Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Semarapura Klungkung Bali

serombotan, Makanan Khas Semarapura Klungkung

serombotan, Makanan Khas Semarapura Klungkung

Makanan Khas Semarapura Klungkung Kota Semarapura, Klungkung yang dulunya menjadi pusat pemerintahan kerajaan Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dan tidak kalah eksotis dengan kota-kota besar lainnya di Bali.

Berjarak sekitar 30 km dari kota Denpasar, kota ini manawarkan banyak tempat wisata yang didominasi oleh tempat bersejarah dan situs budaya seperti Puri Klungkung, Taman Kertha Gosa, Klungkung Royal Palace, Museum Semarajaya dan tempat wisata menarik lainnya.

Selain tempat wisata yang memesona, kota Semarapura juga memiliki kuliner dan makanan khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke kota dengan julukan “Kota Serombotan” ini.

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai 6 kuliner dan makanan khas Kota Semarapura Klungkung Bali yang wajib kalian coba.

1.  Bubur Masak

bubur masak, Makanan Khas Semarapura Klungkung

bubur masak, Makanan Khas Semarapura Klungkung – Foto: @anadinana_

Makanan Khas Semarapura Klungkung yang pertama adalah bubur masak. Sering dijajakan di pinggir jalan dan di pasar menjadikan makanan ini mudah untuk dijumpai. Dibanderol mulai dengan harga Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- per bungkus, bubur ini hanya dapat dicicipi di pagi hari sebagai menu sarapan yang lezat dan murah.

Kuliner khas ini disajikan berupa bubur putih yang disiram dengan kuah santan kuning yang sangat gurih lalu ditambah dengan sayur urap atau sajian sayur lainnya, bihun putih, sedikit kecap manis dan terakhir ditambahkan kacang kedelai untuk menambah sensasi kunyahan dalam mulut.

Daun pisang masih digunakan untuk membungkus bubur bertekstur lembut ini. Bubur masak menjadi sajian yang sangat sesuai untuk menjadi menu pembuka untuk memulai perjalanan kalian di kota Semarapura.

2. Serombotan

Serombotan, Makanan Khas Semarapura Klungkung

Serombotan, Makanan Khas Semarapura Klungkung – Foto: instagram @greenkubu_cafe

Serombotan adalah Makanan Khas Semarapura Klungkung Bali  yang bercita rasa pedas dan sangat cocok untuk kalian yang vegetarian. Kuliner sehat ini berbahan dasar berbagai jenis sayuran seperti pare, kacang panjang, bayam, kangkung, toge, terong, dan kacang merah yang direbus.

Kuliner yang dijual dengan rentang harga Rp 5.000 sampai Rp 10.000 ini akan terasa sangat nikmat ketika dicampur dengan bumbu kacang khas yang terdiri dari bumbu-bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, terasi, gula, garam dan cabai yang digerus lalu dimasak dengan minyak kelapa.

Baca Juga ya :

3. Mie Koples

Mie Koples, Makanan Khas Semarapura Klungkung

Mie Koples, Makanan Khas Semarapura Klungkung – Foto: instagram @madewedastra

Makanan Khas Semarapura Klungkung Bali selanjutnya adalah Mie Koples. Kuliner olahan bihun putih ini memiliki cita rasa pedas seperti serombotan namun hidangan ini lebih sedeharna karena hanya terdiri dari bihun putih dan ditambah dengan bumbu kacang pedas.

Bumbu kacang terbuat dari kacang tanah, garam, bawang putih, garam dan cabe rawit. Seporsi mie koples bisa dibeli di Pasar Sengol Klungkung dengan harga Rp 5.000,-. Mie Koples ini biasa dijumpai diwarung makanan umum atau warung tepi jalan.

4. Lawar Godel

lawargodel

Lawar Godel – Kuliner Khas Kota Semarapura Foto: instagram.com/predangga/

Makanan Khas Semarapura Klungkung lainnya yaitu lawar godel yang telah menjadi hidangan favorit warga sekitar dan juga wisatawan. Kata “godel” berarti anak sapi, kuliner khas ini memang berbahan dasar daging sapi muda yang dicincang dengan sayur pelengkap seperti mentimun, kacang panjang dan jamur.

Disajikan dengan bumbu lawar yang gurih dan parutan kepala yang dibakar sampai harum menjadikan lawar godel sebagai makanan utama dan cocok disantap di saat makan siang atau malam. Harga satu porsi lawar godel adalah Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,-

5. Sate Languan, Makanan Khas Semarapura Klungkung

Sate Languan, Makanan Khas Semarapura Klungkung

Sate Languan, Makanan Khas Semarapura Klungkung – Foto: instagram @restaurantnusantara

Berwisata ke kota Semarapura tidak lengkap rasanya kalua tidak mencoba makanan khas sate ini. Sate languan adalah sate dengan bahan dasar ikan laut yang dihaluskan dan ditambah bumbu rempah lalu dililitkan ke batang daun kelapa yang masih muda.

Sate yang sangat gurih ini sangat cocok untuk disantap dengan nasi putih hangat. Harga satu porsi sate languan berkisar antara Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,-. Jika anda ingin mencobaya, silahkan mampir ke beberapa warung sate di sepanjang jalan di kota Semarapura.

6. Bulung Buni

Bulung Buni, Makanan Khas Semarapura Klungkung

Bulung Buni, Makanan Khas Semarapura Klungkung – Foto: instagram @warung_de_rujak

Setelah mencicipi makanan khas kota Semarapura yang bercita rasa gurih dan pedas, bulung buni yang memiliki sensasi rasa segar, asam, dan pedas cocok dijadikan hidangan penutup. Hal yang unik dari hidangan ini adalah rumput laut yang menjadi bahan dasarnya.

Kuliner sejenis rujak ini dibuat dengan tambahan kuah pindang asam dan pedas dengan campuran terasi dan cabai lalu ditaburi oleh lengkuas dan kelapa bakar parut. Hanya dengan membayar Rp 10.000 kalian sudah bisa mencicipi rujak khas ini.

Baca juga ya :

 

 

 

Leave a Reply