6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin 1

Pangkalan Balai yang merupakan suatu kelurahan dari Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, adalah ibukota kabupaten Banyuasin. Selain ibukota kabupaten, Pangkalan Balai juga sekaligus merupakan ibukota kecamatan. Kota ini berjarak sekitar 63 km dari Kota Palembang, atau memakan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Pangkalan Balai terletak pada ketinggian kurang lebih 12 mdpl, sehingga daerah ini tergolong daerah dataran rendah. Dengan jenis tanah yang berpasir, daerah ini cocok untuk digunakan sebagai permukiman penduduk dan juga perkebunan. Seperti kota-kota di Sumatera Selatan lainnya, Pangkalan Balai memiliki bebeapa kuliner menarik yang menggugah selera.  Sebagian besar makanan khas Pangkalan Balai berbahan dasar ikan atau menggunakan banyak rempah-rempah. Sangat khas Sumatera, kan? Ada sajian apa saja ya dari kota ini? Let’s check this out!

1. Sayur Rampai Talang

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin 4

Source: infosekayu.com

Rampai talang adalah sajian masakan berupa sayur. Nama rampai talang diambil dari kata “rampai” yang artinya rempah-rempah dan “talang” yang artinya hasil kebun. Maka rampai talang adalah hasil kebun (sayuran) yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Bahan-bahan yang ada di dalam sayur rampai talang antara lain yaitu ubi kayu, jantung pisang, terong, dan batang keladi.

Jika kamu ingin mencicipi masakan khas Pangkalan Balai ini, kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Pindang Selera Kite yang berada di sekitar Jalan Palembang-Jambi. Kalau ingin mencoba membuatnya sendiri, maka kamu akan membutuhkan bumbu-bumbu yang terdiri dari lengkuas, bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai, dan asam jawa.

Baca juga ya:

2. Tenewen Rangu

Tenewen rangu adalah makanan khas Banyuasin yang berbahan utama jamur pohon karet. Jamur atau tenewen ini diolah menjadi makanan yang lezat dengan cara sedikit ditumbuk, kemudian dimasukkan ke dalam adonan terbuat dari telur yang diberi bumbu garam, cabai hijau dan kunyit. Sederhana ya, cara membuatnya? Kamu bisa membuat sendiri makanan ini di rumah jika kamu memiliki jamur pohon karet yang menjadi bahan utamanya.

3. Bekasam Udang

Bahan utama bekasam udang adalah udang yang telah dihaluskan dan sudah difermentasi selama kurang lebih seminggu. Cita rasa udang yang kuat bercampur dengan sedikit rasa asam dari proses fementasi udang, menciptakan rasa kuah yang segar. Karena sudah melalui proses fermentasi, bekasam udang ini bisa lebih tahan lama. Bahkan ada pula yang menjual bekasam udang lewat platform jual beli online.

Leave a Reply