Danau, Daftar Wisata

6 Danau Terbesar di Indonesia

Danau Terbesar di Indonesia

Danau Terbesar di Indonesia -goodnewsfromindonesia.id

Danau Terbesar di Indonesia  – Sedari dulu, Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Mulai dari hutan hujan tropis, pantai, pegunungan, bahkan hingga danau. Melihat potensi yang sangat besar, lambat laun kekayaan alam tersebut pun akhirnya diolah menjadi objek pariwisata yang hingga kini sangat membantu perkembangan ekonomi Tanah Air.

Berbicara mengenai danau, elemen geografis tersebut merupakan sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang hadir secara alami atau pun buatan yang berfungsi untuk menampung air yang nantinya akan mengaliri banyak aspek kehidupan seperti sungai dan irigasi pertainan untuk danau air tawar. Ada pula danau air asin yang menampung air yang telah tercampur dari sumber air asin seperti laut.

Daftar danau terbesar di seluruh Indonesia

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki banyak sekali danau yang tersebar di seluruh penjuru? Kurang lebih diperkirakan Indonesia memiliki 1.575 danau. Bahkan danau yang ada ini memiliki ukuran yang menakjubkan? Berikut adalah daftar enam danau terbesar yang ada di Indonesia.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara – wikipedia.org

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Danau ini merupakan danau vulkanik dan memiliki predikat sebagai danau terbesar dan terluas di Indonesia. Panjang Danau Toba mencapai 100 kilometer dengan lebar seluar 30 kilometer.

Danau Terbesar di Indonesia ini pun juga telah dinobatkan sebagai danau terdalam di Indonesia dan menempati peringkat ke-15 di dunia dengan kedalaman mencapai 505 meter di titik terdalamnya.

Serta danau ini dapat menampung volume air sebanyak 240 kilometer kubik. Danau yang berada di provinsi Sumatera Utara ini berada di ketinggian 905 meter di atas permukaan laut dan mengelilingi Pulau Samosir di tengahnya sebagai keunikan tersendiri.

2. Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Lampung

Danau Ranau, Salah satu Danau Terbesar di Indonesia

Danau Ranau, Salah satu Danau Terbesar di Indonesia – southsumatratourism.com

Berdasarkan tingkat volume air yang mencapai 21.95 kilometer kubik, Danau Ranau mendapati predikat sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak? Danau ini membentang luas dari Kabupaten Lampung Barat hingga Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di Sumatera Selatan.

Berjenis danau vulkanik, danau ini memiliki permukaan seluas 125.9 kilometer persegi. Terletak di ketinggian 540 meter di atas permukaan laut, Tingkat kedalaman maksimal Danau Ranau mencapai 229 meter.

3. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak, salah satu Danau Terbesar di Indonesia

Danau Singkarak, salah satu Danau Terbesar di Indonesia – kabarnagari.com

Berbeda dengan danau yang berada di Pulau Sumatera sebelumnya, Danau Singkarak merupakan danau tektonik. Danau ini menempati dua buah kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Danau singkarak membentang sepanjang 21 kilometer dengan lebar 7 kilometer. Mendapati predikat sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia, danau ini mampu menampung volume air hingga mencapai 16.1 kilometer kubik dengan kedalaman maksimal 268 meter.

4. Danau Towuti, Sulawesi Selatan

Danau Towuti, salah satu Danau Terbesar di Indonesia

Danau Towuti, salah satu Danau Terbesar di Indonesia – seanomedic.wordpress.com

Beralih ke Pulau Sulawesi, terdapat sebuah danau tektonik yang menjadi salah satu terbesar dari sekian banyaknya danau yang ada di Indonesia. Danau yang berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan ini memiliki luas permukaan yang mencapai 561 kilometer persegi.

Jika melihat dari perhitungan tersebut, secara otomatis danau ini bisa dikategorikan sebagai danau terbesar ke-2 di Indonesia. Tingkat kedalaman maksimal danau ini pun mencapai 203 meter dengan berada di ketinggian atau elevasi 293 meter di atas permukaan laut.

5. Danau Matano, Sulawesi Selatan

Danau Matano, salah satu Danau Terbesar di Indonesia

Danau Matano, salah satu Danau Terbesar di Indonesia – eljohnnews.com

Masih berada di pulau yang sama, yaitu Sulawesi, Danau Matano merupakan danau yang mendapatkan predikat sebagai yang terdalam di Indonesia. Bahkan danau ini pun dinobatkan sebagai danau terdalam ke-11 di seluruh dunia.

Danau yang berada di ketinggian 382 meter di atas permukaan laut ini memiliki kedalaman maksimal mencapai 590 meter. Danau yang juga berada di Kabupaten Lawu Timur, Sulawesi Selatan ini mempunyai luas permukaan yang mencapai 164 kilometer persegi.

6. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau Maninjau, Danau Terbesar di Indonesia

Danau Maninjau, Danau Terbesar di Indonesia – chaptersunday.com

Pulau Sumatera seakan menawarkan beragam danau sebagai pesona alamnya yang kuat. Satu lagi hadir dari pulau tersebut adalah Danau Maninjau. Danau berjenis tektonik ini berada di ketinggian 459 meter di atas permukaan laut menjadikanya sebagai salah satu Danau Terbesar di Indonesia.

Panjang Danau Maninjau membentang hingga 16 kilometer dengan lebar 7 kilometer. Danau yang berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini memiliki luas permukaan hingga 99.5 kilometer persegi. Danau Maninjau juga memiliki kedalam maksimal mencapai 165 meter dengan volume air sebanyak 10.4 kilometer kubik.

Leave a Reply