Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Sukadana Kabupaten Lampung Timur

Makanan Khas Sukadana

Kuliner dan Makanan Khas Sukadana, Lampung Timur. Sumber : Tastemade.com

Makanan Khas Sukadana – Sukadana adalah salah satu daerah di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Wilayah sukadana adalah daerah kota tua yang ada pada jaman kolonial Belanda. Diresmikan sejak tahun 1999, Sukadana justru jauh tertinggal dalam hal kemajuan dari daerah-daerah sekitarnya yang lebih muda, seperti kota Metro dan Bandar Sribhawono.

Alasan yang mendasari sedikit lambatnya kemajuan di Sukadana adalah budaya masyarakatnya yang agak tertutup dan sifat fanatik terhadap kelokalan yang dimiliki. Meskipun begitu, banyak hal menarik yang harus diketahui di Sukadana Kabupaten Lampung Timur ini, salah satunya adalah ragam olahan makanan khas Sukadana yang bisa memanjakan lidah.

Berikut ini seringjala.com akan memberikan sajian informasi mengenai Kuliner atau makanan khas yang terdapat di Sukadana :

1. Gabing Khas Lampung

Gabing Makanan Khas Sukadana

Gbaing, Makanan Khas Sukadana – Sumber : Triplampungku.blogspot.com

Makanan Khas Sukadana Yang pertama adalah olahan kuliner yang cukup unik di Lampung Timur, yaitu Gabing. Gabing ini adalah jenis makanan berkuah yang bahan dasarnya terbuat dari batang kelapa yang masih muda.

sebelum diolah bersama bumbu-bumbu lain, batang kelapa harus direbus terlebih dahulu hingga empuk. Sedangkan untuk kuahnya, makanan Gabing ini menggunakan kuah santan dengan bumbu opor sehingga rasanya sangat gurih dan nikmat.

Agar lebih nikmat, biasanya Gabing juga ditambahkan berbagai macam isian lain, seperti Daging, jamur atau ikan.

Baca jug ya :

2. Sambal Asam Kembang

Sambal Asam Kembang Makanan Khas Sukadana

Sambal Asam Kembang,Makanan Khas Sukadana – Sumber : Gotravelly.com

Makanan Khas Sukadana berikutnya adalah sambal khas Lampung, yaitu sambal Asam Kembang. Walaupun namanya asam, namun dalam pembuatannya, sambal ini tidak menggunakan buah asam sebagai bahan dasarnya.

Bahan dasar dari pembuatan Sambal Asam Kembang ini adalah terasi yang dicampur dengan buah mangga muda. bagi masyarakat Lampung, Sambal Asam Kembang ini biasa dijadikan pelengkap untuk makanan lainnya, seperti ikan bakar dsb.

Saat ini Sambal Asam Kembang ini sangat banyak dijual di toko oleh-oleh di Provinsi Lampung, termasuk di Sukadana Lampung Timur. Kemasannya yang botolan tentunya sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah ataupun para kolega dekat.

3. Keripik Nangka, Makanan Khas Sukadana yang renyah

Keripik Nangka Makanan Khas Sukadana

Keripik Nangka Makanan Khas Sukadana – Sumber : Dikemas,com

Selain terkenal dengan camilan keripik pisangnya. Ternyata Lampung juga memiliki olahan keripik buah yang lain, salah satunya adalah Keripik Nangka. Sesuai namanya, bahan dasar dari pembuatan kue ini adalah buah nangka.

Dalam pembuatannya, camilan Keripik Nangka ini tidak digoreng, melainkan di panggang di dalam oven. Proses pemanggangan ini akan menghilangkan kadar air yang terdapat dalam buah nangka, sehingga ketika sudah matang Keripik nangka akan menjadi krispi dan renyah.

Keripik nangka ini juga mudah ditemukan di toko oleh-oleh di daerah Sukadana Lampung Timur sebab keripik nangka kini juga termasuk cemilan dan Makanan Khas Sukadana yang harus kalian coba.

4. Ikan Panggang Khas Sukadana Lampung

Ikan Panggang, Makanan Khas Sukadana

Ikan Panggang, Makanan Khas Sukadana – Sumber : Tribunnews.com

Sebagai daerah yang banyak memiliki perairan yang dihuni banyak spesies ikan, tentu saja menjadikan Lampung mempunyai banyak sekali makanan dari olahan bahan dasar ikan-ikanan. Salah satu kuliner ikan di Lampung yang tidak boleh dilewatkan adalah Ikan Panggang Lampung.

Sesuai namanya, ikan panggang ini dibuat dengan cara diasap atau dipanggang. Bumbu yang digunakan di ikan Panggang Lampung ini sangat khas, sehingga rasanya pun akan berbeda dengan ikan panggang di daerah lain. Ikan panggang sukadana menjadi salah satu kuliner wajib atau Makanan Khas Sukadana yang tak boleh kalian lewatkan.

Menikmati Ikan Panggang Lampung bersama dengan nasi hangat dan juga sambal tentu saja akan memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya.

5. Lempok Durian Khas Lampung yang Manis dan Legit

Lempok Durian Makanan Khas Sukadana

Lempok Lampung – Sumber : Akurat.co

Di Sukadana, Lampung Timur ada juga camilan yang memiliki cita rasa yang manis dan legit, namanya adalah Lempok Durian. Lempok Durian adalah makanan yang sekilas mirip dengan dodol dan bahan dasarnya terbuat dari buah durian.

Yang membedakan Lempok Durian dengan Dodol adalah bumbu yang digunakan dalam Lempok Durian dicampur menggunakan ketan, sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu khas.

Kuliner tradisional Lampung ini juga sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan yang rapi dan menarik, sehingga cocok juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Baca jug ya :

6. Tempoyak, Kuliner dari Fermentasi Durian

Tempoyak Makanan Khas Sukadana

Tempoyak sukadana – Sumber : id.tastemade.com

Tempoyak ini adalah kuliner yang sebenarnya juga ada di seluruh daerah di Provinsi Lampung termasuk juga menjadi Makanan Khas Sukadana. Bagi masyarakat daerah Sukadana, Tempoyak menjadi salah satu kuliner favorit yang seringkali dikonsumsi sehari-hari.

Tempoyak sendiri adalah makanan yang terbuat dari buah durian yang difermentasi dengan aroma yang cukup menyengat khas buah durian. Tempoyak biasa dinikmati bersama nasi atau olahan masakan lainnya. Jika sedang berada di Lampung, wajib hukumnya untuk mencicipi Tempoyak.

 **

Demikianlah informasi mengenai Kuliner khas dan Makanan yang bisa ditemukan di daerah Sukadana Kabupaten Lampung Timur, semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru, khsususnya tentang ragam sajian kuliner di Provinsi Lampung.

Leave a Reply