Daftar Wisata, Bukit, Danau, Gua

6 Tempat Wisata Di Rantau Kabupaten Tapin

Tempat Wisata Di Rantau Kabupaten Tapin

Tempat Wisata Di Rantau Kabupaten Tapin

Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin – Pelosok negeri ini menyimpan banyak mutiara terpendam untuk urusan destinasi liburan yang mungkin belum banyak orang tahu. Seperti Pulau Kalimantan, meski nggak sepopuler Pulau Bali, pulau ini punya keindahan alam yang memukau dan berbagai tempat wisata yang nggak biasa.

Kota Rantau Kabupaten Tapin adalah salah satu kota tepatnya di Kalimantan Selatan yang menawarkan obyek wisata beragam, mulai dari wisata alam sampai wisata budaya.

Nah, berikut rekomendasi 6 tempat wisata di Rantau Kabupaten Tapin yang wajib masuk ke daftar kunjungan kamu. Pastinya bikin liburan kamu nggak membosankan deh!

Lihat juga nih 6 tempat wisata di Kabupaten Tabalong.

Daftar Tempat Wisata Di Rantau Kabupaten Tapin Terbaik

1. Goa Batu Hapu

6 Tempat Wisata Di Rantau Kabupaten Tapin 1

Goa Batu Hapu, Foto : devandraps

Goa Batu Hapu adalah Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin yang pertama. Goa Batu Hapu memiliki panorama stalagmit dan stalaktit dalam goa yang menakjubkan. Goa ini terletak di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun tepatnya dari pasar Binuang masuk lagi sejauh 16 km atau sekitar 30 menit.

Para wisatawan akan ditemani dengan nuansa pedesaan dan alam yang asri sepanjang perjalanan. Sampai di lokasi, pengunjung bisa parkir di dekat pos jaga sebelum menaiki puluhan anak tangga. Dengan membayar tiket retribusi sebesar Rp2.500 per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan Goa Batu Hapu ini.

2. Bukit Manggindang

Bukit Manggindang, Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin

Bukit Manggindang, Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin –  Foto : zakiraft

Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin yang kedua adalah Bukit Manggindang. Puncak Bukit Manggindang memang tidak terlalu luas, tetapi panorama dari hamparan rumput hijaunya sangatlah memukau.

Bukit Manggindang Terletak di Kecamatan Piani. Rute menuju Bukit Manggindang tidak terlalu sulit yakni dengan menyebrangi jembatan gantung dan menyusuri jalan semen yang tersedia. Tiket retribusi parkir Bukit Manggindang adalah sebesar Rp5000.

3. Bukit Talikur

Bukit Talikur, Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin

Bukit Talikur, Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin – Foto : Habibie_mhmmd

Salah satu dari 6 tempat wisata di Rantau Kabupaten Tapin yang wajib kamu kunjungi adalah Bukit Talikur. Bukit ini cocok buat para pecinta wisata alam karena menawarkan pemandangan hijau menakjubkan dan juga bongkahan batu granit yang menawan.

Jalan menuju Bukit Talikur memang agar sulit, bisa ditempuh dengan motor namun jalan semakin lama semakin sempit dan berlumpur. Untuk mencapai puncak bukitnya pun treknya curam. Namun demikian, semua akan terbayarkan ketika kalian ada di Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin yang satu ini terutama saat kalian berada diatas dengan panorama indah alam perbukitan sepanjang mata memandang. Pemandangan sunrise dan sunset terbaik juga bisa dinikmati dari Bukit Talikur.

4. Danau Hatiwin

Danau Hatiwin

Danau Hatiwin, Foto : zakiryasser

Selanjutnya, Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin yang wajib kamu kunjungi  adalah Danau Hatiwin.  Berada di Desa Hatiwin, danau ini berjarak 30 km atau sekira 20 menit dari Kota Rantau.

Keindahan danau ini masih belum banyak diketahui masyarakat luas sehingga cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana nyaman dan tenang. Para pengunjung dapat mencoba fasilitas seperti perahu kecil dengan membayar Rp5000 per orang dan sepeda air Rp20.000 per 30 menit.

5. Danau Biru Nes XII / Nes 12

Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin, Danau biru Nes

Tempat Wisata Di Rantau kabupaten Tapin, kunjungi Danau Biru Nes XII, – Foto : nchoy_fff

Danau Biru Nes XII ini sempat viral di media sosial berkat keunikan dan keindahan air danau ini yang berwarna sangat biru. Air birunya berasal dari air hujan yang menyatu dengan kadar asam bekas tambang karena dulunya danau ini merupakan bekas tempat pertambangan.

Rute menuju Danau Nes dari Binuang kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pinang lalu dari sana ke Desa Nes memakan waktu sekitar 30 menit saja. Terlebih lagi, Danau Nes ini terletak di pinggir jalan sehingga mudah dijumpai dan juga tidak perlu membayar tiket retribusi.

6. Air Terjun Lanjung Bapayung

Air Terjun Lanjung Bapayung

Air Terjun Lanjung Bapayung, Foto : sijulak_

Air Terjun Lanjung Bapayung dikelilingi hutan rimbun sehingga memberikan suasana yang eksotik. Daya tarik pesona air terjun ini bahkan sudah sampai wisatawan mancanegara. Akses menuju Lanjung Bapayung juga cukup mudah, apalagi sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi aliran air yang mampu menyejukkan hati dan pikiran.

Pesona Air Terjun Lano dari Kalimantan Selatan juga jangan sampai kamu lewatkan nih.

Nah, itulah tadi 6 tempat wisata di Rantau Kabupaten Tapin yang wajib kamu kunjungi. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan dan kebersihan ketika kamu pergi ke obyek wisata agar tetap indah dan asri ya. Selamat liburan!

Leave a Reply