Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Mesuji Lampung

Makanan Khas Mesuji Lampung

Makanan Khas Mesuji Lampung. Sumber : ksmtour.com

Makanan Khas Mesuji Lampung – Terbentuk dari pemekaran Kabupaten Tulang Bawang, Mesuji adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung dan merupakan daerah yang berada paling jauh jaraknya dari kota Bandar Lampung.

Daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera di provinsi Sumatera Selatan ini mayoritas penduduknya adalah petani karena daerahnya yang memiliki banyak lahan yang cocok digunakan untuk kegiatan pertanian.

Kabupaten Mesuji juga dikenal memiliki beragam tempat wisata alam dan budaya yang beragam yang memberikan daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke Mesuji. Selain dikenal dengan potensi wisata alamnya, Mesuji juga memiliki beragam kuliner khas yang sangat menarik untuk diketahui.

Berikut ini seringjalan akan memberikan informasi mengenai kuliner dan makanan khas yang ada di daerah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung :

1. Kerupuk Mesuji

Kerupuk Mesuji

Kerupuk Mesuji – Sumber : Palembang.Tribunnews.com

Kerupuk Mesuji adalah salah satu camilan andalan yang menjadi ciri khas bagi Kabupaten Mesuji. Kerupuk yang berbahan dasar ikan ini menjadi kuliner yang sangat digemari dan menjadi incaran bagi para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh di Mesuji.

Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Kerupuk Mesuji adalah ikan lele. Proses pembuatannya pertama adalah menggiling daging ikan lele hingga menjadi halus, kemudian adonan ikan lele yang telah halus dicampur dengan tepung sagu dan diberi garam.

Setelah itu bahan yang sudah tercampur tadi di cetak ke dalam cetakan yang berbentuk pipih dan bulat. Proses terakhir kemudian tinggal digoreng hingga matang. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikanya sebagai cemilan atau Makanan Khas Mesuji Lampung yang haru skalian coba.

2. Pempek Lampung Khas Mesuji

Pempek Lampung Khas Mesuji

Pempek Lampung Khas Mesuji – Sumber : Okezone.com

Pempek adalah kuliner yang identik dengan kota Palembang. Namun ternyata di Lampung juga memiliki olahan pempek dengan ciri khasnya tersendiri. Jika Pempek di palembang menggunakan ikan Tenggiri, di Lampung Pempek dibuat dengan bahan dasar ikan Belida.

Karena bahan ikan yang digunakan berbeda, tentu rasa yang dihasilkan dari Pempek Lampung ini juga berbeda dan pastinya memiliki cita rasa khasnya tersendiri.

Selain itu hal lain yang membedakan Pempek Lampung dengan Pempek Palembang adalah kuah pempeknya, dimana Kuah Pempek Lampung menggunakan biang cuka sehingga warnanya sedikit lebih pekat. Pempek ini juga kini telah menjadi Makanan Khas Mesuji Lampung yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga ya :

3. Burgo, Makanan Khas Mesuji Lampung

Burgo, Makanan Khas Mesuji Lampung

Burgo, Makanan Khas Mesuji Lampung – Sumber : Ksmtour.com

Burgo ialah kuliner atau Makanan Khas Mesuji Lampung yang berbentuk menyerupai dadar gulung dengan kulitnya yang terbuat dari terpung beras dan tepung sagu. Isian yang biasa digunakan di dalam makanan burgo ini adalah ikan gabus yang direbus dan kemudian disuwir halus.

Dalam penyajiannya, burjo biasa disajikan bersama dengan kuah santan yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Selain nikmat, kuliner khas lampung ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk tubuh dan konon katanya dipercaya juga bisa untuk menambah stamina.

4. Pisro, Makanan Khas Mesuji Lampung yang masih bertahan

PiPisro, Makanan Khas Mesuji Lampung

Pisro, Makanan Khas Mesuji Lampung -Sumber : Jejamo.com

Pisro adalah olahan ikan khas Lampung yang menjadi makanan tradisional yang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Bahkan menurut informasi, tidak semua masyrakat di bagian wilayah Lampung mengenalnya.

Masyarakat Lampung biasa menggunakan ikan Betok dan Tembangkang sebagai bahan utama untuk membuat kuliner Pisro ini. Hal menarik lainnya adalah penggunaan bahan terasi ikan yang menjadikan cita rasa yang dihasilkan oleh Pisro ini sangat gurih dan memiliki ciri khas tersendiri. Kini Pisro juga sudah menjadi kuliner legendaris dan menjadi Makanan Khas Mesuji Lampung.

Pisro biasa disajikan berkuah, dimana kuah Pisro ini mempunyai rasa gurih dan manis. Rasa manis dari kuah pisro dihasilkan dari gula aren yang digiling bersama bumbu lainnya. Gula aren juga lah yang menjadikan warna dari kuah Pisro menjadi kecokelat-cokelatan.

5. Umbu, Makanan Khas Mesuji Lampung Dari Rotan

Umbu, Makanan Khas Mesuji Lampung Dari Rotan

Umbu, Makanan Khas Mesuji Lampung Dari Rotan -Sumber : blog.unnes.ac.id

Satu lagi kuliner atau Makanan Khas Mesuji Lampung yang harus kalian coba yakni Umbu. Bagi peminat makanan dengan cita rasa pahi seperti pare, Di Mesuji Lampung ada kuliner bernama Umbu yang memiliki rasa yang pahit. Umbu ini biasa dimasak dengan cara ditumis atau bisa juga dijadikan lalapan.

Umbu sendiri adalah tumbuhan yang dihasilkan dari rotan muda. cara pembuatannya pun cukup simpel, cukup merebusnya hingga lunak maka Umbu sudah bisa dinikmati.

Untuk saat ini, makanan Umbu ini semakin jarang ditemukan karena keberadaan rotan muda yang semakin langka di daerah Mesuji dan Lampung seluruhnya. Karena hal itulah Umbu sekarang hanya disajikan di acara-acara besar seperti hajatan atau acara adat lainnya.

6. Kue Lapis Legit Khas Mesuji Lampung

Kue Lapis Legit

Sumber : Magazine.joblike.com

Kue Lapis Legit ini adalah makanan khas hampir si seluruh bagian Provinsi Lampung termasuk di Kabupaten Mesuji. Di Mesuji, kui ini dapat ditemui di acara-acara hajatan, pesta ataupun juga sebagai sajian penyambut tamu di saat lebaran.

Namun untuk menikmati kue yang memiliki cita rasa yang manis dan legit ini tidak perlu harus menunggu saat ada acara-acara tersebut, karena di Mesuji sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual kue lapis legit ini. Kue ini juga sudah menjadi ciri kuliner dan Makanan Khas Mesuji Lampung yang harus kalian coba.

Kue yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama kopi teh ataupun susu hangat. Untuk bahannya pembuatan Lapis Legit antara lain adalah mentega, gula pasir, tepung terigu, kuning telur, susu kental manis dan juga vanilla.

Leave a Reply