6 Kuliner dan Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin

Es Kacang Merah, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin

Es Kacang Merah, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin - Sumber: line today

Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin – Pernahkah Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan? Lebih spesifik lagi, pernahkan Anda berkunjung ke Rantau Kabupaten Tapin?

Kota Rantau adalah Ibukota dari Kabupaten Tapin, provinsi Kalimantan Selatan. Kota Rantau memiliki wisata, kuliner, dan oleh- oleh yang wajib Anda kunjungi dan Anda bawa pulang. Mau tau apa aja Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin yang bisa kamu coba ? Simak berikut ini ulasanya.

6 Kuliner dan Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin

1. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin

Es Kacang Merah, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin – Sumber: line today

Salah satu minuman segar khas kota Rantau tidaklah sulit karena tersedia es kacang merah. Es kacang merah ini juga menjadi salah satu kuliner dan Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin. Seringkali sajian es kacang merah ada di sebuah restoran sapai tempat makan tepi jalan. Dari segi harga, menu es yang dijual di pinggir jalan ini cukup murah.

Proses pembuatannya dimulai dengan merebus kacang merah. Setelah matang, kacang ditiriskan. Selanjutnya masukkan gula, air, kayu manis, dan coklat bubuk ke dalam air rebusan kacang.

Setelah itu air direbus kembali hingga mendidih. Masukkan kacang merah dan masak hingga mengental. Kacang merah siap untuk dituang ke dalam gelas serta dicampur es batu.

2. RM De’Dapuran

RM De’Dapuran, tempat makan di rantau kabupaten tapin

RM De’Dapuran, tempat makan di rantau kabupaten tapin – foto kompasiana.com

RM De’Dapuran yang  berada di tepi jalan nasional adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata kuliner di Kota Rantau, Kabupaten Tapin. Rumah makan ini berbeda dari lainnnya karena mengusung tema pedesaan.

Lokasinya yang berada didekat persawahan semakin menambah suasana khas desa. Sementara dekorasi ruangan dihiasi oleh pernak-pernik khas Banjar. Menu di sini disajikan dengan cara prasmanan.

Baca juga ya :

3. Patin Baubar, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin

Patin Baubar, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin

Patin Baubar, Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin – Sumber: cookpad.com

Patin baubar adalah kuliner khas Rantau atau Makanan Khas Rantau Kabupaten Tapin. berupa pepes ikan patin. Mula-mula ikan patin dibumbui dengan berbagai rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar ditungku dan bara api. Setelah rempah-rempah dirasa meresap baru lah pepes diangkat. Cara memasak seperti inilah yang membuat pepes ikan patin menjadi lebih nikmat.

Leave a Reply