Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Desa Wisata, Harga Tiket, Kuliner

5 Tempat Wisata di Padang Panjang Sumatera Barat yang Indah Alamnya

Tempat Wisata di Padang Panjang

Tempat Wisata di Padang Panjang -sumber: Keluyuran.com

Tempat Wisata di Padang Panjang – Kota Padang Panjang adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini letaknya tidak begitu jauh dari ibukota Sumatera Barat yaitu Padang yang berjarak kurang lebih 97,7 km. Kota ini mendapat julukan Egypte Van Andalas ,karena dulu pada masa penjajahan Belanda pernah menjadi pusat pemerintahan. Meskipun kotanya termasuk mini, tetapi jangan salah sebab di sini banyak menyimpan tempat wisata alam yang memesona dan patut untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Di Padang Panjang Sumatera Barat

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Padang Panjang Sumatera Barat yang wajib untuk dikunjungi.

1. Kubu Gadang di Padang Panjang Sumatera Barat

5 Tempat Wisata di Padang Panjang Sumatera Barat yang Indah Alamnya 1

Kubu Gadang di Padang Panjang-sumber: Novriadi.com

Tempat Wisata di Padang Panjang yang pertama adalah kawasan wisata Kubu Gadang yang merupakan desa wisata dengan konsep wisata alam dan juga pasar yang sangat menarik untuk kalian kunjungi.

Konsep yang dibuat di Kubu Gadang ini pun semuanya unik mulai dari penampilan pedagang atau penjualnya, tempat untuk jual beli dan juga tukar transaksinya. Di tempat ini kalian bisa menjumpai berbagai kuliner tradisional asli kota Padang Panjang yang mungkin sudah jarang ditemukan di pasar misalnya bakwan lanyah, sarang pinjangek, lompong sagu dan masih banyak lagi. Kemudian selain bisa berwisata kuliner, kalian juga bisa berswafoto dengan latar tempat yang menarik.

2. Lubuk Mata Kucing di Padang Panjang Sumatera Barat

5 Tempat Wisata di Padang Panjang Sumatera Barat yang Indah Alamnya 2

Lubuk Mata Kucing di Padang Panjang-sumber: Okezone.com

Tempat wisata Lubuk Mata Kucing adalah Tempat Wisata di Padang Panjang selanjutnya yang harus kalian kunjungi.  Tempat ini merupakan pemandian alami yang sumbernya asli dari pegununungan.

Baca juga ya :

Tempat pemandian ini pun konon sudah dibangun sejak tahun 1918. Harga tiket masuknya pun tergolong murah dan kalian cukup membayar 2000 rupiah saja . Di pemandian ini, kalian bisa berendam atau bermain air sekaligus menikmati panorama yang indah dan hawa yang sejuk segar.

Lokasinya berada di Jalan Lubuk Mata Kucing, Pasar Usang, Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang

3. Masjid Asasi Sigando di Padang Panjang Sumatera Barat

 

5 Tempat Wisata di Padang Panjang Sumatera Barat yang Indah Alamnya 3

Masjid Asasi di Padang Panjang-sumber: CNNIndonesia.com

Tempat Wisata di Padang Panjang yang cukup bersejarah adalah Masjid Asasi Sigando. Masjid megah ini konon merupakan masjid pertama dan tertua di Kota Padang Panjang. Menurut sejarahnya masjid ini merupakan awal mula pengembangan agama Islam, tepatnya pada tahun 1702 silam.

Bangunan nasjid ini juga unik dengan desain arsitektur khas Minang. Dalam masjid ini terdapat 9 buah tiang yang masing-masing terdiri dari saty tiang berukuran besar atau soko guru dan 8 tiang lain yang mengelilingi tiang utama. Dinding masjidnya pun dihiasi motif floral yang membuat kesan indah dan juga unik.

Lokasi Masjid berada di Jalan Syech Ibrahim Musa No.40, Sigando, Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang

4. Minang Fantasi di Padang Panjang Sumatera Barat

Minang Fantasi, Tempat Wisata di Padang Panjang

Minang Fantasi, Tempat Wisata di Padang Panjang sumber: Tempatwisataunik.com

Minang Fantasi adalah objek wisata Waterpark yang luas dan terkenal di Sumatera Barat. Berbagai wahana air yang berjumlah kurang lebih 18 wahana bisa kalian temukan di sini dan tempatnya yang berada di kawasan Bukit Barian membuat suasananya sejuk. Tidak jauh dari Minang Fantasi ada Minangkabau resort atau tempat penginapan. Hal inilah yang membuat tempat wisata ini berbeda dan membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Taman ini juga dinobatkan menjadi tempat wisata terbesar kedua setelah Dufan di Jakarta.

Lokasinya berada di Jalan Sutan Syahrir No. 252, Silaing Bawah, Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang

5.Lembah Anai di Padang Panjang Sumatera Barat

5 Tempat Wisata di Padang Panjang Sumatera Barat yang Indah Alamnya 4

Lembah Anai Padang Panjang-sumber: INews.id

Di Lembah Anai terdapat air terjun yang jaraknya tidak jauh dari tepi jalan, sehingga banyak pengendara yang beristrahat di tempat ini. Keunikan lain dari tempat ini adalah adanya rangkaian rel kereta tua yang melintasi jalan raya.

Harga Tiket Masuk Minang Fantasi di Padang Panjang Sumatera Barat

Harga tiket masuk bagi pengunjung untuk hari Senin hingga Jumat sebesar 40.000 rupiah sedangkan hari Sabtu hingga Minggu sebesar 50.000 rupiah.

Lokasi Lembah Anai di Padang Panjang Sumatera Barat

Air terjun yang berada di pinggir jalan tersebut masuk ke dalam tujuh air terjun di Cagar Alam Lembah Anai. Lokasinya berada di wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Jika kalian ingin melihat 6 air terjun yang memukau lainnya harus menempuh perjalanan trekking selama 2 jam. Selama perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan yang luar biasa dari perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang.

Sumber: Novriadi.com, Tempatwisataunik.com, Keluyuran.com.

Leave a Reply