Danau, Uncategorised

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah 1

Sumber: airyblogs.com

 

Mungkin kalian sudah pernah mendengar cerita asal-usul Danau Toba ketika duduk di bangku sekolah. Sejarah mengenai bagaimana asal-usul Danau Toba ini sangat populer karena Danau Toba sendiri merupakan danau yang terkenal dan terluas di Indonesia. Selain itu, asal-usul Danau Toba ini juga menarik, maka dari itu banyak orang atau wisatawan yang penasaran bagaimana Danau Toba bisa terbentuk.

Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang keren untuk dikunjungi. Sebagai salah satu ikon wisata Indonesia, Danau Toba tentunya memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Danau Toba menjadi tempat wisata favorit yang berada di kawasan Sumatera Utara karena keindahan dan panoramanya yang sangat cantik. Meskipun begitu, ada tempat-tempat di kawasan Danau Toba yang tidak kalah indah.

Danau Toba sendiri merupakan danau alami yang berukuran besar yaitu seluas 1.130 km persegi dan beradi di kaldera Gunung Supervulkan. Ukuranya yang fantastis membuat Danau Toba ini menjadi danau terbesar di Indonesia dan menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Karena danau ini punya hal-hal unik menjadikan Danau Toba ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat indahnya Danau Toba dan Pulau Samosir.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam tentang asal-usul Danau Toba, berikut ada ulasan dan informasi seputar sejarah Danau Toba yang mungkin bisa menambah referensi kalian.

Sejarah asal-usul Danau Toba

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah 4

Sumber: maritim.go.id

Danau Toba sudah sejak lama menjadi tempat destinasi wisata penting di kawasan Sumatera Utara. Tempat ini selalu jadi tujuan wisata domestic maupun mancanegara. Hal tersebut karena banyak wisatawan yang penasaran seperti apa danau yang muncul akibat ledakan gunung berapi super yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu.

Menurut beberapa sumber dan penelitian geografi, diperkirakan Danau Toba ini ada setelah ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Ledakkan tersebut merupakan letusan dari supervolcano (gunung berapi super) pada zaman itu. Kejadian letusan gunung secara hebat tersebut bahkan menyusutkan jumlah manusia sekitar 60% dari jumlah populasi bumi pada saat itu. Selain itu juga diikuti oleh kematian massal dan beberapa spesies hewan juga ikut punah karena letusan tersebut.

Letusan itu juga menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para akhli masih memperdebatkan dan mengumpulkan data sampai saat ini. Setelah letusan hebat tersebut terjadi, terbentuklah kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi Danau Toba yang kita kenal hari ini. Kemudian tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya pulau di tengah danau bernama Pulau Samosir.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa kemunculan Danau Toba ini dikatakan mirip kiamat pada waktu itu. Letusan dahsyat tersebut juga dikatakan juga sampai ke kutub utara menurut jejak-jejak abu yang ditemukan di sana. Wah, berarti sangat dahsyat ya letusan supervolcano ini pada zaman itu…

Sejarah asal-usul Danau Toba menurut masyarakat Toba

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah 5

Sumber: goodnewsfromindonesia.com

Namun cerita versi lain disajikan dari Indonesia yang mengikuti legenda asal-usul Danau Tobat dari masyarakat setempat.

Cerita versi legenda Danau Toba yakni pada zaman dahulu ada seorang petani yang sedang memancing. Kemudian ia mendapati bahwa ia mendapatkan ikan yang sangat besar dari hasil memancing. Kemudian petani itu membawa pulang ikan besar tersebut untuk di masak dan ia makan setelah pulang dari bertani dan memancing. Ketika petan tersebut meletakkan ikan hasil pancingan di dapur, ia masuk ke kamar dan mendapati seorang wanita cantik yang dipercayai sebagai jelmaan dari ikan besar tersebut. Mereka menikah namun dengan janji bahwa petani tersebut tidak boleh membongkar asal-usul istrinya kepada siapapun.

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah 6

Sumber: airyblog.com

Singkat cerita mereka memiliki anak bernama Samosir. Pada suatu hari, petani yang bernama Pak Toba ini marah kepada Samosir. Ia mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati dan menyebutkan bahwa Samosir adalah keturunan ikan. Ketika pulang ke rumah, Samosir melapor ke ibunya. Langsung sang ibu menyuruh Samosir untuk pergi ke atas bukit dan naik ke pohon yang tinggi. Tak lama sang ibu berlari menuju sungai dan masuk ke dalamnya menjadi seekor ikan besar disertai patir dan kilat. Tempat tersebut kemudian dibanjiri air dan Pak Toba pun mati tenggelam.

Dari cerita tersebut dipercayai oleh masayarakat sekitar sebagai asal-usul Danau Toba. Bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply