6 Kuliner dan Makanan Khas Banteng, Kepulauan Selayar yang Harus Kamu Ketahui - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Banteng, Kepulauan Selayar yang Harus Kamu Ketahui

Makanan Khas Banteng

Makanan Khas Banteng

Makanan Khas Banteng – Selain berbagai kekayaan budaya setiap daerah, Indonesia masih memiliki kekayaan yang tidak ternilai di bidang lain. Seperti bidang kuliner yang akan kita bahas berikut ini.

Di setiap jengkal kehidupan manusia tidak luput dari yang namanya makanan. Karena makanan itu sendiri adalah kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi karena jika tidak manusia bisa mati kelaparan.

Seperti halnya di Indonesia, di setiap belahan sudut indonesia memiliki makanan khas yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan daerah masing-masing. Contohnya seperti di daerah Lampung. Lampung terkenal menghasilkan pisang yang berlimpah ruah, karena banyaknya stok pisang masyarakat mengakalkannya dengan membuat keripik pisang khas Lampung yang bisa di jadikan oleh-oleh ketika kita sedang berkunjung ke sana.

Tapi sekarang kita tidak akan membahas kuliner dari Lampung. Kita akan membahas kuliner dan makanan khas Benteng Kepulauan Selayar. Tidak lengkap rasanya jika kita ke suatu tempat yang baru tidak sempat mencicipi makanan yang terkenal dari daerah tersebut. Karena makanan itu adalah sebagai ciri khas dari suatu daerah.

Kota Benteng Kepulauan Selayar

Kota Benteng Kepulauan Selayar – sumber : youtube

Jika berkunjung ke Kepulauan Selayar, kita harus menyempatkan diri untuk memanjakan lidah kita dengan mencicipi makanan khasnya. Karena makanan yang dihidangkan terbilang jarang ada ditemukan di daerah lain.

Berikut ini adalah beberapa kuliner yang dapat Anda coba jika Anda berkunjung ke Kepulauan Selayar.

1. Ikan Bakar Selayar dan Nasi Santan

Berkunjung ke Selayar tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi Makanan Khas Banteng Selayar yakni Kabupaten yang terletak diujung selatan pulau Sulawesi tersebut. Meskipun tidak banyak pilihan menu kuliner yang dapat anda coba disana, tapi ada satu makanan yang direkomendasikan penduduk sekitar untuk dicoba jika anda berkunjung ke Selayar.

Nama hidangan itu adalah Nasi Santan yang biasa dimakan dengan ikan bakar segar, dan tidak lupa ditemani sambal yang berbahan dasar belimbing wuluh. Kuliner atau Makanan Khas Banteng ini sangat enak dan lezat sebagai makanan utama bersama.

Makanan Khas Banteng

Nasi Santan, Makanan Khas Banteng sumber : Masak apa hari ini

Bisakah anda bayangkan ikan laut bakar yang baru ditangkap dimakan berbarengan dengan sambal yang memiliki rasa segar dari belimbing wuluh yang masih fresh. Pasti memiliki rasa nikmat yang meledak-ledak di mulut bukan.

Baca juga ya :

Yang dimaksud nasi santan sendiri adalah nasi yang memiliki tekstur dan rasa yang hampir mirip dengan nasi uduk yang dikenal di banyak tempat. Letak rumah makan yang menyediakan menu tersebut kebanyakan berada di pinggir pantai. Warung makan yang menyediakan menu ini bisa Anda temukan di Pasar Sentral Benteng, yang terletak di Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar, atau di Pelabuhan Pamataa Selayar.

Harga makanan Nasi Santan ini berkisar 15 sampai 20 ribuan rupiah, tergantung ukuran ikan yang dipilih, biasanya kami memilih ikan baronang atau katambak. Sangat terjangkau bukan.

2. Sarabba

Sesekali jika Anda berkunjung ke Kepulauan Selayar, tepatnya kota Banteng dan ingin menikmati street food, anda dapat mencoba minuman Khas Kepulauan Selayar yang bernama sarabba. Minuman ini hampir mirip dengan wedang jahe, dan biasanya minuman ini dihidangkan dengan ditemani pisang goreng hangat.

Leave a Reply