Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 1

Source: instagram.com/genpibangkabelitung

Nama Pangkal Pinang berasal dari kata pangkal atau pengkal yang berarti pusat atau awal mula, dan pinang yang merujuk pada pohon pinang. Pangkal Pinang sebagai ibukota Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, terkenal sebagai daerah yang kaya akan hasil lautnya. Selain itu, Pangkal Pinang juga dikenal sebagai salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia.

Kota yang menjadi ibukota Provinsi Bangka Belitung ini memiliki banyak potensi baik di sektor perkebunan, tambang, maupun pariwisata. Seperti kota-kota lain, Pangkal Pinang juga memiliki makanan khas daerah yang terkenal kelezatannya sejak lama. Nah, inilah makanan khas Pangkal Pinang yang wajib banget kamu cobain.

1. Martabak Bangka

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 4

Source: cookpad

Mungkin kamu sering makan martabak manis. Makanan manis dan gurih yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu ini bisa kamu temukan hampir di kota mana pun. Tapi tahukah kamu bahwa martabak berasal dari daerah Bangka Belitung? Ya, martabak bangka atau yang kita kenal dengan martabak manis ini berasal dari Bangka Belitung. Di daerah asalnya, martabak ini lebih dikenal dengan nama Hok Lo Pan yang artinya “kue orang Hok Lo”. Martabak bangka pertama kali dibuat oleh orang Hakka yang berasal dari Tiongkok. Dulunya, taburan Hok Lo Pan hanya berupa gula dan biji wijen sangrai. Namun di masa kini, kamu bisa menemukan martabak manis dengan berbagai tabuan mulai dari cokelat, keju, sampai oreo.

Kamu bisa menemukan banyak penjual martabak bangka di Pangkal Pinang. Salah satunya kamu bisa menyambangi Martabak Acau 89 yang bertempat di Jalan Mayor Syafrie Rahman, Pangkal Pinang. Di sini kamu bisa menikmati kelezatan martabak manis maupun martabak telur dengan berbagai pilihan varian.

2. Otak-otak

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 5

Source: Tastemade Indonesia

Tentunya kamu tidak asing dengan nama kudapan yang satu ini. Please, jangan bilang kamu juga tidak tahu kalau otak-otak berasal dari daerah Bangka Belitung? Nah, berarti sekarang kamu sudah tahu, ya.

Otak-otak berbahan dasar daging ikan tenggiri cincang yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar. Kudapan gurih yang lezat ini cocok dimakan dengan cara dicocol ke saus asam pedas. Di sebagian besar daerah di Pulau Jawa, otak-otak juga dimakan dengan cara dicocolkan ke saus kacang.

Salah satu tempat yang recommended untuk menjajal otak-otak asli Bangka adalah di Rumah Makan Otak-otak Ase yang berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 24, Pangkal Pinang. Rumah makan ini tidak hanya menyajikan otak-otak, namun juga berbagai macam makanan lain seperti empek-empek dan baso ikan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 4.000,00/pcs.

3. Lempah Kuning

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 6

Source: resepkoki.com

Lempah kuning adalah sajian khas Bangka yang memadukan citarasa gurih, pedas, dan asam. Bahan utama lempah kuning bisa berupa ayam maupun ikan. Namun yang istimewa tentu saja ikan tenggiri yang merupakan ikan khas daerah Bangka. Bumbu yang digunakan untuk membuat lempah kuning antara lain adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, lengkuas, serai, jeruk nipis, tomat, dan asam jawa. Lempah kuning ini juga menggunakan potongan nanas juga di dalam kuahnya. Unik, ‘kan?

Mungkin kamu ingin baca juga:

4. Warung Kopi Tung Tau

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 7

Source: themoslemtraveler.com

Warung kopi yang telah ada sejak tahun 1938 ini adalah warung kopi dengan interior klasik yang akan menjadi pilihan tepat untuk duduk santai bersama keluarga. Warung kopi ini pertama kali digagas oleh Mr. Fung Tung Tau dan kini telah sampai ke generasi ketiga.

Menu yang ditawarkan di sini bermacam-macam, dari teh tarik hingga gado-gado. Tetapi menu andalan Warung Kopi Tung Tau adalah Kopi O, kopi susu, dan roti panggang. Jika kamu ingin merasakan klasiknya kopi dengan suasana jadul, kamu bisa ke salah satu cabangnya di Jalan Soekarno-Hatta.

5. Bong Li Piang

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 8

Source: akurat.co

Sebagai salah satu hasil akulturasi budaya antara kuliner Tionghoa dan Indonesia, bong li piang memiliki citarasa yang unik. Kue ini memiliki tekstur yang lembut seperti kue bantal dengan isian selai nanas. Sama seperti martabak bangka, cemilan ini dibuat pertama kali oleh orang Hakka yang bemigrasi dari Tiongkok. Bahan komposisi bong li piang adalah terigu, margarin, telur, gula aren, dan nanas. Kudapan manis ini cocok dimakan saat sore atau pagi hari bersama secangkir kopi atau teh.

6. Toko Oleh-oleh LCK

6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang 9

Source: themoslemtraveler.com

Berkunjung ke suatu tempat akan kurang rasanya jika tidak membawa buah tangan bagi keluarga dan sahabat. Jika kamu mencari oleh-oleh khas Pangkal Pinang, maka datanglah ke Toko Oleh-oleh LCK di Jalan Sudirman No. 30, Pangkal Pinang. Toko ini menawarkan pilihan oleh-oleh yang sangat bervariasi, dari berbagai macam kerupuk ikan seperti kemplang hingga kue-kue. Harga oleh-oleh di sini dibanderol mulai dari Rp 15.000,00.

Itulah beberapa makanan khas dan tempat kuliner yang bisa kamu kunjungi di Kota Pangkal Pinang. Adakah yang ingin kamu coba? Atau malah ingin mencoba semuanya?

Leave a Reply