6 Kuliner Dan Makanan Khas Pesawaran Lampung

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Pesawaran Lampung

Makanan Khas Pesawaran

Makanan Khas Kabupaten Pesawaran Lampung. Sumber : Sajianenak.wordpress.com

Sebenarnya tidak ada ada perbedaan yang jauh antara Manisan Lampung dengan manisan di daerah lain di Nusantara. Namun meski begitu tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner olahan buah-buahan ini jika sedang berada di Lampung.

Manisan Lampung ini bisa bertahan cukup lama dan tidak cepat basi jika disimpan dengan cara yang baik dan benar. Untuk menjaga keawetannya, Manisan Lampung bisa di simpan di lemari es atau dimasukkan ke dalam wadah dan ditutup dengan rapat.

4. Bolu Tape, Makanan Khas Pesawaran Yang Manis dan Legit

Bolu Tape Makanan Khas Pesawaran

Bolu Tape, Makanan Khas Pesawaran – Sumber : Widiynews.com

Makanan Khas Pesawaran selanjutnya adalah olahan kue bolu yang sedikit berbeda dari yang ,ainnya, karena bahan dasarnya yang terbuat dari tape. Tape sendiri adalah olahan dari singkong yang difermentasi dengan ragi.

Dalam pembuatan bolu tape bahan yang dibutuhkan antara lain adalah tepung terigu, gula, telur, vanilli, garam dan tentunya tape. Perpaduan rasa manis legit dari bolu berpadu dengan rasa tape yang manis sedikit asam menghasilkan cita rasa yang nikmat yang begitu khas.

Makanan Bolu Tape ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh khas Lampung di Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga ya :

5. Lele Asap, OLahan Ikan Khas Pesawaran

lele Asap Makanan Khas Pesawaran

Lele Asap, Makanan Khas Pesawaran – Sumber : Lele-asap-mas-fasih.business.site

Jika lele biasa dimasak dengan cara di goreng ataupun di bakar, di Lampung ada olahan lele yang sedikit berbeda dari biasanya, yaitu Lele Asap. Seperti namanya, dalam pembuatannya ikan lele ini diasapi dengan jarak antara ikan lele dan api agak sedikit jauh. Lele yang digunakan dalam pembuatan Lele Asap ini adalah Lele Dumbo yang berukuran besar.

Lele Asap ini biasa dinikmati dengan menggunakan nasi panas dan sambal. Namun jika ingin menikmatinya langsung tanpa tambahan apapun, Lele Asap ini juga sudah sangat nikmat karena rasanya yang begitu gurih. Tak heran jika Lele Asap ini juga masuk kedalam daftar kuliner Pasawaran atau menjadi salah satu Makanan Khas Pesawaran yang sering diburu wisatawan.

6. Sambal Ligkung Khas Pasawaran Lampung

Sambal Lingkung

Sumber : Sajianenak.wordpress.com

Sambal Lingkung adalah sambal khas daerah Pesawaran yang bahan dasarnya terbuat dari ikan Tenggiri. Walaupun namanya sambal, namun Sambal Lingkung ini sebenarnya lebih mirip abon karena bentuknya yang seperti serbuk abon.

Namun walaupun mirip abon, bumbu yang digunakan dalam Sambal Lingkung ini berbeda dengan abon, begitu pun dengan rasamya. Karena bentuknya serbuk dan kering, Sambal Lingkung ini bisa bertahan cukup lama dan tidak mudah basi.

Di Pesawaran, Sambal Lingkung biasa dijual dalam kemasan botol kecil ataupun wadah bulat dari plastik sehingga sangat praktis dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang-orang rumah atau teman dekat.

Leave a Reply