Danau, Alam, Pengetahuan

7 Danau Terluas di Dunia

7 Danau Terluas di Dunia 1

Foto: manado.tribunnews.com

Danau adalah salah satu keindahan alam yang ada di hampir seluruh penjuru bumi. Pada umumnya, danau banyak digunakan sebagai tempat memancing, bersantai dengan perahu, dan juga berenang. Selain dikenal dengan keindahannya, banyak danau di dunia yang dikenal karena misterinya, seperti Danau Loch Ness yang konon katanya menyimpan monster.

Daftar Danau Terluas di Dunia

Namun, artikel  ini tidak akan membahas tentang keindahan maupun misteri danau – danau yang ada di seluruh dunia.  Kali ini, kita akan mengunjungi 7 danau terluas  yang ada di dunia. Berikut daftarnya!

1. Laut Kaspia

7 Danau Terluas di Dunia 2

Foto: indozone.id

Laut Kaspia adalah danau terluas yang ada di muka bumi, dengan luas 394.299 km2, panjang 1.199 km, serta kedalaman 946 meter. Meskipun bernama laut, sejatinya Laut Kaspia adalah sebuah danau.

Laut Kaspia dinamakan laut karena mempunyai ciri – ciri yang sangat mirip dengan laut yaitu ukurannya yang sangat luas, airnya yang asin, dan dikelilingi daratan berpasir. Danau ini terletak di antara Asia dan Eropa, tepatnya berbatasan dengan Rusia, Azerbaijan, Iran, Turkmenistan, serta Kazakhstan.

2. Danau Superior

Danau Superior merupakan danau terbesar di Amerika Utara dan danau air tawar terbesar di dunia dengan luas sekitar 82.000 km2, lebih besar daripada Republik Ceko. Kedalaman danau ini mencapai 406 meter.

Danau ini berbatasan dengan dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Konon kabarnya, jika kamu tenggelam di danau ini, maka mayat mu tidak akan pernah ditemukan. So, jangan sampai tenggelam di Danau Superior ya guys!

3. Danau Victoria

7 Danau Terluas di Dunia 3

Danau Viktoria adalah danau tropis terbesar di dunia serta danau air tawar terbesar kedua setelah Danau Superior. Danau ini terletak di Benua Afrika, tepatnya di Tanzania, Uganda, dan Kenya.

Danau yang memiliki luas sekitar 68.870 km2 dan panjang 322 meter ini terkenal dengan airnya yang berwarna biru. Kedalaman dari Danau Victoria sendiri bisa mencapai 84 meter.

4. Danau Huron

Danau keempat di daftar ini adalah Danau Huron yang memiliki luas sekitar 59.600 km2 dan panjang 322 km. Karena ukurannya yang sangat luas, banyak orang yang mengira bahwa Danau Huron adalah laut.  Ditambah lagi kedalamannya yang cukup mengerikan, sekitar 229 meter.

Letak danau ini cukup strategis, berbatasan dengan Amerika Serikat dan Kanada, sehingga membuat danau ini banyak digunakan sebagai jalur penyebrangan serta jalur untuk membawa produk impor dan ekspor.

5. Danau Michigan

Danau Michigan merupakan salah satu dari lima danau – danau besar yang ada di Benua Amerika Utara. Danau ini memiliki luas permukaan sekitar 57.750 km2, panjang 517 km, serta kedalaman 281 meter.

Berbeda dari danau – danau sebelumnya, danau ini hanya terletak di Amerika Serikat dan tidak berbatasan dengan negara lain. Danau ini dikelilingi oleh beberapa negara bagian Amerika Serikat seperti Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan.

6. Laut Aral

Mirip dengan Laut Kaspia, Laut Aral sejatinya adalah danau dan bukan sebuah laut. Danau ini pernah menjadi danau terluas di dunia dengan luas sekitar 68.000 km2, mengalahkan Laut Kaspia. Namun sayang, sejak tahun 1960an luasnya terus menyusut karena sungai yang mengaliri danau ini direlokasi ke tempat lain.

Saat ini, Laut Aral memiliki luas sekitar 59.596 km2, panjang 397 km, serta kedalaman 229 meter. Danau ini berbatasan dengan dua negara yaitu Kazakhstan dan Uzbekistan.

Namun sayangnya, Laut Aral sudah sejak lama airnya tercemar sehingga ikan tidak bisa hidup disini. Saat ini, Kazakhstan sedang berupaya untuk merevitalisasi Laut Aral agar kembali jernih supaya ikan – ikan bisa hidup disini kembali. Kita doakan saja yang terbaik ya.

7. Danau Tanganyika

7 Danau Terluas di Dunia 4

Foto: Wikipedia

Jika Danau Superior merupakan danau air tawar terluas di dunia, maka julukan danau air tawar terpanjang di dunia layak disematkan kepada Danau Tangayika. Danau yang berada di Benua Afrika ini memiliki luas sekitar 32.893 km2 dengan panjang 676 km.

Danau Tangayika adalah sumber air bagi masyarakat Tanzania dan Republik Kongo. Danau ini terletak di dataran tinggi, sehingga mengalirkan air ke beberapa sungai seperti Sungai Ruzizi, Sungai Kalamboo, dan juga Malagarai.

Selain panjang, danau ini rupanya juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman yang mencapai 1.435 meter. Gak kebayang deh kalau sampai tenggelam disana.

Leave a Reply