yang lain. Namun bubur khas Manado ini memiliki cita rasa yang lebih gurih karena kuahnya dibuat dari bumbu khusus.

Makanan ini biasanya dicampurkan dengan sayuran dan bawang. Makanya Tinutuan disebut kuliner yang enak dan juga sehat. Terkadang bubur ini juga ditambahkan mie dan lauk kecuali daging.

Bubur ini sangat nikmat terutama jika dikonsumsi selagi panas. Maka dari itu, tidak hanya warung kaki lima, restoran juga menyediakannya terutama yang buka dari pagi hari.

3. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara yang ketiga adalah Cakalang Fufu. Ini merupakan makanan yang berupa lauk yang dibakar dan dijepit dengan dua bilah kayu tipis.

Uniknya ikan cakalang yang dijadikan lauk tidak langsung dibakar. Tetapi harus diasapi dulu. Setelah itu baru dilumuri dengan bumbu pedas manis lalu dibakar di atas arang.

Yang unik dari menu ini ialah, kamu tidak perlu membersihkan sisik dan organ dalam ikan. Karena semuanya sudah dibersihkan sebelum ikan diasapi. Namun jangan khawatir, dagingnya tetap bernutrisi dan padat berisi.

4. Tinoransak

Tinoransak

Tinoransak – foto coockpad.com

Ada beberapa Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara yang biasanya disediakan pada waktu acara-acara adat. Salah satunya adalah adalah Tinoransak. Namun ternyata, saat ini sudah banyak warung di Airmadidi Minahasa  Utara yang menyediakannya.

Ini merupakan kuliner berbahan inti daging yang sangat enak. Biasanya yang digunakan adalah daging ayam, sapi dan kambing. Namun ada beberapa yang menggunakan daging babi. Jadi perlu waspada untuk kamu yang muslim.

Biasanya lauk ini dimakan bersama Nasi Jaha. Bahkan bakar-bakarnya bisa dilakukan bersamaan. Itu pun jika ingin lauk ini tidak hanya nikmat tetapi juga beraroma. Nah, biasanya Tinoransak tradisional memang dimasak semacam ini.

5. Sambal Roa

Sambal Roa

Di setiap daerah tidak hanya dikenal dengan makanan berat, camilan dan minumannya saja. Sambal juga tergolong kuliner yang tidak boleh dilupakan. Nah di Minahasa Utara ada sambal yang cukup populer karena rasanya yaitu Sambal Roa.

Sambal Roa dibuat dari ikan Roa yang dihaluskan. Lalu dilumuri dengan bumbu pedas dan diulek sampai halus. Setelah itu baru dihidangkan sebagai teman nasi campur maupun yang sejenisnya.

Baca Juga ya :

Selain tu, sambal ini juga dibumbui dengan rempah-rempah khusus. Sehingga tidak hanya rasa pedasnya menyengat, tetapi tekstur sambal juga gurih. Maka dari itu, rugi jika ke Minahasa Utara tidak mencicipi sambal nikmat ini.

6. Kue Klapper Tart

Kue Klapper Tart

Kue Klapper Tart – foto wikipedia

Kue Klapper Tart, Jika dilihat dari namanya, kue khas Minahasa Utara ini tidak mencerminkan makanan daerah. Bahkan dari namanya terkesan kuliner dari barat atau negara luar.

Ternyata ini memang benar, Kue Klapper Tart adalah Kuliner dan Makanan Khas Airmadidi Minahasa Utara. Cuma menurut sejarahnya, memang diadopsi dari budaya kuliner Belanda di masa kolonial dahulu. Maka dari itu, namanya terkesan kebarat-baratan.

Kue Klapper Tart adalah kue yang dibuat dari kelapa. Sedangkan campurannya adalah susu dan mentega yang dibaurkan menjadi satu. Nah, yang menjadi toping-nya adalah kenari cincang.

Dengan melihat perpaduan ini, jangankan menyantapnya, melihatnya saja sudah menarik minat. Apalagi jika mencium baunya yang sangat harum.

Itulah kuliner dan makanan khas Air Madidi Minahasa Utara. Silakan jadikan daftar kuliner yang harus kamu cicipi ketika sedang bertamasya ke Minahasa Utara.

Leave a Reply