Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Lahat

Makanan Khas Lahat

Makanan Khas Lahat - Source: pinterest.com

Makanan Khas Lahat – Lahat adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Kota Lahat resmi menjadi kota kabupaten sejak tahun 2004. Kota yang dijuluku Bumi Seganti Setungguan ini memiliki banyak makanan khas dan kuliner andalan yang tidak kalah dengan daerah-daerah di Sumatera Selatan lainnya. Berikut ini adalah enam makanan dan kuliner khas Kota Lahat. Simak yuk!

1. Kue Lumpang

Kue Lumpang

Kue Lumpang- Source: kompasiana.com

Kue lumpang adalah kue tradisional berbahan dasar tepung beras. Kue lezat dengan rasa manis ini telah ada sejak 80 tahun silam dan masih digemari hingga saat ini. Kue ini ditaburi parutan kelapa kasar yang menambah rasa gurih saat memakannya. Kue yang termasuk jajanan pasar ini sangat cocok untuk teman minum teh.

Baca Juga ya :

Kamu bisa mendapatkan Kue Lumpang dengan mudah di Kota Lahat, atau membuatnya sendiri di rumah. Kamu hanya membutuhkan tepung beras, gula pasir, santan, perisa pandan, dan sedikit air kapur sirih.

2. Lenggang

6 Kuliner dan Makanan Khas Lahat 3

Source: food.detik.com

Tentunya kamu tidak asing dengan nama makanan yang satu ini. Lenggang adalah salah satu makanan yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu mampir ke Kota Lahat. Sebenarnya lenggang merupakan salah satu jenis empek-empek.

Karena pada dasarnya, lenggang berupa empek-empek lenjer yang dikocok bersama telur kemudian digoreng. Lenggang diisajikan bersama cuko lengkap dengan mie dan mentimun. Rasanya nendang dan mengandung protein juga karena telur dadarnya.

3. Hehancang Tehung

Hehancang Tehung

Hehancang Tehung, Makanan Khas Lahat – Source: tribunnews.com

Mungkin kamu merasa aneh mendengar nama masakan yang satu ini. Namun sebenarnya, hehancang tehung jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti “masakan terong”. Kuliner ini merupakan peninggalan nenek moyang warga Bumi Seganti Setungguan dan menjadi Makanan Khas Lahat yang tentunya harus kalian coba. Masakan berkuah pedas ini dijamin akan membuat kamu berkeringat saat memakannya.

Hehancang tehung biasa disajikan di acara-acara besar seperti pameran atau festival kuliner. Walaupun demikian, lauk ini sangat jarang ditemukan di warung makan. Pasalnya, hehancang tehung adalah masakan rumahan yang biasa disajikan di rumah saat akhi pekan. Akan makin nikmat jika ditambakan jamur dan ikan asap ke dalamnya.

Mungkin kamu juga ingin baca:

4. Tempoyak

Tempoyak, Makanan Khas Lahat

Tempoyak, Makanan Khas Lahat – Source: lifestyle.okezone.com

Kamu tentunya tahu bahwa banyak makanan lezat yang melalui proses fermentasi. Tempoyak adalah salah satunya. Bumbu yang menciptakan citarasa asam ini sebenarnya merupakan fermentasi dari durian. Tempoyak telah ada sejak zaman dahulu, karena memfermentasikan makanan adalah salah satu hal yang dilakukan orang zaman dulu agar makanan lebih awet.

Hasil olahan durian ini memiliki aroma yang menyengat dengan tekstur lembek. Tempoyak harus diolah kembali atau dijadikan campuran masakan. Tempoyak sering dicampurkan dengan sambal cabai merah, sehingga rasa sambal menjadi semakin lezat. Tempoyak juga dapat dimasak dengan ikan nila, ikan patin, maupun ayam.

Jika kamu penasaran ingin mencoba masakan dengan bumbu tempoyak, kamu harus menyambangi RM. Singgah Kudai yang ada di Jalan Mayor Ruslan III. Di sini kamu bisa mencicipi kelezatan tempoyak patin dan tempoyak nila yang menjadi ciri khas daerah Lahat.

5. Gulai Rebung

Makanan Khas Lahat

Gulai Rebung, Makanan Khas Lahat – Source: Cookpad

Jika biasanya yang menjadi bahan utama gulai adalah daging kambing, sapi, dan ayam, maka gulai rebung ini berbahan utama rebung. Rebung adalah tunas bambu muda dan sering dijadikan campuran masakan. Dimasak dengan bumbu gulai, rebung akan terasa nikmat dan segar. Kini Gulai Rebung Khas Lahat menjadi salah satu Makanan Khas Lahat yang juga wajib kalain coba.

Kamu bisa menemukan masakan gulai rebung dengan mudah di berbagai rumah makan di Lahat. Bisa juga loh, memasak sendiri makanan ini di rumah. Bumbunya cukup mudah, antara lain serai, santan, lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan merica. Kamu juga bisa membeli rebung sebagai bahan utama di pasar-pasar tradisional.

6. Kue Maksuba

Makanan Khas Lahat

Kue Maksuba, Makanan Khas Lahat – Source: Tribun Palembang

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar nama kue maksuba. Sebenarnya penampakan kue ini mirip dengan kue basah yang selama ini kita kenal dengan nama lkue lapis, namun bahan-bahan yang digunakan seperti untuk kue lapis legit atau kue delapan jam.

Rasanya manis dan teksturnya lembut. Kue maksuba ini ternyata merupakan primadona kuliner masyarakat Sumatera Selatan. Bahkan ada perkataan yang populer bahwa seorang wanita sudah sangat ideal dijadikan istri jika sudah bisa memasak kue maksuba.

Itulah ulasan tentang beberapa kuliner dan makanan khas dari Kota Lahat yang wajib kamu coba. Beberapa sudah sering kamu jumpai dan beberapa lainnya dapat kamu buat sendiri di rumah, karena resepnya relatif sederhana. Namun pastinya akan ada sensasi tersendiri jika kamu mencicipinya langsung dari tempat makanan tersebut berasal.

Leave a Reply