Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur

Tempat Wisata di Sukadana

waykambas lampung,Tempat Wisata di Sukadana - backpackerlampung.com

Tempat Wisata di Sukadana – Lampung Timur adalah salah satu kabupaten di Lampung yang memiliki ibu kota bernama Sukadana. Terdapat banyak destinasi wisata menarik di Lampung Timur seperti 5 tempat wisata di Tulang Bawang. Sudah penasaran seperti apa saja?

Simak ulasan tentang 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur berikut ini.

1.  Taman Nasional Way Kambas

 Taman Nasional Way Kambas sudah terkenal di Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Keindahan alam di tempat ini berpadu dengan koleksi ratusan gajah di dalamnya. Benar-benar destinasi wisata yang unik dan menarik. Gajah identik dengan Thailand, tetapi ternyata di Indonesia juga ada tempat penangkaran gajah.

Salah satu dari 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur ini berada di di Kecamatan Labuhan Ratu. Terdapat pusat konservasi gajah yang menjadi tempat pelatihan bagi gajah-gajah agar bisa melakukan berbagai atraksi. Faktanya, di kawasan ini juga terdapat banyak flora dan fauna lainnya.

Jenis flora yang dimaksud adalah tumbuhan-tumbuhan liar seperti Api-api, Pidada, Nipah, Pandan, dan pepohonan lainnya. Tak usah heran jika kawasan ini terasa amat teduh. Fauna langka lainnya yang dimaksud adalah badak dan harimau Sumatera yang sudah terancam punah.

5 Tempat Wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur 2

waykambas lampung – backpackerlampung.com

Hal-hal seru yang bisa dilakukan di kawasan ini antara lain berkeliling dengan menaiki gajah, berburu foto dengan tema rimba, melihat atraksi gajah yang lucu, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk berfoto dengan salah satu gajah di sana ya! Lokasinya yang jauh sudah tidak usah dikhawatirkan lagi.

Baca Juga :

Sekarang ada bus yang bisa mengantar para wisatawan dari Bandar Lampung ke Way Kambas secara langsung. Belilah cendera mata untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan yang unik. Terdapat fasilitas yang cukup memadai di tempat ini seperti toilet, area parkir, mushola, kios makanan, dan masih banyak lagi.

Harga tiket untuk dewasa dan anak-anak hanya Rp 8.000 per orang. Setiap mobil yang masuk kawasan harus membayar Rp 10.000 saja. Kawasan ini bisa dikunjungi mulai pukul 8 hingga 18 saja.

2.  Pantai Kuala Kambas

Pantai Kuala Kambas, Tempat Wisata di Sukadana yang indah

Pantai Kuala Kambas, Tempat Wisata di Sukadana yang indah – malahayati.ac.id

Pantai Kuala Kambas sangat indah dengan pasir yang landai seolah langsung berpelukan dengan air laut yang jernih. Pantai ini dikelilingi oleh hamparan perbukitan yang indah. Suasana di pantai ini sangat cocok untuk bersantai seperti Pulau Mahitam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari karena tempat ini memiliki sunset yang begitu indah dan romantis. Salah satu dari 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur ini begitu hijau karena banyaknya pepohonan.

Uniknya, bukan pohon kelapa yang ada di pantai ini, tetapi pohon cemara dan pohon ketapang. Tak heran jika suasana di pantai ini begitu sejuk. Pantai ini masih alami dan belum dikelola oleh pemerintah setempat sehingga pantai ini masih gratis.

3.  Pantai Kerang Mas, Tempat Wisata di Sukadana yang paling hits

5 Tempat Wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur 3

Pantai Kerang Mas – youtube.com

Pantai ini berada di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Salah satu dari 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur ini sangat bersih sehingga membuat pantai ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Tak usah heran jika setiap hari ramai dikunjungi seperti Pantai Sari Ringgung.

Fasilitas yang tersedia masih belum memadai karena belum dikelola oleh pemerintah setempat sehingga pantai ini masih gratis. Akses jalan menuju ke pantai ini belum baik karena lokasinya jauh dari Bandar Lampung. Tidak ada tiket masuk untuk berwisata di pantai ini, hanya bayar parkir kendaraan Rp 10.000 per kendaraan tanpa hitungan jam.

Pantai ini bisa didatangi dengan kendaraan umum berupa mobil travel dengan tujuan Lampung Timur. Tarifnya sekitar Rp.60.000 sampai Rp.80.000 saja per orang.

4.  Taman Purbakala Pugung Raharjo

5 Tempat Wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur 4

Taman Purbakala Pugung Raharjo – infoplg.com

Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah tempat wisata bersejarah yang terletak di di Desa Pasir Sakti, Purworejo, Labuhan Ratu dan Mulyosari. Salah satu dari 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur ini berupa kompleks peninggalan dari masa kebudayaan megalit.

Benda-benda bersejarah yang ada di tempat ini antara lain arca, punden berundak, batu mayat (batu kandang), altar batu, menhir, batu berlubang, dan dolmen. Tempat ini begitu terawat sehingga sangat bersih. Kawasan ini dikelilingi pepohonan hijau dan sebuah rumah seperti museum yang memberikan informasi tentang sejarah tempat ini.

Taman Purbakala Pugung Raharjo buka dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiketnya Rp 8.000 per orang tanpa ada perbedaan untuk weekend dan weekdays.

5.  Hutan Mangrove Labuhan Maringgai

5 Tempat Wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur 5

Hutan Mangrove Labuhan Maringgai – annienugraha.com

Hutan bakau (mangrove) ini begitu unik dan terawat baik sehingga banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini. Bahkan, para fotografer professional juga sering datang ke tempat ini untuk hunting foto. Lokasi hutan ini berada di Labuhan Maringgai, Desa Margasari, Muara Gading Mas, Sriminosari, Bandara Negeri, Karya Tani dan Karya Makmur.

Salah satu dari 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur ini menyediakan pondokan untuk istirahat. Sedangkan untuk area wisata disediakan jalur trekking sepanjang 800 meter di hutan mangrove (mangrove walk) ini. Jalur tersebut terbuat dari kayu dan bambu.

Rencananya, jalur trekking ini akan diperpanjang hingga 1km agar bisa sampai di pasir timbul. Jika sudah diperpanjang, pasti kegiatan wisata menjadi lebih menyenangkan. Harga tiketnya sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 saja per orang.

Itulah 5 tempat wisata di Sukadana Kabupaten Lampung Timur yang sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin berwisata ke Lampung. Jagalah kebersihan dan lestarikan alam. Happy traveling!

 

 

Leave a Reply