6 Kuliner dan Makanan Khas Simalungun Sumatera Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Simalungun Sumatera Utara

Makanan Khas Simalungun

randu, Makanan Khas Simalungun

Makanan Khas Simalungun – Indonesia memang kaya akan keanekaragaman jenis dan cita rasa kuliner nusantaranya. Tidak terkecuali dengan Simalungun, kabupaten yang berjarak 30 menit dari Ibu Kota Sumatera Utara, Medan. Kuliner khas Simalungun sering dihidangkan pada prosesi upacara adat Batak yang diselenggarakan tiap tahunnya.

Berikut kami informasikan 6 kuliner dan makanan khas Simalungun yang wajib kalian cicipi saat berwisata ke kabupaten yang terletak di bagian selatan Kabupaten Deli Serdang ini.

1. Hinasumba

hinasumba, Makanan Khas Simalungun

Hinasumba – Kuliner Khas Kabupaten Simalungun Foto: instagram.com/au_simalungun/

Hinasumba adalah olahan ayam cincang ini merupakan Makanan Khas Simalungun yang paling banyak disukai masyarakat sekaligus yang paling sulit dibuat karena menggunakan rempah-rempah asli Kabupaten Simalungun yaitu kayu pohon Sikkam.

Kuliner ini disajikan secara sederhana, berwarna merah kecoklatan dan biasanya disajikan dengan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit mentah. Hanya orang asli Simalungun yang dapat mengolah hinasumba ini menjadi kuliner yang lezat.

2. Labar, Makanan Khas Simalungun

labar, Makanan Khas Simalungun

labar, Makanan Khas Simalungun – Foto: facebook.com/Gandi-Sitopu

Makanan khas Simalungun yang kedua adalah labar. Berbahan dasar ubi atau ketela pohon dan dilengkapi dengan ayam panggang yang sudah dicincang menjadikan sajian sederhana ini sering disantap sebagai teman minum tuak oleh masyarakat Kabupaten Simalungun.

Aroma asap bersumber dari ayam yang dipanggang terlebih dahulu dengan rempah-rempah lalu setelah matang, ayam dicincang halus agar dapat bercampur dengan ubi atau ketela pohon yang dikukus dan ditumbuk halus juga. Walaupun sederhana,  hidangan yang kaya rempah ini memiliki rasa yang nikmat.

Baca Juga ya :

3. Sambal Tinuktuk

sambal tinuktuk, Makanan Khas Simalungun

Sambal tinuktuk, Makanan Khas Simalungun – Foto: cookpad.com/

Sambal Tinuktuk Adalah sambal khas Simalungun ini memiliki cita rasa pedas yang berbahan utama cabai, jahe merah, dan kencur. Selain bisa menambah nafsu makan, sambal ini juga bermanfaat bagi tubuh karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sambal Tinuktuk sangat cocok sebagai lauk pedamping saat makan namun eksistensi sambal khas ini sudah sangat rendah. Sudah jarang warung atau rumah makan yang menyediakan sambal tinuktuk. Bagi kalian yang ingin mencoba sambal khas Kabupaten Simalungun ini sebaiknya memesan terlebih dahulu.

4. Dayok Nabinatur

Dayok nabiatur, Makanan Khas Simalungun

Dayok nabiatur, Makanan Khas Simalungun – Foto: instagram.com/reinelda_grs/

Leave a Reply