Kuliner

5 Makanan khas Sumatra Selatan

Tekwan Makanan khas Sumatra Selatan

Tekwan Makanan khas Sumatra Selatan - idtimes

Makanan khas Sumatra Selatan – Indonesia adalah negara yang kaya. Di mana ada banyak sekali kekayaan yang terkandung dan juga di miliki oleh Indonesia. mungkin banyak dari kita yang berpikir dan juga  beranggapan jika kekayaan yang di miliki oleh Indonesia itu hanya berupa wisata. Namun rupanya ada banyak kekayaan yang lain yang di miliki oleh Indonesia.  adapun di sini bentuk kekayaan lain yang di miliki oleh indonesia adalah makanan.

Kota Palembang sumatera selatan

Kota Palembang sumatera selatan – foto beritagar.id

Di mana kita tahu bahwa setiyap daerah yang ada di Indonesia itu memiliki makanan khas yang berbeda beda. Dan tentunya makanan daerah itu biasanya paling banyak sekali di buru oleh para wisatawan. Biasanya makanan daerah ini di buru oleh para wisatawan ketika mereka sedang berlibur ke wilayah daerah itu. adapun salah satu daerah yang ada Indonesia. yang di mana makanan itu tidak di miliki oleh daerah lain adalah wilayah Sumatra selatan.

Mungkin bagi para orang yang tidak pernah berwisata atau datang ke Sumatra selatan tentu akan merasa penasaran dan juga ingin tahu. Seperti apa dan juga bagaimana sih makanan khas yang berasal dari Sumatra selatan. penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca bersama sama penjelasan yang akan kami   berikan seperti yang ada di bawah ini.

1. Mie celor

Mie Celor - Makanan khas Sumatra Selatan

Mie Celor – Makanan khas Sumatra Selatan – fooddetik.com

Makanan pertama yang  menjadi ciri Makanan khas Sumatra Selatan adalah Mie Celor. Sekilas makanan ini sangatlah mirip dengan mie tektek jika berada di pulau jawa. Adapun mie celor di dalamnya ada beberapa bahan seperti mie, tauge, telur, daun seledri, perasan jeruk nipis, dan kuah santan.

Baca Juga : Yuk cicipi 25  Kuliner Khas Jambi

Makanan mie celor ini biasanya di santap oleh para penikmat dalam keadaan yang hangat. Sehingga makanan ini sangat cocok jika di sajikan pada saat udara dingin atau bisa juga ketika hujan.

2. Pindang, Makanan khas Sumatra Selatan yang lezat

Makanan kedua yang merupakan makanan khas yang berasal dari Sumatra selatan adalah pindang. Makanan pindang ini merupakan hasil dari olahan ikan yang digarami, di bumbui, dan kemudian di asapi. Makanan ikan pindang ini biasanya di tambahkan dengan siraman  kuah pedas dan di sajikan  bersama dengan nasi yang masih hangat.

3. Tempoyak

Tempoyak Makanan khas Sumatra Selatan

Tempoyak – Makanan khas Sumatra Selatan

Makanan yang ketiga yang wajib anda cicipi ketika anda datang ke Sumatra selatan adalah tempoyak. Sekilas makanan ini terbuat dari bahan dasar yang berupa Nangka muda. Namun untuk proses pengolahan pada tempoyak di lakukan dengan cara melakukan fermentasi. Dan dari proses fermentasi itu menghasilkan rasa yang asam. Biasanya tempoyak ini di sajikan bersama dengan sambal.

4. Gulo puan

Makanan selanjutnya yang merupakan makanan ketiga yang berasal dari Sumatra selatan adalah gulo pua. Makanan gulo puan ini merupakan hasil olahan dari susu kerbau dan juga gula. Untuk mengolahnya biasanya di tambahkan dengan air yang panas. Biasanya gulo puan ini di santap bersama dengan roti, pisang goreng atau juga dengan kopi.

5. Tekwan, Makanan khas Sumatra Selatan yang  mudah dijumpai

Tekwan Makanan khas Sumatra Selatan

Tekwan Makanan khas Sumatra Selatan – idtimes

Makanan terakhir yang berasal dari Sumatra selatan adalah tekwan. Makanan tekwan ini terbuat sagu dan juga. Dan mendapat tambahan bahan lain seperti  mi bihun, jamur, daun bawang, bengkoang, dan seledri bisa Anda dapatkan dalam satu porsi tekwan. Makanan tekwan ini biasanya di siram dengan kuah rempah yang masih hangat.

Nah itulah tadi  informasi yang bisa kami bagikan untuk anda tentang Makanan khas Sumatra Selatan yang mungkin menarik untuk kalian coba saaj kalian berunjung ke Palembang.

Leave a Reply