Alam, City Tour, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar

Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar

pantai pinang, Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar - Sumber: Ayo Ke Selayar

Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar – Berbicara mengenai pesona wisata di Kepulauan Selayar memang seakan tiada habisnya. Walaupun namanya baru menggeliat dalam beberapa tahun belakangan, namun Kepulauan yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi destinasi menarik yang membuat banyak orang penasaran untuk menelusurinya.

Layaknya Kepulauan lain yang tersebar di Indonesia, Kepulauan Selayar juga menawarkan wisata bahari yang menjanjikan keindahan lautnya yang memanjakan mata. Selain itu banyak juga bangunan tua bersejarah yang berdiri dan tersebar di berbagai kecamatan yang berada di Kepulauan Selayar.

Di Kepulauan Selayar sendiri terdiri dari beberapa kecamatan, yang tiap daerahnya terdapat berbagai macam wisata yang menarik dikunjungi. Salah satu kecamatan di Kepulauan Selayar adalah Kecamatan Benteng. Kecamatan Benteng juga merupakan Ibukota dari Kepulauan Selayar dan menjadi salah satu kecamatan yang layak untuk dijelajahi. Di Kecamatan Benteng ini terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Antara lain adalah :

1. Pa’baddilang

Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar, Pa'baddilang - Foursquare.com

Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar, Pa’baddilang – Foursquare.com

Salah satu tempat wisata di Benteng Kepulauan Selayar adalah Pa’baddilang yakni sebuah pantai berpasir putih dengan berhiaskan tebing yang begitu hijau dan asri karena ditumbuhi banyak tumbuhan hijau..

Pa’baddilang terletak di Dusun Je’ne Kikki dan berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Benteng.

Menurut penuturan masyarakat setempat, Pantai Pa’baddilang merupakan saksi sejarah perlawanan rakyat selayar terhadap penjajah. Pantai ini menjadi tempat dimana peperangan antara rakyat Selayar dan penjajah pecah. Nama Pa’baddilang menurut bahasa selayar artinya adalah tempat bedil atau medan pertempuran.

2.  Pasi Gusung

Pasi Gusung Selayar

Pasi Gusung Selayar –  Makassarterkini.id

Daerahnya yang merupakan wilayah kepulauan, tentu saja menjadikan wisata di kepulauan Selayar di dominasi oleh wisata bahari.wisata pantai lain yang tak kalah cantik dari Pa’baddilang adalah Pasi Gusung. Pantai Pasing Gusung ini juga merupakan salah satu yang jadi primadona bagi wisatawan jika berada di Kepulauan Selayar.

Baca juga ya :

Pantai Pasi Gusung atau Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar ini terletak di sebelah barat Kota Benteng, dan dibutuhkan perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Benteng.

Pesona yang ditawarkan dari pantai ini adalah pemandangan pasir putih berpadu dengan birunya air laut yang sangat menyejukkan mata. Selain itu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari snorkeling, berjemur, bermain air ataupun duduk santai sembari menikmati sunset.

3. Punagaang, Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar yang indah

Punagaang : Amwtour.blogspot.com

Punagaang : Amwtour.blogspot.com

Wisata laut di Selayar yang menawarkan keindahan alam bawah lautnya yang menawan. Berada di pesisir timur Kepulauan Selayar, Pantai Punagaang menjadi spot favorit bagi pecinta snorkeling.

Pemandangan bawah laut yang ada di Pantai Punagaang ini begitu luar biasa. Pengunjung bisa melihat indahnya terumbu karang dan berbagai macam biota laut misalnya bintang laut, lobster ataupun ikan-ikan berbagai macam warna.

Pantai Punagaang terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Benteng, hanya berjarak sekitar 20 km saja dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam.

4. Dermaga Benteng di Selayar

Dermaga Bentengdi Selayar  : Mediaselayar.com

Dermaga Bentengdi Selayar : Mediaselayar.com

Puas berjalan-jalan berkeliling di sekitar Kecamatan Benteng, tidak ada salahnya menikmati sore di Dermaga Benteng sambil menikmati matahari perlahan-lahan tenggelam dan juga kapal-kapal kecil berlalu-lalang diantara pemandangan laut lepas yang menyejukkan mata. Terpaan angin sore di Dermaga Benteng akan menjadi sesuatu yang menyejukkan dan menenangkan selepas seharian berkeliling.

Menikmati lautan biru dengan kapal-kapal yang datang pergi ataupun hanya berayun-ayun di dermaga menjadi momen yang menarik untuk diabadikan dan diambil gambarnya. Apalagi ketika langit sedang cerah-cerahnya, saat ketika horizon mulai berubah jingga menjadi pesona indah yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

5. Pantai Plaza Marina Selayar

Plaza Marina Benteng Selayar

Plaza Marina Benteng Selayar : Detik.com

Selain Dermaga Benteng, Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar lainnya yang tak kalah menarik untuk dijadikan tempat menikmati sunset adalah Plaza Marina. Plaza Marina berada di tempat yang sangat strategis karena berlokasi di pusat Kecamatan Benteng. Selain itu, Plaza Marina sendiri adalah icon dari daerah Benteng itu sendiri.

Selain cocok untuk menikmati sunset, Plaza Marina juga menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk menikmati malam di Benteng. Banyaknya warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman beragam rupa menjadi tambahan daya tarik di Plaza Marina ini.

Plaza marina merupakan public space bagi masyarakat Benteng, maka tah heran jika setiap hari kawasan ini selalu ramain dipadati oleh masyarakat Benteng ataupun wisatawan dari luar.

Menikmati makanan sajian laut khas Selayar ataupun hanya untuk sekedar minum sambil melihat pemandangan laut lepas Kepualaun Selayar di malam hari dengan iringan suara deburan ombaknya dan juga gemerlap bintang di langit, menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan ketika berwisata di Kepulauan Selayar.

**

Itulah tadi 5 Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar yang bisa kamu kunjungi saat ketempat indah ini. Walaupun begitu, sebenarnya masih banyak hal-hal menarik lain yang bisa diexplore lagi di Kepulauan Selayar ini, khususnya Kecamatan Benteng ini. Mulai dari budaya, adat istiadat serta kebiasaan masyarakatnya yang unik serta menarik.

Leave a Reply