Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Basung Kabupaten Agam

Makanan Khas Lubuk Basung

Makanan Khas Lubuk Basung - Sumber: damniloveindonesia.com

Makanan Khas Lubuk Basung – Keberagaman budaya di Indonesia tersebar ke seluruh penjuru pulau yang ada. Keunikan hadir untuk melengkapi sejarah dan adat sebagai cerita yang menjembatani banyaknya daerah. Salah satu aspek yang dapat berperan sebagai jembatan tersebut adalah makanan atau kuliner.

Kali ini, kita akan membahas kuliner dari sebuah daerah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat bernama Lubuk Basung. Berdekatan dengan Danau Maninjau yang merupakan sumber air tawar di kawasan tersebut, membuat Lubuk Basung secara alami memiliki pasokan ikan tawar yang melimpah.

Lantas ikan menjadi salah satu bahan makanan pokok yang khas di sini. Tidak hanya ikan, Lubuk Basung menawarkan beragam pilihan kuliner menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Basung, Kabupaten Agam

Berikut adalah daftar kuliner atau makanan khas Lubuk Basung yang patut untuk dicoba saat berkunjung ke sana.

1. Lelan Asam Durian

Lelan Asam Durian, makanan khas Lubuk Basuk

Lelan Asam Durian, makanan khas Lubuk Basuk – Sumber: pesona.travel.com

Salah satu makanan khas Lubuk Basuk di Kabupaten Agam yang wajib kalian coba adalah Lelan Asam Durian. Lelan merupakan jenis ikan yang hidup dan berkembang biak di hulu Danau Maninjau.

Dalam proses pengolahannya, selain ikan, jenis bumbu dan rempah yang digunakan juga terbilang mudah dijumpai, seperti cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, dan daun kunyit, serta fermentasi asam durian. Cita rasa yang lahir dari masakan ini adalah rasa manis dan gurih dengan sedikit rasa pahit yang dapat mengguggah selera.

2. Cubadak Kicuah,Makanan Khas Lubuk Basung yang menggoda

6 Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Basung Kabupaten Agam 3

Sumber: tokopedia.com/basado-randang

Cubadak Kicuah merupakan gulai khas Kabupaten Agam yang juga bisa ditemukan di Lubuk Basung. Berbeda dengan gulai yang biasanya menggunakan ikan atau ayam, gulai ini menggunakan nangka sebagai bahan utamanya.

Nangka untuk masakan ini diolah dengan cara layaknya mengolah rendang. Bahkan jika dilihat sekilas, Cubadak Kicuah ini sama saja dengan rendang cincang. Bagaimana rasanya? Lezatlah tentunya. Tak heran jika Cubadak Kicuah ini juga menjadi salah satu makanan khas Lubuk Basuk yang wajib kalian coba.

3. Goreng Baluik Lado Mudo

6 Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Basung Kabupaten Agam 4

Sumber: nimasna.blogspot.com

Selain ikan, belut akan mudah ditemui di kawasan yang dipenuhi dengan sumber air tawar seperti Lubuk Basung di Kabupaten Agam. Oleh sebab itu, tidak asing rasanya bagi masyarakat sekitar untuk mengolah belut jadi makanan khasnya.

Salah satunya adalah Baluik Lado Mudo. Baluik yang berarti belut dalam bahasa Minang ini digoreng sangat renyah dan dihidangkan dengan sambal hijau yang selain mengenyangkan juga dapat menjadi makanan yang menyegarkan. Makanan Khas Lubuk Basung  ini menjadi santapan wajib bila kalian makan siang di Agam.

Baca Juga ya : 5 Tempat Wisata di Lubuk Basung Kabupaten Agam 

4. Palai Rinuak

Makanan Khas Lubuk Basung kabupaten Agam

Palai Rinuak, Makanan Khas Lubuk Basung kabupaten Agam – Sumber: instagram.com/thefooddiva

Makanan Khas Lubuk Basung kabupaten Agam lainnya yang bisa kamu coba adalah Palai Rinuak. Rinuak juga merupakan salah satu jenis ikan kecil, menyerupai ikan teri yang dapat ditemukan di Danau Maninjau.

Bagi masyarakat Lubuk Basung, jenis ikan ini dapat diolah menjadi makanan khas yang sungguh lezat rasanya. Salah satunya adalah Palai Rinuak atau bagi sebagian orang dikenal dengan pepes ikan rinuak.

Cara pengolahan Palai Rinuak ini mirip dengan cara pembuatan pepes. Ikan rinuak yang telah dilumuri bumbu dan rempah khas lalu dibalut dengan daun pisang dan dikukus. Sangat nikmat jika disajikan dengan nasi panas.

5. Peyek Rinuak

Rakik Rinuak

Rakik Rinuak – Sumber: liputa6.com

Selain dibuat pepes. Ikan rinuak di Lubuk Basung, Kabupaten Agam juga terkenal diolah dalam bentuk peyek. Cara membuatnya juga sangat mudah, ikan digabungkan ke dalam adonan yang terdiri dari santan, kuning telur, daun jeruk, serta tepung beras.

Lalu goreng di dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan. Selain dikenal dengan nama Peyek Rinuak, makanan ini juga dikenal dengan sebutan Rakik Rinuak. Olahan ikan ini kini menjadi salah satu Makanan Khas Lubuk Basung yang juga wajib kalian cicipi.

6. Limpiang

Limpiang Makanan Khas Lubuk Basung

Limpiang, Makanan Khas Lubuk Basung – Sumber: nusantaranews.co

Lubuk Basung di Kabupaten Agam juga memiliki jajanan pasar yang cukup terkenal menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut. Bernama Limpiang, makanan ringan tradisional ini terkesan identik dengan kue cucur di Pulau Jawa.

Namun, yang membedakannya adalah bentuk Limpiang yang menonjol di bagian tengahnya. Berbahan dasar pisang, rasa yang ditawarkan saat masuk ke dalam mulut adalah manis bercampur sedikit pahit yang akan pas sekali jika ditemani minum kopi.

Cara berkunjung ke Lubuk Basung

Jika Anda berangkat dari Jakarta, cukup banyak pilihan transportasi darat yang dapat mengantarkan Anda menuju Lubuk Basung. Dengan mengeluarkan uang mulai dari 350.000 hingga 450.000 rupiah.

Waktu tempuh yang dibutuhkan dalam perjalanan ini adalah 48 jam. Sedangkan jika Anda tidak memiiki waktu luang yang banyak, Anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Padang, lalu melanjutkan dengan jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit.

Leave a Reply