Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Banteng, Kepulauan Selayar yang Harus Kamu Ketahui

Makanan Khas Banteng

Makanan Khas Banteng

Makanan Khas Banteng – Selain berbagai kekayaan budaya setiap daerah, Indonesia masih memiliki kekayaan yang tidak ternilai di bidang lain. Seperti bidang kuliner yang akan kita bahas berikut ini.

Di setiap jengkal kehidupan manusia tidak luput dari yang namanya makanan. Karena makanan itu sendiri adalah kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi karena jika tidak manusia bisa mati kelaparan.

Seperti halnya di Indonesia, di setiap belahan sudut indonesia memiliki makanan khas yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan daerah masing-masing. Contohnya seperti di daerah Lampung. Lampung terkenal menghasilkan pisang yang berlimpah ruah, karena banyaknya stok pisang masyarakat mengakalkannya dengan membuat keripik pisang khas Lampung yang bisa di jadikan oleh-oleh ketika kita sedang berkunjung ke sana.

Tapi sekarang kita tidak akan membahas kuliner dari Lampung. Kita akan membahas kuliner dan makanan khas Benteng Kepulauan Selayar. Tidak lengkap rasanya jika kita ke suatu tempat yang baru tidak sempat mencicipi makanan yang terkenal dari daerah tersebut. Karena makanan itu adalah sebagai ciri khas dari suatu daerah.

Kota Benteng Kepulauan Selayar

Kota Benteng Kepulauan Selayar – sumber : youtube

Jika berkunjung ke Kepulauan Selayar, kita harus menyempatkan diri untuk memanjakan lidah kita dengan mencicipi makanan khasnya. Karena makanan yang dihidangkan terbilang jarang ada ditemukan di daerah lain.

Berikut ini adalah beberapa kuliner yang dapat Anda coba jika Anda berkunjung ke Kepulauan Selayar.

1. Ikan Bakar Selayar dan Nasi Santan

Berkunjung ke Selayar tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi Makanan Khas Banteng Selayar yakni Kabupaten yang terletak diujung selatan pulau Sulawesi tersebut. Meskipun tidak banyak pilihan menu kuliner yang dapat anda coba disana, tapi ada satu makanan yang direkomendasikan penduduk sekitar untuk dicoba jika anda berkunjung ke Selayar.

Nama hidangan itu adalah Nasi Santan yang biasa dimakan dengan ikan bakar segar, dan tidak lupa ditemani sambal yang berbahan dasar belimbing wuluh. Kuliner atau Makanan Khas Banteng ini sangat enak dan lezat sebagai makanan utama bersama.

Makanan Khas Banteng

Nasi Santan, Makanan Khas Banteng sumber : Masak apa hari ini

Bisakah anda bayangkan ikan laut bakar yang baru ditangkap dimakan berbarengan dengan sambal yang memiliki rasa segar dari belimbing wuluh yang masih fresh. Pasti memiliki rasa nikmat yang meledak-ledak di mulut bukan.

Baca juga ya :

Yang dimaksud nasi santan sendiri adalah nasi yang memiliki tekstur dan rasa yang hampir mirip dengan nasi uduk yang dikenal di banyak tempat. Letak rumah makan yang menyediakan menu tersebut kebanyakan berada di pinggir pantai. Warung makan yang menyediakan menu ini bisa Anda temukan di Pasar Sentral Benteng, yang terletak di Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar, atau di Pelabuhan Pamataa Selayar.

Harga makanan Nasi Santan ini berkisar 15 sampai 20 ribuan rupiah, tergantung ukuran ikan yang dipilih, biasanya kami memilih ikan baronang atau katambak. Sangat terjangkau bukan.

2. Sarabba

Sesekali jika Anda berkunjung ke Kepulauan Selayar, tepatnya kota Banteng dan ingin menikmati street food, anda dapat mencoba minuman Khas Kepulauan Selayar yang bernama sarabba. Minuman ini hampir mirip dengan wedang jahe, dan biasanya minuman ini dihidangkan dengan ditemani pisang goreng hangat.

6 Kuliner dan Makanan Khas Banteng, Kepulauan Selayar yang Harus Kamu Ketahui 3

sumber : resep koki ; sarabba yang memiliki cita rasa hampir mirip wedang jahe

Orang-orang biasa menyantap menu tersebut saat matahari menjelang tenggelam. Itu akan menghadirkan nuansa sendiri apalagi dinikmati bersama teman-teman. Aduh ini cocok banget sih buat anak senja yang nyari referensi tempat liburan.

3. Kue Sengkang

Setelah membahas makanan berat dan minuman, sekarang saatnya kue yang bisa dijadikan camilan. Kue sengkang merupakan kue dengan isian kacang kenari dan memiliki bentuk seperti candi borobudur. Kue ini telah ada sejak puluhan tahun lalu. Dulu hanya kalangan bangsawan dan petinggi kerajaan yang bisa menikmati kue yang satu ini.

Kue Sengkang

Kue Sengkang, Makanan Khas Banteng – sumber : ayokeselayar 

Membuat kue yang berbahan dasar tepung beras dan tepung terigu ini terbilang tidak terlalu sulit. Karena bahannya mudah ditemukan di pasar. Tapi sebelum dinikmati, kue ini harus di panggang dengan palako yang terbuat dari tanah liat. Kue ini mudah ditemukan di pasar atau pusat oleh-oleh. Kue yang memiliki rasa manis gurih ini cocok untuk dijadikan buah tangan untuk sanak saudara.

4. Roti Eja

Makanan Khas Banteng Selayar selanjutnya adalah Roti eja. Roti Eja adalah salah satu kue yang sangat khas di Selayar. Penampakan roti ini berwarna merah kecoklatan dengan tekstur kenyal. Kue ini di buat dengan cara di masak didalam oven. Bahan-bahannya berupa tepung beras dan gula merah sebagai pemanis pada kue tersebut.

Roti Eja, Makanan Khas Banteng

Roti Eja, Makanan Khas Banteng Selayar – sumber : ayokeselayar ; roti eja eja

Biasanya diatas kue ditaburi kenari yang sudah dipotang kecil-kecil sehingga menambah cita rasa. Kue ini dapat diteukan dengan mudah di warung kecil  di pinggir jalan. Kue ini bertahan tidak terlalu lama hanya sekitar satu minggu saja.

5. Haje Ban’ah.

Haje Baneh

Haje Baneh sumber : ayokeselayar ; haje ban’ah

Haje Baneh merupakan Makanan Khas Banteng atau kue khas Banteng yang hampir mirip dengan wajik namun bahan yang digunakan berbeda. Jika biasanya wajik dibuat menggunakan tepung beras ketan namun haje ban’ah dibuat dari bahan dasar ban’ah dalam bahasa selayar atau dikenal dengan sebutan jawawud yang merupakan jenis tumbuhan padi namun daunnya sedikit lebih lebar dan memiliki biji yang cukup banyak. Biji inilah yang akan dibuat untuk kue Haje Ban’ah.

6. Tenteng Kenari

Tenteng Kenari

Tenteng Kenari – sumber : ayo ke selayarKue khas tradisional selayar yang terakhir yang akan kita bahas yakni tenteng kenari. Penggunaan bahan kenari sendiri dikarenakan selayar merupakan penghasil kenari yang cukup banyak, inilah yang mendorong masyarakat mengolah panganan lezat yang satu ini.

Makananini selain lezat juga memiliki kandungan nutrisi yang baik berasal dari kenari sebagai bahan dasarnya.. Kue ini juga mudah ditemui dan memiliki harga yang terjangkau.

**

Nah begitulah makanan dan kuliner khas selayar sangat mengunggah selera bukan, apakah kamu berminat untuk berlibur ke selayar nanti saat musim liburan tiba?

Leave a Reply