Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Danau, Uncategorised

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah 1

Sumber: airyblogs.com

 

Mungkin kalian sudah pernah mendengar cerita asal-usul Danau Toba ketika duduk di bangku sekolah. Sejarah mengenai bagaimana asal-usul Danau Toba ini sangat populer karena Danau Toba sendiri merupakan danau yang terkenal dan terluas di Indonesia. Selain itu, asal-usul Danau Toba ini juga menarik, maka dari itu banyak orang atau wisatawan yang penasaran bagaimana Danau Toba bisa terbentuk.

Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang keren untuk dikunjungi. Sebagai salah satu ikon wisata Indonesia, Danau Toba tentunya memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Danau Toba menjadi tempat wisata favorit yang berada di kawasan Sumatera Utara karena keindahan dan panoramanya yang sangat cantik. Meskipun begitu, ada tempat-tempat di kawasan Danau Toba yang tidak kalah indah.

Danau Toba sendiri merupakan danau alami yang berukuran besar yaitu seluas 1.130 km persegi dan beradi di kaldera Gunung Supervulkan. Ukuranya yang fantastis membuat Danau Toba ini menjadi danau terbesar di Indonesia dan menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Karena danau ini punya hal-hal unik menjadikan Danau Toba ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat indahnya Danau Toba dan Pulau Samosir.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam tentang asal-usul Danau Toba, berikut ada ulasan dan informasi seputar sejarah Danau Toba yang mungkin bisa menambah referensi kalian.

Sejarah asal-usul Danau Toba

Yuk Mengenal Asal-usul Danau Toba yang Kaya Sejarah 2

Sumber: maritim.go.id

Danau Toba sudah sejak lama menjadi tempat destinasi wisata penting di kawasan Sumatera Utara. Tempat ini selalu jadi tujuan wisata domestic maupun mancanegara. Hal tersebut karena banyak wisatawan yang penasaran seperti apa danau yang muncul akibat ledakan gunung berapi super yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu.

Menurut beberapa sumber dan penelitian geografi, diperkirakan Danau Toba ini ada setelah ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Ledakkan tersebut merupakan letusan dari supervolcano (gunung berapi super) pada zaman itu. Kejadian letusan gunung secara hebat tersebut bahkan menyusutkan jumlah manusia sekitar 60% dari jumlah populasi bumi pada saat itu. Selain itu juga diikuti oleh kematian massal dan beberapa spesies hewan juga ikut punah karena letusan tersebut.

Leave a Reply