Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kuliner Otak-Otak Makanan Khas Muntok Bangka Barat Foto: cookpad.com

Makanan Khas Muntok Bangka Barat – Jika Anda hendak berlibur ke Provinsi Bangka Belitung, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mampir ke Kabupaten Bangka Barat. Salah satu kecamatan yang ada di Bangka Barat terkenal dengan julukan ‘Kota Seribu Kue’ yaitu Kecamatan Muntok.

Sesuai dengan julukan  yang diberikan, Muntok memang memiliki banyak jenis olahan kue, namun tidak hanya kue saja, Muntok juga memiliki berbagai makanan khas yang lainnya. Selain menikmati kuliner yang ada di Bangka, Anda juga bisa mengunjungi wisata pantai yang populer disana 5 Pantai Keren di Pulau Bangka

Berikut ini adalah 6 Kuliner dan Makanan Khas Muntok Bangka Barat

1. Kue Pelite

Kue Pelite Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kuliner Kue Pelite Makanan Khas Muntok Bangka Barat – Foto: cdn.idntimes.com

Kue ini merupakan makanan khas Muntok yang mudah ditemui. Sebagai informasi, ketika Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Hj. Agus Salim, dan M. Roem diasingkan ke Muntok pada tahun 1949, kue pelite merupakan kue yang sangat digemari oleh Presiden Indonesia Pertama yaitu Ir. Soekarno. Hal ini membuat kue pelite menjadi cukup terkenal di kalangan masyarakat Muntok dan memiliki sebutan ‘Kue Bung Karno’.

Bahan dasar dan cara untuk membuat kue pelite sangatlah sederhana yaitu tepung beras, santan, dan gula putih. Ketiga bahan utama tersebut dicampur hingga menjadi adonan kue, tuang adonan ke dalam takir, sebuah wadah yang terbuat dari daun pandan, kemudian di kukus selama 10 menit.

Kue Petite secara penampilan juga mirip dengan Kue Lampu-Lampu di Kuliner dan Makanan Khas Molibagu Bolaang Mongondow Selatan 

Harga Kue Plite

Untuk mencicipi kue bertekstur lembut dan memiliki rasa manis ini bisa datang ke kedai Bu Siah di Jalan Depati Amir No. 07 Muntok, Bangka Barat di pagi hari. Harga kue ini terbilang murah karena hanya dibanderol Rp 2.500 per buahnya.

2. Kue Bingke

kue bingke Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kuliner Kue Bingke, Makanan Khas Muntok Bangka Barat – Foto: kulinerbelitung.com

Kue Bingke atau juga Bingka merupakan makanan tradisional khas Muntok yang biasa hadir di momen bulan Ramadhan. Terbuat dari bahan dasar tepung, santan, dan telur. Memiliki rasa yang manis dan sering disamakan dengan Bika Ambon. Namun, berbeda dengan Bika Ambon yang memiliki tekstur berongga, Kue Bingke bertekstur lebih lembut dan juga lebih padat.

Harga Kue Bingke

Kue Bingke mudah ditemui di pasar ataupun penjual di pinggir jalan. Apabila Anda ingin lebih tempat yang spefisik bisa datang ke depan Masjid Jamik Muntok yang buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB yang menjajakan berbagai macam kue termasuk Kue Bingke dengan kisaran harga Rp 1.000 – 2.000 per buahnya.

3. Lakse, Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Lakse Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kuliner Lakse, Makanan Khas Muntok Bangka Barat – Foto: makananoleholeh.com

Makanan Khas Muntok Bangka Barat ini sering disalah artikan sebagai Kue Putu Mayang khas Betawi karena memang memiliki tampilan yang sangat mirip. Menurut masyarakat Muntok, Ide untuk membuat Lakse terinspirasi dari Spageti, berbentuk seperti mie namun dibundel-bundel.

Lakse terbuat dari adonan tepung beras, tepung sagu, dan ikan tengiri. Masyarakat Muntok biasanya menyantap Lakse bersama dengan hidangan berkuah seperti Sup Gangan.

Harga Lakse

Lakse sendiri bisa dibeli di Pojok UKM Bangka Barat di Masjid Jamik ataupun via online shopping dengan kisaran harga Rp 24.000 untuk isian 6 Lakse.

Baca juga:

4. Lempah Kuning

lempah kuning Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kuliner Lempah Kuning,Makanan Khas Muntok Bangka Barat- Foto: wonderfulbabel.blogspot.com

Bangka Belitung memiliki ratusan pulau-pulau kecil. Dengan dikelilingi oleh lautan, membuat Provinsi ini mempunyai banyak olahan makanan khas yang berasal dari laut, salah satunya adalah Lempah Kuning atau disebut juga dengan Sup Gangan.

Makanan Khas Muntok Bangka Barat ini terbuat dari bahan dasar seafood, namun ada juga sebagian masyarakat yang mengganti bahan dasar tersebut dengan daging sapi. Sesuai dengan namanya, kuah Lempah berwarna kuning yang berasal dari bumbu kunyit dan bermacam-macam rempah lainnya seperti bawnag merah, bawang putih, dan lengkuas. Sebagai informasi tambahan, makanan khas Muntok ini telah dimasukkan ke dalam Cagar Budaya Nasional Tak Benda.

Harga Lempah Kuning

Olahan Seafood ini dapat dijumpai di berbagai warung makanan, salah satunya di Family Seafood di Jalan Bukit Intan No. 103 depan Kantor Walikota Pangkal Pinang dengan harga Rp 25.000. Agar lebih nikmat dalam menyantap Lempah Kuning bisa dibarengi juga dengan Lakse.

5. Otak-otak Khas Bangka

Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kuliner Otak-Otak Bangka, Cemilan dan Makanan Khas Muntok Bangka Barat- Foto: cookpad.com

Beberapa daerah atau kota lain juga mempunyai Otak-Otak sebagai makanan khas daerah mereka. Namun yang membedakan Otak-Otak Muntak dengan yang lainnya adalah ukurannya yang lebih kecil. Otak-Otak cocok dijadikan camilan sebagai teman bercengkrama. Camilan ini berbahan dasar tengiri dan dibalut dengan daun pisang kemudian dibakar dan paling enak dicocol dengan saus.

Harga Otak-Otak

Otak-Otak menjadi menu andalan di pantai Asmara, Muntok Bangka Barat sehingga mudah untuk menemukannya di warung sepanjang pesisir pantai tersebut. Harga Otak-Otak sendiri cukup terjangkau yaitu hanya Rp 1.000 per buahnya. Sembari mata menikmati pemandangan indah pantai Asrama, lidah juga bisa dimanjakan dengan enaknya camilan Otak-Otak yang murah meriah.

6. Kemplang Panggang Khas Bangka

Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Kemplang khas Muntok Bangka Barat – Foto: nadipos.com

Kemplang menjadi makanan Khas Muntok Bangka Barat yang tidak boleh luput dalam daftar oleh-oleh yang harus dibeli. Selain khas, makanan ini sejenis kerupuk sehingga bisa bertahan lama dan cocok sebagai camilan atau pendamping makanan utama. Kemplang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Namun sekarang ini rasa kerupuk Kemplang sudah bervariasi tidak hanya tenggiri saja, ada rasa cumi dan udang.

Harga Kemplang

Kerupuk Kemplang saat ini tidak hanya dapat ditemui di Muntok Bangka Barat saja, melainkan sudah banyak online shop yang menjualnya di berbagai situs online seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak dan yang lainnya dengan harga yang bermacam-macam berkisar rp 20.000 – 25.000 per bungkusnya. Sehingga, memungkinkan bagi masyarakat luar Bangka untuk membeli Kemplang dengan mudah.

 

 

 

 

Leave a Reply